Analisis Sistem Antrian Layanan Weekend Banking dengan Menggunakan Model Multiple Channel Single Phase untuk Meminimumkan Waktu Tunggu Nasabah pada Bank Central Asia (BCA) KCP BTC Pasteur Bandung

Nenden Meivy Karyana, Tasya Aspiranti

Abstract


Abstract. This study aims to find out how the performance of queuing system at the time of weekend banking services BCA KCP BTC Pasteur Bandung at this time and what is the number of optimal teller to minimize customer waiting time during the service of weekend banking BCA KCP BTC Pasteur Bandung. The research method used in this research is quantitative descriptive method. Data collection techniques in this study by making observations, interviews and collection of documents related to the research. Analysis of data used by using Multiple Chanel Single Phase queue model with the help of computerized software system POM for Windows. The result of this research is the queuing model applied by BCA KCP BTC Pasteur Bandung has been appropriate and must be maintained, The waiting time of the customers in the queue system on Saturday and week is too long so that the long queue during the weekend banking service, to overcome it should the company increase the number of tellers who serve customers to 3 teller officers so that customers do not have to wait too long in the queue of course will result in customer dissatisfaction against the company.

Keywords: Queue System, Model Multiple Channel Single Phase, Aspiration Leve.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja sistem antrian pada saat layanan weekend banking  BCA KCP BTC Pasteur Bandung saat ini dan  berapakah jumlah teller optimal untuk meminimalkan waktu tunggu nasabah pada saat layanan weekend banking BCA KCP BTC Pasteur Bandung . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan model antrian Multiple Channel Single Phase dengan bantuan sistem komputerisasi software POM for Windows. Hasil dari penelitian ini adalah model antrian yang diterapkan oleh BCA KCP BTC Pasteur Bandung telah sesuai dan harus dipertahankan, Waktu tunggu nasabah dalam sistem antrian pada hari sabtu dan minggu terlalu lama sehingga terjadinya antrian yang cukup panjang pada saat layanan weekend banking, guna menanggulangi hal tersebut sebaiknya perusahaan menambah jumlah teller yang melayani nasabah menjadi 3 petugas teller agar nasabah tidak harus menunggu terlalu lama dalam antrian yang tentunya akan berakibat pada ketidak puasan nasabah terhadap perusahaan.

Kata kunci: Sistem Antrian, Model Banyak Saluran Satu Tahapan, Tingkat Aspirasi.


Keywords


Sistem Antrian, Model Banyak Saluran Satu Tahapan, Tingkat Aspirasi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta.

Assauri, Sofjan. 2011. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Dimyati, Tjutju Tarliah dan Ahmad Dimyati. 2011. Operations Research : Model-model Pengambilan Keputusan. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Griffin, Ricky W. 2013. Manajemen ; edisi ketujuh jilid 2. Jakarta : Erlangga.

Handoko, T.Hani .2010. Manajemen Personalia&Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua. BPFE UGM : Yogyakarta.

Hasibuan,Malayu. S.P. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revisi). Jakarta : Bumi Aksara.

Heizer, Jay dan Barry, Render. 2005. Operations Management 7th ed. Prentice Hall : New Jersey.

Heizer, Jay dan Barry, Render. 2010. Operations Management-Manajemen Operasi. Edisi 9 Buku 1. Jakarta : Salemba Empat

Krajewski,Lee J, Larry, P.Ritzman. 2010. Operations Management : Strategy and Analysis Edisi Delapan. Prentice Hall : New York.

Krajewski,Lee J, Larry, P.Ritzman, Manoj K.Malhotra. 2010. Operations Management :Process and Value Chain 8th edition. Prentice Hall : New York.

Nugroho, Bernardus Y, Saragih, Ferdinand D dan Eko, Umanto. 2012. Metode Kuantitatif : Pendekatan Pengambilan Keputusan untuk Ilmu Sosial dan Bisnis. Jakarta : Salemba Humanika.

Robbins,S.P dan Judge. 2011. Perilaku Organisasi. Jakarta : Salemba Empat.

Roger G, Schroeder. 2011. Operational Management : Contemporary Concepts and Cases, International Edition. The Mc Graw Hill Companies, Inc.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.10354

Flag Counter   Â