Pengaruh Citra Merek terhadap Minat Beli pada Produk Private Label Carrefour Kiaracondong Bandung

Niko Rahman, Nina Maharani

Abstract


Abstract. The purpose of this study is to find out how to build brand image on Carrefour private label products, how much influence the brand image of Purchase Intention in private label products carrefour kiaracondong bandung, to know consumer responses about the brand image of Carrefour private label products, and to know the consumer Purchase Intention of Carrefour private label product.The research method used is survey method. The type of research conducted is verifikatif. The sampling technique used is non-probability sampling. The sample in this research is 100 respondents who had bought private label product at Carefour Kiaracondong Bandung. Data collection techniques used are questionnaires. Data analysis method used is Simple Linear Regression Analysis to know the direction of relationship between independent variable with dependent variable. Carrefour efforts in building the brand image of private label products can be quite good. The consumer's response to the brand image of Carrefour's private label product is quite good. The consumer's response to Purchase Intention in Carrefour's private label products can be quite good. The results of this study indicate an influence between the brand image of Purchase Intention in private label products Carrefour.

Keywords: Brand Image, Purchase Intention, Private Label Products

 

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui cara membangun citra merek pada produk private label Carrefour, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra merek terhadap minat beli pada produk private label Carrefour Kiaracondong bandung, untuk mengetahui tanggapan konsumen mengenai citra merek terhadap produk private label Carrefour, dan untuk mengetahui minat beli konsumen produk private label Carrefour. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Jenis penelitian yang dilaksanakan bersifat verifikatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang responden yang pernah membeli produk private label di Carefour Kiaracondong Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Sederhana untuk mengetahui arah hubungan anatara variabel independen dengan variabel dependen. Upaya Carrefour dalam membangun citra merek produk private label  dapat dikatakan cukup baik. Tanggapan konsumen mengenai citra merek terhadap produk private label Carrefur dapat dikatakan cukup baik. Tanggapan konsumen terhadap minat beli produk private label  Carrefour dapat dikatakan cukup baik.Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh antara citra merek terhadap minat beli pada produk private label  Carrefour.

Kata Kunci: Citra Merek, Minat Beli, Produk Private Label


Keywords


Citra Merek, Minat Beli, Produk Private Label

Full Text:

PDF

References


Ike Venessa, Dkk. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 51 No. 1.

Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks

Vahie, A., & Paswan, A. (2006). Private Label Brand Image: It’s Relationship With Store Image and National Brand. International Journal of Retail & Distribution Management, 34:67-84.

Kotler dan Amstrong, Yudhi. 2008, “Kualiatas Produk, Merek dan Desain Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mioâ€, Jurnal EMBA. Vol. 1, No. 3, Juni.

Sumber lain :

http://www.republika.co.id).

http://elib.unikom.ac.id/download.php?id=253716




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12274

Flag Counter   Â