Perancangan Meja Kerja Ergonomis pada Stasiun Kerja Penghalusan dengan Menggunakan Metode Antropometri (Studi Kasus : Pt Optima Cihampelas Bandung)

Wandi Rukmana, Eri Achiraeniwati, Yanti Sri Rejeki

Abstract


Ergonomi adalah ilmu, seni dan penerapan teknologi untuk menyerasikan atau menyeimbangkan antara segala fasilitas yang digunakan baik dalam beraktivitas maupun istirahat dengan kemampuan dan keterbatasan manusia baik fisik maupun mental sehingga kualitas hidup secara keseluruhan menjadi lebih baik (Tarwaka, 2004). Masalah ergonomi biasanya dirasakan pekerja pada proses pekerjaan yang dilakukan secara manual dan berhubungan langsung dengan kekuatan serta ketahanan tubuh manusia dalam melakukan pekerjaannya. penelitian dilakukan terhadap operator proses penghalusan pada sebuah perusahaan mebel yang terletak di kota Bandung, dimana operator banyak mengungkapkan keluhan rasa sakit pada beberapa bagian tubuh setelah melakukan pekerjaannya. Identifikasi keluhan rasa sakit menggunakan kuesioner Nordic Body Maps dengan cara responden diminta memberikan tanda pada kuesioner yang diberikan untuk mengetahui ada atau tidaknya gangguan pada bagian tubuh setelah melakukan pekerjaannya. Hasil yang didapatkan dari kuesioner Nordic Body Maps yaitu operator mengalami keluhan pada bagian tubuh leher, bahu, punggung, pergelangan tangan, lutut dan pergelangan kaki dengan skala rasa sakit yang berbeda. Keluhan tersebut menjelaskan bahwa pekerjaan yang dilakukan mengandung resiko terjadinya cedera pada operator jika dilakukan secara terus menerus dengan jangka waktu yang cukup lama, untuk itu dilakukan perbaikan metode kerja menggunakan metode Antropometri dengan pembuatan fasilitas meja kerja yang ergonomis guna memperbaiki posisi kerja serta metode kerja yang dilakukan operator. Tujuan akhir dari dilakukannya penelitian adalah memberikan keamanan, kenyamanan, dan kesehatan bagi operator penghalusan saat melakukan pekerjaannya.


Keywords


Ergonomi, Nordic Body Maps, Antropometri

References


Kroemer, K.H.E, dan Grandjean, E. 2000. Fitting The Task To The Human; A Textbook Of Occupational Ergonomics. 5 th Edition. U.K: Taylor & Francis

Nurmianto Eko, 2003. Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Penerbit Guna Widya. Surabaya.

Robin Burgess-Limerick, 2004, Manual Tasks Risk Assessment Tool (ManTRA), The University of Queensland, 4072, Australia

Roebuck, J. A. 1995.Anthropometric Methods:Designing To Fit The Human Body, Human Factors And Ergonomics Society. Usa

Tarwaka, Solichul HA, (2004), Ergonomi Untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Produktivitas

Wignjosoebroto Sritomo, 2003. Ergonomi Studi Gerak dan Waktu. Penerbit Guna Widya. Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.8496

Flag Counter    Â