ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU ROTI GUNA MEMINIMUMKAN BIAYA PERSEDIAAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (Studi Kasus pada CV. Foker Cake Cimahi)

Irfan Ghassani, Muhardi Muhardi, Poppie Sofiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah pemesanan yang paling ekonomis (EOQ), persediaan pengaman, titik pemesanan kembali, dan untuk meminimumkan biaya persediaan di CV. Foker Cake Cimahi. Dalam memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini, maka digunakan teknik pengumpulan data melalui pengamatan secara langsung terhadap objek yang diteliti melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus, yaitu untuk memahami individu yang dilakukan secara komprehensif agar diperoleh penyelesaian masalah. Sedangkan jenis penelitiannya yaitu deskriptif kuantitatif yaitu menggambarkan suatu fakta yang sedang terjadi dimasa sekarang.

Hasil penelitian menggunakan metode EOQ menunjukan bahwa dapat meminimumkan sebesar Rp. 11.103.530,- dengan jumlah rata-rata pemesanan perusahaan sebanyak 14.804,71 kg dan frekuensi pemesanan sebanyak 8 kali dalam satu tahun. Persediaan pengaman sebesar 74,3 kg sedangkan titik pemesanan kembali sebesar 835,34 kg. Total biaya pengendalian bahan baku sebesar Rp. 11.103.530,- sehingga efisiensi yang didapat menggunakan metode EOQ sebesar 9 % atau sebesar Rp. 1.103.845,-.

Total biaya pengendalian persediaan bahan baku di CV. Foker Cake Cimahi pada tahun 2014 sebelum menggunakan EOQ yang digunakan perusahaan adalah rata-rata pemesanan perusahaan sebanyak 9.513 kg, dan frekuensi pemesanan sebanyak 12 kali dalam satu tahun. Dengan total biaya persediaan sebesar Rp. 12.207.375,-.


Keywords


Persediaan Bahan Baku, Metode EOQ (Economic Order Quantity), Persediaan Pengaman, Titik Pemesanan Kembali.

References


Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Lembaga Fakultas Ekonomi UI.

Rahardjo, Susilo, Gudnanto. 2011. Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Kudus: Nora Media Enterprise.

Rangkuti, Freddy. 2004. Manajemen Persediaan (Aplikasi di Bidang Bisnis), Cetakan Ke-enam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1417

Flag Counter   Â