Analisis Peramalan Penjualan 3M Creme Cleanser dengan Menggunakan Metode Adjusted Exponential Smoothing pada CV. Nasyid Jaya

Dewi Maudi Susanti

Abstract


Abstact. This research aims to reduce errors forecasting 3M Creme Cleanser sales by using Adjusted Exponential Smoothing method and the smallest error indicator MAD, MSE, MAPE, MAPD, SE and Tracking Signal. The author, in preparing this thesis using qualitative descriptive research type. This study uses case study method and data used is historical data for 12 months in 2017. Data collection techniques conducted by the authors are interviews on various parties in the company, held direct observation to the company, and documentation as a complement to observation and interview. The results obtained in this study show that to determine the best alpha and beta based on the smallest error is in the error MAD, MSE, MAPE, and Standard error, where from all indicators of forecasting error errors only the four calculations are equally located at the lowest point α = 0,1 and β = 0,1 with result of forecasting 116,965 or 117 product for January 2018.

Keywords: Forecasting, Adjusted Exponential Smoothing.

 

Abstrak. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengurangi kesalahan peramalan penjualan 3M Creme Cleanser dengan menggunakan metode Adjusted Exponential Smoothing dan indikator kesalahan terkecil MAD, MSE, MAPE, MAPD, SE dan Tracking Signal. Penulis, dalam menyusun skripsi ini menggunakan jenis penelilitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan data yang digunakan yaitu data historis selama 12 bulan pada tahun 2017. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis adalah wawancara terhadap berbagai pihak diperusahaan, mengadakan observasi langsung ke perusahaan, dan dokumentasi sebagai pelengkap observasi dan wawancara. Hasil yang didapat pada penelitian ini menunjukan bahwa untuk menentukan alpha dan beta terbaik berdasarkan error terkecil berada pada error MAD, MSE, MAPE, dan Standar error, dimana dari keseluruhan indikator kesalahan peramalan permintaan hanya keempat perhitungan tersebut yang sama-sama berada pada titik terendah α= 0,1 dan β= 0,1 dengan hasil peramalan 116, 965 atau 117 produk untuk bulan Januari 2018.

Kata Kunci : Peramalan, Adjusted Exponential Smoothing


Keywords


Peramalan, Adjusted Exponential Smoothing

Full Text:

PDF

References


Assauri,Sofian. 2008. Manajemen Produksi dan Operasi. Lembaga Penerbit Lembaga Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta

Donmoyer, Robert.2008.’Pradigm.’ In I., M. Given (Ed), The Sage encydopedia of methods (Vol. 2). London : Routledge

Heizer ,Jay dan Barry Render (2011). Manajemen Operasi.Edisi Sembilan. Buku Dua. Diterjemahkan oleh Chiswan Sungkono. Jakarta: Salemba Empat.

Herjanto, Hery,2008, Manajemen Operasi Edisi Ketiga, Jakarta:

Grasindo.

Heizer, Jay dan Berry Render. 2009. Manajemen Operasi. Edisi 9. Jakarta : Salemba 4

Heizer, Jay dan Berry Render.2015.Manajemen Operasi.Edisi 11. Jakarta : Salemba Empat

Heizer, Jay dan Berry Render.2017.Manajemen Operasi. Edisi 12 Jakarta : Salemba Empat

Rahardjo, Susilo.2011.Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Kudus : Nora Media enterprise

Riduwan. 2010. “Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitianâ€. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Bandung : Alfabeta.CV

Prasetya, Hery dan Adjusted Forecastri Lukiastuti (2009). Manajemen Operasi. Yogyakarta: Media Pressindo

Sumber lainnya :

http://lastriyah-identitas.blogspot.co.id/2011/12/

http://mysolahudin.blogspot.co.id/




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11822

Flag Counter   Â