Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Setelah Mengeluarkan E-Money (Studi Kasus pada 15 Perusahaan yang Mengeluarkan E-Money)

Mulyani Mulyani, Nurdin Nurdin

Abstract


Abstract. This study aims to compare the company’s fnancial performance before and after issuing e-money. Using the equarterly reasearch period of each company. Financial performance is measured by profitability rations seen from the ratio Return On Assets (ROE), Return On Equity (ROE), and BOPO. This research is quantitative research. The data used in this study is secondary data, namely the financial statements of each company. The research subjects were 15 companies that issued e-money. Data analysis using analysis paired sample t-test. The results of this study indicate that there are significant differences in ROA, and ROE. But there were no significant changes to the BOPO ratio before and after issuing e-money.

Keyword: E-money, Financial statement, ROA, ROE, BOPO

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kinerja keuangan perusahaan sebelum dan setelah mengeluarkan e-money. Dengan menggunakan periode penelitian per triwulan masing-masing perusahaan. Kinerja keuangan diukur dengan rasio profitabilitas yang dilihat dari rasio Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), dan BOPO. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yaitu laporan keuangan masing-masing perusahaan. Subjek penelitian adalah 15 perusahaan yang mengeluarkan e-money. Analisis data menggunakan analisis paired sample t-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio ROA, dan ROE. Namun tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap rasio BOPO sebelum dan sudah mengeluarkan e-money.

Kata kunci: E-Money, Kinerja Keuangan, ROA, ROE, BOPO

Keywords


E-Money, Kinerja Keuangan, ROA, ROE, BOPO

Full Text:

PDF

References


Adiyanti, Arsitalka. 2015. “PengaruhPendapatan, Manfaat

KemudahanPenggunaan, DayaTarikPromosi, Dan KepercayaanTerhadapMinatMenggunakanLayananE-Moneyâ€. (Studi Kasus: Mahasiswa Universitas Brawijaya).

Bank Indonesia, 2006. Cetak Biru Panduan Bank Indonesia. Diakses pada oktober 2018

Fahmi, Irham. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Ke-2. Bandung: Alpabeta

Kasmir. 2014. Dasar-Dasar Perbankan. Edisi Revisi, Cetakan ke duabelas. PT. RajaGarfindo Persada, Jakarta.

Veithzal, Rivai. 2007. Bank and Financial Institute Management. Jakarta: Raja Grafindo Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.14338

Flag Counter   Â