Analisis Penugasan Kerja Karyawan pada Artemy Clothing Bandung Guna Meminimumkan Biaya Produksi dengan Menggunakan Metode Hungarian

Alisa Amandhea Frederik, Nining Koesdiningsih

Abstract


Abstract. One part of a linear program that we can meet in surrounding life is an assignment problem. In the general problem the assignment includes n tasks that must be assigned to the worker where each worker has different competencies to complete the task. For a leader in a company, making decisions to determine an effective and efficient employee workforce placement is needed in the company. Because if it's not done, then it will lead to bad conditions for the company. One method to solve this problem is by using the Hungarian method. So with this the purpose of this study was to determine the placement of employee workforce carried out by the company and to minimize the cost of employees so that the minimum company is also required to pay expenses, because in general the company has not applied the Hungarian method to the problem. After using the Hungarian method and assignment and minimization, the production in Artemy Clothing Bandung is the sum of the company's production costs from employees who have been placed on all the existing machines the result is Rp. 35,200,000, - for the average annual production.

Keywords: Job Assignment, Hungarian Method

 

Abstrak. Salah satu bagian dari program linear yang dapat kita jumpai dalam kehidupan sekitar adalah masalah penugasan (assignment problem). Dalam masalah umum penugasan meliputi n tugas yang harus ditetapkan kepada m pekerja yang dimana setiap pekerja memiliki kompetensi yang berbeda-beda untuk menyelesaikan tugasnya. Bagi seorang pemimpin dalam suatu perusahaan, pengambilan keputusan untuk menentukan penempatan tenaga kerja karyawan yang efektif dan juga efisien itu sangatlah diperlukan di perusahaan. Karena jika tidak dilakukan, maka hal tersebut akan mengakibatkan kondisi yang buruk bagi perusahaan. Metode untuk menyelesaikan persoalan ini salah satunya dengan menggunakan metode Hungarian. Maka dengan ini tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penempatan tenaga kerja karyawan yang dilakukan oleh perusahaan dan untuk meminimasi biaya karyawan agar minimum pula perusahaan untuk mengeluarkan biaya, karena secara umum perusahaan belum menerapkan metode Hungarian pada persoalannya. Setelah menggunakan metode Hungarian dan penugasan serta minimasi, produksi pada Artemy Clothing Bandung yaitu penjumlahan biaya produksi perusahaan dari karyawan yang telah ditempatkan pada seluruh mesin yang ada itu hasilnya adalah Rp. 35.200.000,- untuk produksi selama 1 tahun.

Kata kunci: Penugasan Kerja, Metode Hungarian


Keywords


Penugasan Kerja, Metode Hungarian

Full Text:

PDF

References


Ahyari, Agus. (2002). Manajemen Produksin Perencanaan Sistem Produksi. Edisi Empat, Yogyakarta: BPFE.

Assauri, Sofjan. (2008). Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Indonesia.

Bambang Widjajanta dan Aristanti Widyaningsih. (2007). Ekonomi dan Akuntansi: Mengasah Kemampuan Ekonomi. Bandung: CV. Citra Praya.

Daft, Richard L. (2006). Manajemen. Edisi Keenam. Jakarta: Selemba Empat.

Effendi, Muhammad Rizka Maulana.(2014). Modul Ajaran Sistem Informasi Manajemwn. Palembang: Politeknik Negeri Sriwijaya.

Hansen, Don R. and Marynne M. Mowen. (2003). Management accounting. 6th ed, Thomson South Western, United Stated of America.

Handoko, T. Hani. (2001). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Heizer, Jay dan Berry Rander. (2006). Operation Management. Buku edisi ke tujuh. Jakarta: Salemba Empat.

Henry Mintzberg et al. (1998). Strategy Safari, A Guided Tour Through The Wilds of Strategic Management. New York, London: The Free Press.

Krajewski, Lee J. and Ritzman Larry P. (2005). Operations Management: Processes and Value Chain.Upper Saddle River. New Jersey: Prentice Hall.

Koontz, Harold, Cyril O’Donnell, dan Heinz Weihrich. (1990). Manajemen. Jakarta: Erlangga.

M Munandar. (2000). Budgeting Perencanaan Kerja, Pengkoordinasian Kerja, Pengawasan Kerja. Yogyakarta: BPFE.

Melynk, Steven. (2002). Operation Management. Jakarta: Salemba Empat.

Muhardi. (2011). Manajemen Operasi Suatu Pendekatan Kuantitatif untuk Pengambilan Keputusan. Bandung: Refika Aditama.

Reid, R Dan, Sanders Nada R. (2013). Operations Management: An Integrated Approach. Fifth Edition. New Jersey: Jhon Willey and Sons.

Schroeder, Roger G. (2007). Operations Management: Contemporary Concepts and Cases. 3rd ed. Singapore: McGraw Hill.

Stevenson J, William. (2009). Management Operation: Prantice Hall. Uk.

Sumayang, Lalu. (2003). Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Salemba Empat, Jakarta.

Prawisentono. (2005). Manajemen Operasi Analisis dan Studi Kasus. Jakarta: Bumi Aksara.

Taylor. Frederick Winslow. (2006). The Principles of Scienntific Management. New York: Cosimo.

Terry, George dan Leslie W. Rue. (2010). Dasar-dasar Manajemen. Cetakan kesebelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12475

Flag Counter   Â