Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk pada Alisha Fancy Shop Bandung (Survei pada Konsumen Alisha Fancy Shop Bandung)

Diana Maryani, Nina Maharani, Septiana Estri

Abstract


Abstract. This study aims to find out the application of brand image by Alisha Fancy Shop Bandung, then to knowhow consumer response about Brand Image produced by Alisha Fancy Shop Bandung, then to know how the decision of purchasing product to Alisha Fancy Shop Bandung, and to and to find out how brand image affects product purchasing decisions at Alisha Fancy Shop Bandung. The research method used is survey method. The type of research conducted is verifikatif. The sampling technique used is incidental sampling. The sample in this research is 100 respondents who have bought the product in Alisha Fancy Shop Bandung. The techniques of collect used data used are questionnaires. And the analysis data method used is Simple Linear Regression Analysis to know the direction of relationship between independent variable with dependent variable. The conclusion of this study are Implementation of BRAND Image Alisha Fancy Shop has been said to be good. Consumer response about brand image Alisha Fancy Shop Bandung, can be quite good. Feedback on product purchase decision at Alisha Fancy Shop Bandung, can be quite good. The results of this study indicate the influence of brand image on consumer purchasing decisions.

Keywords: Brand Image, Decision, Purchase and Product.

 

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan brand image yang dilakukan oleh Alisha Fancy Shop Bandung, untuk mengetahui tanggapan konsumen tentang Brand Image yang dihasilkan oleh Alisha Fancy Shop Bandung, untuk mengetahui keputusan pembelian produk terhadap Alisha Fancy Shop Bandung, dan untuk mencari seberapa besar pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian produk di Alisha Fancy Shop Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Jenis penelitian yang dilaksanakan bersifat verifikatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah insidental sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang responden yang pernah membeli produk di Alisha Fancy Shop Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Sederhana untuk mengetahui arah hubungan anatara variabel independen dengan variabel dependen. Penerapan Brand Image Alisha Fancy Shop sudah dapat dikatakan baik. Tanggapan konsumen mengenai brand image Alisha Fancy Shop Bandung, dapat dikatakan cukup baik. Tanggapan mengenai keputusan pembelian produk di Alisha Fancy Shop Bandung, dapat dikatakan cukup baik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian konsumen.

Kata Kunci: Brand Image, Keputusan, Pembelian dan Produk.


Keywords


Brand Image, Keputusan, Pembelian dan Produk

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 2010. Jakarta: Rineka Cipta.

Arnold, D. 1992. The Handbook Of Brand Management The Economist Books. International Management Series. Massachusetss: Perseus Books.

Basu, Swastha. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty.

Engel et.al, 2002, Manajemen Pemasaran, Jakarta : Penerbit Salemba Empat

Ghozali, I. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: BP Universitas Diponegoro.

Hermawan Kartajaya dan Muhammad Syakir Sula, Syariah Marketing, Mizan, Bandung, 2006.

Kasmir,Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, PT. Raja Grafindo Persada,Jakarta, 2012.

Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis,Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Selemba Empat. Jakarta.

Lupiyoadi, 2006, Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua, Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Nanang Tasunar. 2006. Kualitas Layanan Sebagai Strategi Menciptakan Kepuasan pada Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Marodemak. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia.

Parasuraman, A., V.A.Zeithaml, dan L.L. Berry, 1985, “A Conseptual Model of Service Quality and Its Implication for Future Researchâ€, Journal of Marketing, Vol.49 No.4.

Peter,P.J.dan Olson, J.C. 2010. Consumer Behavior and Marketing Strategy. New York: The Mc Graw-Hill.

Rusman, Tedi. 2014. Aplikasi Statistik Penelitian dengan SPSS. Edisi Revisi 5. Bandar Lampung.

Sayless R. Leonard dan Strauss George. 2005. Personel: The Human Problem Of Management. New Delhi: Half of India.

Simamora B., 2014, Riset Pemasaran, Edisi Kedelapan, Jaakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Subihaini. 2001. Analisis Konsekuensi Kualitas Layanan pada Perilaku Konsumen. Jurnal Bisnis Strategi (JBS) : Vol. 8, Des 2001/Th,VI, 2002 p.99,2001.

Sudarmanto R. G., 2005. Analisis Regresi Linier Ganda dengan SPSS, Edisi Pertama, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiharto, 2013. Teknik Sampling, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tjiptono, 2006, Strategi Pemasaran, Edisi 2, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Tjiptono, 2011, Manajemen Jasa, Yogyakarta : Penerbit Andi 2011, prinsip- prinsip total Quality Service. Yogyakarta : Penerbit Andy

Tjiptono and Gregorius Chandra. 2007. Service, Quality Satisfaction. Andi Ofset. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.13418

Flag Counter   Â