Analisis Pemilihan Pemasok Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk Pengambilan Keputusan Pemilihan Pemasok (Studi Kasus pada Kopi Arjuna di Desa Cibodas Lembang Jawa Barat)

Muhamad Mario Dwi Nurhafidzh, Nining Koesdiningsih

Abstract


Abstract. The purpose of this research is to know the selection of coffee grain bean supplier at Kopi Arjuna company and analyze the decision making process of alternative grain bean supplier of coffee in Kopi Arjuna based on an Analytical Hierarchy Process (AHP) decision making tools. Methodology in this research uses quantitative method on descriptive approach, by collecting data through observation and interview and analyze there alternative of coffee bean supplier in Kopi Arjuna to know the most optimal supplier. To assist in the selection of an optimal supplier alternative, this study was conducted with due regard to principles of priority and the principle of logical consistency. The result of this study showed that analyze by Analytical Hierarchy Process (AHP) method an all three supplier X, Y and Z as a whole, shows that supplier X with acquition of supplier X with weight gain value 0,430 rated to be best and optimal supplier. Supplier X is a top priority for Kopi Arjuna company to choose from, since this supplier has the highest gain value campared to the other two supplier. The second priority is a supplier of Y with a weight value of 0,392, the the last priority is supplier Z with weight gain value 0,241. Therefore in the supplier, Kopi Arjuna company should pay attention to the value of priority weight obtained on each supplier. Because logically, the measurement of the weighted value will show the performance engraving on each supplier alternative.

Keywords: Analytical Hierarchy Process, Supplier Selection, Structure Hierarchy


Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemilihan pemasok gabah kopi pada perusahaan Kopi Arjuna serta menganalisis proses pengambilan keputusan pemilihan alternatif pemasok gabah kopi di Kopi Arjuna berdasarkan sebuah alat bantu pengambilan keputusan Analytical Hierarchy Process (AHP). Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan pendekatan deskriptif, dengan mengumpulkan data melalui observasi serta wawancara dan menganalisa tiga alternatif pemasok gabah kopi di Kopi Arjuna untuk mengetahui pemasok yang paling optimal. Untuk membantu pemilihan alternatif pemasok yang optimal, penelitian ini dilakukan dengan memperhatikan prinsip penyusunan hierarki, prinsip prioritas, dan prinsip konsistensi logis. Metode ini digunakan untuk menentukan alternatif pemasok optimal berdasarkan perolehan nilai bobot prioritas tertinggi pada ketiga pemasok. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa analisis dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) pada ketiga pemasok X,Y, dan Z secara keseluruhan, menunjukan bahwa pemasok X dengan perolehan nilai bobot 0,430 dinilai menjadi pemasok terbaik dan optimal. Pemasok X menjadi prioritas utama bagi Kopi Arjuna untuk dipilih, karena pemasok ini memiliki perolehan nilai bobot paling tinggi dibandingkan dengan dua pemasok yang lain. Prioritas kedua adalah pemasok Y dengan nilai bobot 0,392, selanjutnya prioritas terakhir adalah pemasok Z dengan perolehan nilai bobot 0,241. Oleh karena itu dalam pemilihan pemasok, sebaiknya perusahaan Kopi Arjuna memperhatikan nilai bobot prioritas yang didapat pada setiap pemasok. Karena secara logis, pengukuran nilai bobot akan menunjukan ukuran performa pada setiap alternatif pemasok.

Kata Kunci: Analytical Hierarchy Process, Pemilihan Pemasok, Struktur Hierarki.


Keywords


nalytical Hierarchy Process, Pemilihan Pemasok, Struktur Hierarki.

Full Text:

PDF

References


Bello, M. J. (2003). A Case Study Approach To The Supplier Selection Process. 6.

Chase, Jacobs, & Aquilano. (2010). Operation management for competitive advantage. New York: Prentice Hall.

George, R. (1991). Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Heizer, J., & Render, B. (2014). Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat.

Herjanto, E. (2007). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Kasali, R. (2010). Change. Dalam R. Kasali, Change (hal. 23). Jakarta: Gramedia Pustaka.

Lambert, D., & Stock, J. R. (2001). Strategic Logistic Management 4th Edition. New York: McGraw Hill.

Nydick, R., & Ronal , P. H. (1992). Using The Analitic Hierarchy Process To Structure The Supplier SelectionProcedure. International Journal Of Purchasing, 31-36.

Pujaman, I. N. (2005). Teknik Edisi Kedua. Surabaya: Guna Widya.

Saaty, T. L. (1991). Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin. Jakarta Pusat: PT. Pustaka Binaman Pressindo.

Surjasa, Dadang, Pudji , A., & Hario , N. (2009). Usulan Supplier Selection Dengan Analitycal Hierarchy Process Dan Penerapan Sistem Informasi Dengan Konsep Vendo Managed Inventory Pada PT. ABC.

William , M., Robert, J., & Jack, R. (2014). Pengantar Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

http://disbun.jabarprov.go.id

http://www.aeki-aice.org/page/konsumsi-kopi-domestik/id

http://www.Tripadvisor.co.id




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12045

Flag Counter   Â