Pengaruh Faktor-Faktor Fundamental terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility sebagai Moderasi

Siti Melinda Nurhalifa

Abstract


 

Abstract. This research examines The Influence of Fundamental Factos (Return On Equity, Earning Per Share)  On The Value Of Companies by using Corporate Social Responsibility Disclosure (CSR) as a moderation variable. Fundamental factors measured by Return On Equity (ROE), and Earning Per Share (EPS) ratio, whereas value of companies measured by Tobin’s Q ratio. The object of this research are non-financial companies that listed in SRI-KEHATI Index period of 2014-2017. This sample are decided by using purposive sampling method.  By the method resarcher obtained 8 sample of companies with 32 research. The type of data used secondary data in the form of financial report and stock price report that obtained from www.idx.co.id. This study uses multiple regression as the method to anylize the influence of independent variables towards dependent variable and Moderated Regression Analysis (MRA) as the method  for anylize the influence of moderation variables which using SPSS as the measuring instrument. The result with the multiple regression anylisis shows that ROE and CSR  affect significantly with value of companies partially, meanwhile EPS hasn’t significant affect partially toward value of companies. ROE and EPS affect simultaneously toward value of company. In the presence of CSR variable as the modeartion, affect and strenghten relation of ROE,EPS toward value of companies. It has seen by the increase of coefficient determination which is 19,6% after inserted the CSR variabel. Capability of independent variable in explaining dependent variable shown amount of 97,8% while the rest 2,2% explained by other independent variables outside the research.

Keywords: Return On Equity, Earning Per Share, Corporate Social Responsibility, Tobin’s Q, SRI KEHATI Indeks.


Abstrak. Penelitian ini menguji pengaruh Faktor-Faktor Fundamental (Return On Equity, Earning Per Share) terhadap nilai perusahaan dengan menggunakan pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai variabel pemoderasi. Faktor-faktor fundamental diukur dengan menggunakan rasio Return On Equity (ROE), dan rasio Earning Per Share (EPS). Sedangkan nilai perusahaan diukur menggunakan Tobin’s Q. Objek penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan non-financial yang terdaftar dalam Indeks SRI-KEHATI periode 2014-2017. Teknik penelitian sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 8 perusahaan dengan 32 pengamatan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan dan laporan harga saham yang diperoleh dari www.idx.co.id. Alat uji analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dan uji Moderated Regression Analysis (MRA) dengan menggunakan SPSS 16. Hasil penelitian dengan analisis regresi berganda menunjukkan bahwa secara parsial, ROE dan CSR mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Nilai Perusahaan, sedangkan EPS tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Secara simultan, ROE, EPS, berpengaruh secara signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Dengan adanya variabel CSR sebagai moderasi mempengaruhi serta memperkuat hubungan ROE,EPS terhadap Nilai Perusahaan. Hal ini terlihat dari kenaikan koefisien determinasi sebesar 19,6% setelah dimasukkan nya variabel CSR. Kemampuan variabel indepeden dalam menjelaskan variabel dependen sebesar 97,8%, sedangkan sisanya sebesar 2,2% dijelaskan oleh variabel independen lainnya diluar penelitian.

Kata Kunci: Return On Equity, Earning Per Share, Corporate Social Responsibility, Tobin’s Q, SRI KEHATI Indeks.


Keywords


Return On Equity, Earning Per Share, Corporate Social Responsibility, Tobin’s Q, Indeks SRI-KEHATI

Full Text:

PDF

References


Brigham,EF & Gapenski, LC. 1996. Intermediate Financial Management. Fifth Edition. Orlando. The Dryden Press.

Husnan S. 2002. Manajemen Keuangan Teori dan Penerapan. Yogyakarta. BPFE.

Nurfadillah, Mursidah. 2011. Analisis pengaruh EPS, DER dan ROE terhadap harga saham PT.Unilever Indonesia Tbk.

Setyorini,Minarsih. 2016. Pengaruh ROA, ROE dan EPS terhadap harga saham perusahaan real estate di BEI periode 2011-2015.

Utomo W.; Andini, Rita dan Rhrjo, Kharis. 2016. Pengaruh leverage (DER), price book value (PBV), ukuran perusahaan (SIZE), return on equity (ROE), deviden payout ratio (DPR) dan likuiditas (CR) terhadap price earning ratio (PER) pada perusahaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.14595

Flag Counter   Â