USULAN PERBAIKAN TERHADAP PENERAPAN BUDAYA KERJA 5S DI PT PINDAD (PERSERO) DIVISI TEMPA DAN COR DEPARTEMEN PRASARANA KERETA API MENGGUNAKAN PDCA CYCLE

Shely Fuji Arimbi, Aviasti Aviasti, Asep Nana Rukmana

Abstract


Seiring  dengan  persaingan  dunia  yang  semakin  ketat,  dunia  industri

manufaktur mengharuskan sebuah perusahaan memiliki strategi agar dapat bersaing dengan perusahaan lainnya. Persaingan dapat terjadi diantara karyawan satu dengan karyawan lainnya untuk lebih unggul dalam bekerja di perusahaan yang tujuannya adalah untuk meningkatkan jabatan atau meningkatkan gaji karyawan. Dalam perusahaan perlu adanya keseimbangan antara prosedur perusahaan dengan penerapan  Budaya  Kerja  5R  agar  terwujud  ruangan  yang  efektif  dan  efisien.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan penerapan Budaya 5R yang tidak dijalankan dengan baik di Departemen PRASKA (Prasarana Kereta Api). Adapun permasalahan yang ditemukan, diantaranya : penumpukkan mesin yang rusak di lantai produksi, sistem penyimpanan container yang tidak tertata rapi, kondisi lantai kotor dan berdebu,  sistem pada proses produksi lebih lambat, dan aturan penggunaan APD (Alat Pelindung Diri) diabaikan.

Dimana, permasalahan tersebut sangat berkaitan dengan penerapan Budaya Kerja 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin) di Departemen PRASKA. Adapun tools yang digunakan untuk memecahkan permasalahan ini, yaitu : menggunakan PDCA Cycle, yaitu : Plan (Rencana), Do (Lakukan), Check (Periksa), dan Act (Tindak). PDCA Cycle adalah suatu siklus yang biasa digunakan dalam Teori Kaizen untuk menyelesaikan permasalahan secara bertahap. Penyelesaian dilakukan secara bertahap agar setiap rencana-rencana yang dilakukan dapat tercapai sesuai dengan tujuan yang diharapkan.


Keywords


Budaya 5R, PDCA Cycle, Teori Kaizen

References


Cakrawijaya. 2008. Penerapan Budaya Kerja 5R. Jakarta : PT Raja Grafindo

Persada

Imai, Masaaki. 1998. Gemba Kaizen : Pendekatan Akal Sehat, Berbiaya Rendah pada Manajemen. Jakarta : Penerbit Lembaga PPM

Mangkuprawira, Sjafri. 2009. Al-Quran dan Produktivitas Kerja. Blog

Wordpress.com : Rona Wajah

Robbins, Stephen P. 2002. Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi. Jakarta : Erlangga

Sumayang, Lalu. 2003. Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta : Penerbit Salemba Empat




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.863

Flag Counter    Â