Usulan Strategi untuk Meningkatkan Daya Saing Distro X di Kota Bandung Menggunakan Metode Matriks Perencanaan Strategi Kuantitatif (Mpsk)

Herlambang Budi N, M. Dzikron A. M., Djamaludin Djamaludin

Abstract


Industri fashion sebagai salah satu industri kreatif dalam perkembangannya saat ini meningkat pesat dibandingkan dengan industri kreatif lainnya. Salah satu jenis usaha dari sub sektor industri fashion ini adalah distro (distribution outlet). Keberadaan jenis usaha ini sudah diakui keberadaannya oleh pemerintah sebagai bagian dari subsektor industri fashion yang berperan besar terhadap pertumbuhan perekonomian Kota Bandung. Objek dalam penelitian ini yaitu Distro X yang merupakan salah satu distro yang berada di Kota Bandung, seiring dengan perkembangannya masih banyak permasalahan yang ditemukan. Dampaknya yaitu terjadi penurunan omset penjualan selama 2 tahun terakhir. Bila tidak ada upaya yang dilakukan, hal ini dapat mengakibatkan semakin turunnya jumlah konsumen baik dari penjualan eceran maupun grosir. Oleh karena itu, diperlukan suatu perumusan strategi yang tepat untuk meningkatkan daya saing di tengah persaingan yang semakin ketat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan Matriks Perencanaan Strategi Kuantitatif (MPSK). Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan, terdapat kesimpulan berupa usulan-usulan strategi yang diperoleh. Usulan strategi terpilih yaitu dengan melakukan peningkatan standar kualitas produk dan pelayanan. Usulan strategi tersebut merupakan strategi yang memiliki daya tarik tinggi untuk diterapkan pada Distro X dalam memanfaatkan kekuatan secara maksimal, mengatasi kelemahan, merespon dengan baik peluang, dan menghindari ancaman yang ada.

Keywords


industry fashion, industry kreatif, Matriks Perencanaan Strategi Kuantitatif (MPSK)

References


David, F.R., 2009. Strategic Management, Manajemen Strategis Konsep. Jakarta:

Salemba Empat.

David, F.R., 2011. Strategic Management Concepts and Cases. 13th ed. New Jersey:

Pearson

Ginting, R., 2007. Sistem Produksi. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu

Heizer, J., dan Render, B., 2006. Operation Management. 7th ed. New Jersey: Prentice Hall

Herjanto, E., 2007. Manajemen Operasi. Edisi Ketiga. Jakarta: Grasindo

Pambudi, B.S., 2013. Pengantar Manajemen. Madura: Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo

Priyono., 2007. Pengantar Manajemen. Sidoarjo: Zifatama

Rangkuty, F., 2016. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Cetakan keduabelas. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Taufiqurrohman., 2016. Manajemen Strategik. Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama

Umar, H., 2008. Strategic Management in Action. Edisi Kelima. Jakarta: Gramedia

Pustaka Utama

Wibowo, S., 2009. Introduction to Business Management. Bandung: Politeknik

Telkom

Wheelen, T.L., dan Hunger, D.J., 2012. Strategic Management and Business Policy. 13th ed. New Jersey: Pearson




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.8499

Flag Counter    Â