Pengndalian Persediaan Katun Combed dengan Menggunakan Metode Economic Order Point untuk Menentukan Pemesanan Ekonomis Guna Meminimumkan Biaya Persediaan

gustiana ardiansyah, Tasya Aspiranti, Nining Koesdiningsih

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah persediaan, lead time, total biaya persediaan, jumlah pemesanan menurut metode EOQ. Salah satu aspek yang dapat menunjang kelancaran proses produksi yaitu perencanaan kuantitas terhadap pemesanan bahan baku. Maka dari itu jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan perhitungan untuk menghasilkan jumlah pemesanan bahan baku yang ekonomis merupakan hal yang penting untuk dipelajari dan dikembangkan oleh suatu perusahaan.

CV VOGARD perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur Berbagai metode dapat digunakan untuk mendapatkan pemesanan bahan baku yang optimal, salah satunya yaitu dengan menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ). Penelitian ini mengkaji efisiensi biaya persediaan melalui pengendalian persediaan bahan baku. untuk membandingkan efisiensi biaya persediaan melalui metode EOQ dengan kebijakan yang dilakukan oleh perusahaan yaitu melalui cara kualitatif. Data penelitian didapatkan melalui penelitian lapangan (Field Research).

Hasil dari penelitian yaitu lebih efesien menggunakan metode EOQ di banding metode yang di gunakan perusahaan, dan perusahaan mempunyai ROP yang tetap, safety stock, dan kuantitas pembelian. Sebelum menggunakan EOQ perusahaan 31.268.750, biaya pemesanan 22.100.000 dan persediaan 9.168.750, sedangkan setelah menggunakan EOQ biaya pemesanan menjadi 14.300.000 dan biaya persediaan menjadi 14.163.750 ,jadi total 28.463.750.

 

 

 

 


Keywords


Economic Order Quantity, Biaya Persediaan.

References


Assauri, Sofjan. 2008. Manajemen Produksi dan Operasi, Ed. Revisi, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Daft. Richard L. (2006) Management, Salemba Empat, Jakarta

Handoko, T Hani. 1999. Dasar – Dasar Manajemen Produksi dan Operasi, BPFE, Yogyakarta.

Heizer, Jay dan Barry Render. 2008. Operation Management, Ninth Edition, Pearson Prentice Hall, United State Of America.

Novijanto, Noer. 2010. Penentuan Jumlah Persediaan Bahan Baku Produk Tempe Dengan Menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ), Agrotek Vol. 4, No. 1, pp. 35 – 40, agrotek.fp.uns.ac.id

Prasetya, Hery dan Fitri Lukiastuti. 2009. Manajemen Operasi, Medpres (Anggota IKAPI), Jakarta.

Rangkuti, Freddy. 2007. Manajemen Persediaan Aplikasi di Bidang Bisnis, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Riyadi, Aziz Slamet. 2012. Analisis Persediaan Bahan Baku Industri Abon Lele Karmina Di Kabupaten Boyolali, e-jurnal Agrista, http://agribisnis.fp.uns.ac.id.

Robbins, Stephen P, Mary Coulter. 2010. Pengantar Manajemen, Ed. Kesepuluh Jilid 1, Erlangga, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1385

Flag Counter   Â