Analisis Peramalan Permintaan Jaket dengan Menggunakan Metode Adjusted Exponential Smoothing (Studi Kasus pada CV. Bandung Mulia Konveksi)

Ragil Sutiono, Tasya Aspiranti

Abstract


Abstract. The purpose of this research is to analyze forecasting jacket demand is done on the CV. Bandung Mulia Konveksi and Forecasting jacket demand made on CV. Bandung Mulia Konveksi by using adjusted exponential smoothing method with error indicator SE, MAD MSE, MAPE, MAPD, and Tracking Signal. This research uses quantitative descriptive method which aims to explain a suitable research to find out jacket demand on CV. Bandung Mulia Konveksi for January 2018. Data collection techniques used are interviews, documentacion, and literature study. The results showed that: (1) During this CV. Bandung Mulia Konveksi to forecast the demand for jacket products based on the large number of jacket product demand in the previous month. CV. Bandung Mulia Konveksi also predicts jacket product demand based on prediction. Forecasting jacket product demand based on the prediction is usually done CV. Bandung Mulia Konveksi in Ramadhan and Hari Raya Idul Fitri. (2) The result of demand forecasting calculation using Adjusted Exponential Smoothing method gives the smallest alpha and beta that is at point α = 0,9 and β = 0,1. This shows that a suitable forecasting method is used by CV. Bandung Mulia Konveksi is using Adjusted Exponential Smoothing method with forecasting value of 1095 pcs jacket for January 2018 period.

Keywords: Forecasting, Demand, Adjusted Exponential Smoothing

                                       

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peramalan permintaan jaket yang dilakukan pada CV. Bandung Mulia Konveksi dan Peramalan permintaan jaket yang dilakukan pada CV. Bandung Mulia Konveksi dengan menggunakan metode adjusted exponential smoothing dengan indikator kesalahan SE, MAD MSE, MAPE, MAPD, dan Tracking Signal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menjelaskan penelitian yang akurat untuk mengetahui permintaan jaket pada CV. Bandung Mulia Konveksi untuk Januari 2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Selama ini CV. Bandung Mulia Konveksi melakukan peramalan permintaan produk jaketnya berdasarkan besarnya jumlah permintaan produk jaket pada bulan sebelumnya. CV. Bandung Mulia Konveksi juga melakukan peramalan permintaan produk jaket berdasarkan prediksi. Peramalan permintaan produk jaket berdasarkan prediksi biasanya dilakukan CV. Bandung Mulia Konveksi pada bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. (2) Hasil perhitungan peramalan permintaan dengan menggunakan metode Adjusted Exponential Smoothing menghasilkan alpha dan beta terkecil yaitu pada titik α= 0,9 dan β= 0,1. Hal ini menunjukan bahwa metode peramalan yang cocok digunakan oleh CV. Bandung Mulia Konveksi adalah dengan menggunakan metode  Adjusted Exponential Smoothing dengan nilai peramalan sebesar 1095 pcs jaket untuk periode Januari 2018.

Kata kunci: Peramalan, Permintaan, Adjusted Exponential Smoothing


Keywords


Peramalan, Permintaan, Adjusted Exponential Smoothing

Full Text:

PDF

References


Chase, Richard B., F.Robert Jacobs, Nicholas J. Aquilano. (2010). Operatin

management for competitive advantage. Universitas Indiana: Mc-Graw

Heizer, Jay dan Render, Barry. 2015, Manajemen Operasi : Manajemen

Keberlangsungan dan Rantai Pasokan, Edisi 11, Salemba Empat, Jakarta.

Hill, New York.Sugiyono. 2013, Metode Penelitian Manajemen, CV Alfabeta, Bandung.

Schroeder, Roger, G., Goldstein, Susan, Meyer., & Rungnesanatham, M. J.

Johnny. 2011, Operations Management in The Supply Chain: Decisions

and Cases, Edisi 6, Mc-Graw-Hill, New York.

Stevenson, William J. Dan Choung, Sum Chee. 2014, Manajemen Operasi, Edisi

, Mc-Graw-Hill Education (Asia) dan Salemba Empat, Jakarta.

Walgito, Bimo. 2010. Bimbingan dan Konseling Studi & Karir. Yogjakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11891

Flag Counter   Â