Pengaruh Brand Trust terhadap Loyalitas Konsumen

Bambang Adiwibowo, Ratih Tresnati

Abstract


Abstract. This research is conducted to know the implementation of Brand Trust conducted by Belwish Coffe Shop Bandung and customer response about Brand trust, and to know the level of consumer loyalty Belwish Coffe Shop Bandung, as well as to find out how big the relationship of brand trust implementation with customer loyalty Belwish Coffe Shop Bandung. The research method used in this research is descriptive and verifikatif where this research is done in the present and connect between independent with dependent variables. The research population is Belwish Coffe Shop customers, a large sample of 100 people. Data collection is done through interviews and questionnaires so as to provide a clear picture of the object under study and then drawn conclusions. The results of this study demonstrate the influence of trust on consumer loyalty at Belwish Coffe Shop Bandung with correlation coefficient value of 0.612 (R = 0.612), and the determinant of the coefficient (R-Square/R2) of 37,5%. This means that there are influences between the brand trust on consumer loyalty.

Keywords: Brand Trust, Consumer Loyal.

Abstrak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan Brand Trust yang dilaksanakan Belwish Coffe Shop Bandung dan tanggapan pelanggan mengenai Brand trust, dan untuk mengetahui tingkat loyalitas konsumen Belwish Coffe Shop Bandung, serta  untuk mengetahui seberapa besar hubungan pelaksanaan brand trust dengan loyalitas konsumen Belwish Coffe Shop Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif dimana penelitian ini dilakukan di masa sekarang dan menghubungkan antara variabel independen dengan variabel dependen. Populasi penelitian adalah pelanggan Belwish Coffe Shop, besar sample penelitian 100 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuisioner sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas atas objek yang diteliti dan kemudian ditarik kesimpulan.  Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh Brand trust terhadap loyalitas konsumen di Belwish Coffe Shop Bandung dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,612 (R = 0,612), dan koefisien determinan (R-Square/R²) sebesar 37,5%. Artinya terdapat pengaruh antara Brand Trust terhadap Loyalitas Konsumen.

Kata Kunci: Brand Trust, Loyalitas Konsumen.


Keywords


Brand Trust, Loyalitas Konsumen

Full Text:

PDF

References


Basu Swastha dan Irawan. (2003). “Manajemen Pemasaran Modern”. (Edisi kedua). cetakan ke sebelas. Yogyakarta : Liberty Offset

Bastian, Alexander, Danny. 2014. Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia : Program Manajemen Pemasaran, Universitas Kristen Petra

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, Edisi 13, Jakarta, Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 2004. Dasar-dasar pemasaran, terjemahan Alexander Sindoro, Edisi 9, Jilid 1, Indeks. Jakarta.

Lau, Geok Then and Sook Han Lee. 1999. Consumers Trust in a Brand and the Link to Brand loyalty, Journal of Market Focused management.

Menurut Kotler, diterjemahkan oleh Hendra Teguh dan Ronny A. Rusli (2000:57)

Shandi, Agil Putra. 2011. Analisis Dimensi Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek Pengguna Kartu Indosat IM3 di Kota Semarang. Skripsi. Semarang : Universitas Diponegoro.

Tresnati, Ratih dan Kusumah, AS “Pengaruh Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian di Instagram Faithfootball : Universitas Islam Bandung

Rizan Mohammad, Basrah Saidani, Yusiyana Sari “Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Teh Botol Sosro”Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) |Vol. 3, No. 1, 2012

Shihab, Muchsin Saggaff dan Ananto Sukendar. Pengaruh Brand Trust dan Brand Equity terhadap Loyalitas Konsumen (Studi kasus Produk Tes Widal Merek Remel). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Terapan (2009) Tahun VI No.2.

Sugiyono. 2015. Cara Mudah Menyusun : Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta

Sari, Meitha Yusvita. 2015. Pengaruh Kelompok Referensi,Kepercayaan Merek Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Merek Aplikasi Pesan Instan (Studi pada Pengguna Aplikasi Pesan Instan LINE di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta)

Sekar Jingga Citranuari. 2015. Pengaruh Kepercayaan Merek, Kesadaran Merek dan Presepsi Kualitas terhadap Keputusan Pembelian Ulang. Skripsi. Yogyakarta : Univesitas Negeri Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2005. Manajemen Jasa. Edisi Keempat. Yogyakarta. Penerbit Andi

Sayogo, Ganjar. 2015. Data dan Variabel Penelitian.

Wulansari, Anette. 2013. Pengaruh Brand Trust dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Sari Roti : Universitas Negeri Surabaya

Rizan, Mohammad. 2012. Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap loyality Teh Botol Sosro, Survei Konsumen Teh Botol Sosro di Food court ITC Cempaka Mas, Jakarta timur

Vidyawati,Pradana. 2009. Pengaruh Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek (Studi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang Pengguna SIM Card Merek IM3)

Griffin, J. (2005). Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (2000). Marketing Management. Eleventh Edition, New Jersey: Pearson Education, inc.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prehallindo.

Kotler, P. (2006). Manajemen Pemasaran Edisi II. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2003). Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: Penerbit PT. Indeks Gramedia.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2010). Principles of Marketing. United States of America: Pearson.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. (2012). Marketing Management, 14th edition. New Jersey: Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Cetakan kesembilan. Bogor: Ghalia Indonesia.




Flag Counter