Peningkatan Produktivitas Mesin Stripping Chen Tai dengan Pendekatan Total Productive Maintenance (Tpm) (Studi Kasus: Pabrik Farmasi Y)

Gathi Ayu Larasathi, Endang Prasetyaningsih, Chaznin Muhammad

Abstract


PT. Y merupakan salah satu industri farmasi yang memproduksi obat generik untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat. Mesin stripping chen tai yang digunakan dalam pengemasan tablet x sering mengalami kendala atau kerusakan.Oleh karena itu, untuk meningkatkan  nilai efektivitas penggunaan mesin akan digunakan pendekatan Total Productive Maintenance (TPM). Pendekatan tersebut mengandalkan kerja operator untuk menyelesaikan kerusakan kecil dan maintenance untuk permasalahan lebih krusial. Penerapan TPM yang akan diusulkan terdiri atas, pengidentifikasian nilai overall equipment efectiveness (OEE) pada mesin stripping chen tai. Kemudian mengidentifikasi nilai six big losses . Nilai kehilangan terbesar akan diidentifikasi menggunakan Diagram Sebab-akibat. Secara keseluruhan, untuk mengusulkan perbaikan guna meningkatkan nilai OEE dan mengurangi kerusakan mesin akan digunakan dua pilar TPM (autonomus maintenance, focused improvement).


Keywords


Perawatan Produktif Secara Total (TPM), Efektivitas Peralatan Keseluruhan (OEE), Perawatan Otonom, Perbaikan Terfokus.

References


Davis, R. K., 1995. Productivity Improvements Through TPM: The Philosophy and Application of Total Productive Maintenance. Harlow: Prentice Hall.

O’Biren, M., 2015. TPM and OEE. [pdf] Tersedia pada: [Diakses 29 Agustus 2016].

Nakajima, S., 1988. Introduction to Total Productive Maintenance. Cambridge: Productivity Press.

Suzuki, T., Ed, 1994. TPM In Process Industries. Oregon : Productivity Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.8137

Flag Counter    Â