Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian pada Distro Screamous

Daryanto Jakaria, Septiana Estri

Abstract


Abstract. This research concerning the influence of product quality and sales promotion to purchase decision in Bandung Screamous Distribution. The purpose of this research is to know how big influence of product quality and sales promotion to purchasing decision, where product quality and promotion of sale as independent variable (X) and purchasing decision as dependent variable (Y).The research method used is descriptive and verification method with quantitative approach. The data used in this study is the result of data distribution of questionnaires on consumers who make purchases in Octopus Project. To be able to determine the effect of product quality and price to purchase decision used multiple linear regression analysis, coefficient of determination and t-test. By using multiple linear regression analysis obtained result Y = 1,399 + 0,362 X1 + 0,185 X2. This means that every product quality improvement of one unit will increase the purchase decision by 0.362, every increase of sales promotion for one unit will increase the purchase decision by 0.185. While the coefficient of determination research results of 68.4% and the rest influenced by other variables that are not examined in this study.

Keywords: Product Quality, Sales Promotion, and Purchase Decision.

 

Abstrak. Penelitian ini mengenai pengaruh kualitas produk dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian di Bandung Screamous Distribution. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian, dimana kualitas produk dan promosi penjualan sebagai variabel bebas (X) dan keputusan pembelian sebagai variabel terikat (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil distribusi data kuesioner pada konsumen yang melakukan pembelian di Octopus Project. Untuk dapat mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian digunakan analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi dan t-test. Dengan menggunakan analisis regresi linier berganda diperoleh hasil Y = 1,399 + 0,362 X1 + 0,185 X2. Ini berarti bahwa setiap peningkatan kualitas produk dari satu unit akan meningkatkan keputusan pembelian sebesar 0,362, setiap peningkatan promosi penjualan untuk satu unit akan meningkatkan keputusan pembelian sebesar 0,185. Sedangkan koefisien determinasi hasil penelitian sebesar 68,4% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Kualitas Produk, Promosi Penjualan, dan  Keputusan Pembelian.


Keywords


Kualitas Produk, Promosi Penjualan, dan Keputusan Pembelian.

Full Text:

PDF

References


Abdul Aziz ,Asymar Syaid .2016. Pengaruh Harga, Promosi Penjualan, dan Proses (Pelayananan)Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kedai EYCKMAN., diakses 2 Jan 2017,http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14389.

Abdurrahman dan Sanusi. 2015. Manajemen Strategi. Pemasaran, Bandung, CV Pustaka Setia. Darmawan.

Alma, Buchari. 2012. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta.

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Anindhyta Budiarti. 2016. â€Pengaruh Kualitas Produk,Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Factory Outlet BRMCâ€, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.

Anugrah Janwar Tunis1 dan Sopa Martina2. 2016. â€Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di The Secret Factory Outletâ€, ejournal.bsi.ac.id.

Aprisal, Dede 2017. “Pengaruh Kualitas Produk,Harga,Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Great Store Clothing Samarindaâ€, eJournal Administrasi Bisnis.

Kotler, Philip R., Bowen, John T & Makens, James. 2014. Marketing for Hospitality and Tourism: Sixth Edition. Pearson Education Limited. London.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran Jilid 1, ed. 13, Terjemahan Bob Sabran, MM. Erlangga. Jakarta.

Philip Kotler, Gary Armstrong; alih bahasa, Alexander Sindoro. 2015. Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi kesembilan, Jilid 2, Jakarta : Penerbitan PT Indeks.

Pitaloka, Ardanis Fitri. 2015. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Pormosi Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslimâ€, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 4, Nomor 7.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.13520

Flag Counter   Â