Pengaruh Aktivitas Ekonomi, Sosial Dan Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Yang Terdaftar Dalam Indonesian Sustainable Reporting Awards (Isra) Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2016

Dinda Fitriani Dewi, Dikdik Tandika

Abstract


Abstract. This Research is aim to knows the influence of disclosure Sustainability reporting based on economic aspect, Social And environment to Financial performance of the company. Population on this research is company that listed in Indonesia Sustainability reporting award (ISRA) and registered in Indonesia stock exchange (BEI), on 2013-2016 period. Writers use puspossive technique for taking the sample. With three criteria and sample that use in this research is eight company. Research period which is conducted on 2013-2016. Kind of data that used in this research is secondary data and used financial report. Analysis technique that used is regression multiple linear. The test result of this research is disclosure sustainability reporting based on economic aspect positive not significant to company financial performance. Based on social aspect is take effect positive significant.  Based on environment aspect positive not significant to company financial performance that listed on Indonesia Sustainability Reporting Award (ISRA) and registered in Indonesia Stock Exchange (IDX) period 2013-2016.

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan sustainability Reporting berdasarkan aspek ekonomi, sosial dan lingkungan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang tercantum dalam Indonesia Sustainability Reporting Award (ISRA) dan terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2013-2016. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan pusposive sampel dengan 3 kriteria dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 8 perusahaan, periode penelitian yang dilakukan pada tahun 2013-2016. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan menggunakan data laporan keuangan (saham). Teknis analisis yang digunakan adalah analisis regresi liner berganda. Hasil pengujian dari penelitian ini adalah pengungkapan sustainability reporting berdasarkan aspek ekonomi positif tidak signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan, berdasarkan aspek sosial berpengaruh positif signifikan. Berdasarkan aspek lingkungan positif tidak signifikan  terhadap kinerja keuangan perusahaan yang tercantum dalam Indonesia Sustainability Reporting Award (ISRA) dan terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2016.

Kata kunci: Sustainability Reporting (Tripple Bottom Line), GRI (Global Reporting Initiative), Kinerja Keuangan Perusahaan (Return Saham).


Keywords


Sustainability Reporting (Tripple Bottom Line), GRI (Global Reporting Initiative), Kinerja Keuangan Perusahaan (Return Saham).

Full Text:

PDF

References


Freeman, E. R. 1984. Strategic Management: A Stakeholder Approach. Pitman. Marshfield MA Ghozali dan Chariri, 2007. Teori Akuntansi. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Anderson, J., W. 1989. Corporate Social Responsibility, Greenwood Press, Coonecticut.

Clarkson, M. B. 1995. A Stakeholders Framework for Analyzing and Evaluating

Corporate Social Performance. Academy of Management Review. 1995.

Elkington, J. 1997. Cannibals with Forks: The Triple Bottom Line of 21st Century

Business, Capstone, Oxford.

Elkington, J 1998, Cannibals with Forks: The Triple Bottom Line of 21st Century.

Business, New Society.12

www.globalreporting.org

www.idx.com

www.wikipedia.org

www.sra.ncsr-id.org




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.10348

Flag Counter   Â