Analisis Pengendalian Manajemen Proyek Pembangunan Perumahan Grand Sharon Residence Tipe 225/175 dengan Menggunakan Metode Critical Path Method (CPM) Untuk Mengoptimalkan Waktu & Biaya Proyek (Studi Kasus Pada CV. Mahaka Arta Mandiri)

Lusi Wahyuningsih

Abstract


Abstract. This study aims to determine and analyze the project management control of housing grand sharon residence project development conducted by CV. Mahaka Arta Mandiri  by using critical path method (CPM) to get the optimal time and cost. The type of research used in this study is descriptive quantitative and the method of research used in this study is a case study method. Data collection techniques used in this study is the collection of field technique data is conducted interviews to obtain data from CV. Mahaka Arta Mandiri, observation to know the state of housing development project of grand sharon residence, and documentation to analyze documents obtained from CV. Mahaka Arta Mandiri. Results from calcculations this study indicate that the strategy after using Network Planning analysis with Critical Path Method (CPM) settling time project to 462 days with project cost of  Rp. 1.182.962.815,00. To overcome the delay is done acceleration 34 days to 428 days with an efficiency of 7.35% with total project cost Rp. 1.193.162.815,00, with a cost efficiency of 0.85% this is due to the crash program to obtain the time and cost of a more optimal project.

Keywords: Project Management Control, Critical Path Method (CPM), Crash Program, Optimal Time and Cost

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengendalian manajemen proyek pembangunan perumahan grand sharon residence yang dilakukan oleh CV. Mahaka Arta Mandiri dengan menggunakan critical path method (CPM) untuk mendapatkan waktu dan biaya yang optimal. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara untuk mendapatkan data-data dari CV. Mahaka Arta Mandiri, observasi untuk mengetahui keadaan proyek pembangunan perumahan dan dokumentasi untuk menganalisis dokumen-dokumen yang didapat dari CV. Mahaka Arta Mandiri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan setelah menggunakan analisis Network Planning dengan metode Critical Path Method (CPM) waktu penyelesaian proyek menjadi 462 hari dengan biaya proyek sebesar Rp. 1.182.962.815,00. Untuk mengatasi keterlambatan dilakukan percepatan 34 hari menjadi 428 hari dengan efisiensi 7,35% dengan total biaya proyeknya Rp. 1.193.162.815,00, dengan efisiensi biaya 0,85% hal ini dikarenakan adanya crash program untuk memperoleh waktu dan biaya proyek yang lebih optimal.

Kata Kunci : Pengendalian Manajemen Proyek, Critical Path Method (CPM), Crash Program, Waktu dan Biaya Optimal 


Keywords


Keywords: Project Management Control, Critical Path Method (CPM), Crash Program, Optimal Time and Cost

Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofjan. (2013). Manajemen Produksi Dan Operasi. Jakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Chase, Richard B., F. Robert Jacobs, and Nicholas J. Aquilano, Operations

Management for Competitive Advantage With Global Cases. 11 th edition,

McGraw-Hill Internasional edition, Singapore, 2007.

Dimyati, H.A. Hamdan & Nurjaman, Kadar. (2014). Manajemen Proyek.

Bandung: Pustaka Setia.

Dimyati, Tjutju Tarliah & Dimyati, Ahmad. (2011). Operation Reseacrh.

Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Ervianto, Wulfram I.,2005). Manajemen Proyek Konstruksi, Yogyakarta: Andi Offset.

Handoko, T. Hani. (2010). Manajemen Produkai dan Operasi (Edisi Pertama). Yogyakarta: BPFE.

Harsanto, Budi. (2013). Dasar Ilmu Manajemen Operasi. Bandung: UNPAD Pers.

Hasibuan, Malayu S. P. 2014. Manajemen: Dasar Pengertian dan Masalah (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Heizer, Jay & Render, Barry, (2015). Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan (Edisi 11). Jakarta: Salemba Empat.

Herjanto, Eddy. (2008). Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Grasindo.

Husen, Abrar. (2011). Manajemen Proyek : Perencanaan, Penjadwalan, dan Pengendalian Proyek. Yogyakarta : Penerbit ANDI.

L. Daft Rihard. (2010). Era Baru Manajemen (New Era ff Management). Diterjemahkan oleh: Tita Maria. Jakarta: Salemba Empat.

Muhardi. (2011). Manajemen Operasi Suatu Pendekatan Kuantitatif Untuk Pengambilan Keputusan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Nurhayati. 2010. Manajemen Proyek. Graha Ilmu : Jogjakarta

Santosa, Budi. (2009). Konsep dan Implementasi Manajemen Proyek. Yogyakarta: Graha Ilmu

Weihrich, Heinz & Koontz, Harold. 1994. Management: A Global Perspective, Tenth Edition, McGraww Hill International Edition.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.14588

Flag Counter   Â