Penerapan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Content Management System (Studi Kasus: CV. Batik Sekar Putri)

Nur Aulia Afina, Agus Nana Supena, Otong Rukmana

Abstract


Industri batik merupakan salah satu industri yang berkembang pesat. CV. Batik Sekar Putri adalah salah satu perusahaan yang memproduksi batik Cimahi, dan didukung oleh masyarakat sekitar. Hanya saja, batik Cimahi yang diproduksi tersebut terbatas oleh konsumen yang tinggal di Cimahi atau Bandung, oleh karena itu, CV. Batik Sekar Putri membutuhkan sistem informasi penjualan berbasis website yang dapat menyediakan penjualan bagi konsumen yang tinggal di luar kota. Dalam penelitian ini, pengembangan sistem informasi dilakukan menggunakan metode Framework for the Application of Systems Thinking (FAST), dengan strategi Commercial Application Package Strategy. Pada penelitian ini, tahapan metode FAST yang digunakan hingga tahapan pembangunan dan pengujian. Content Management System yang akan digunakan adalah PrestaShop. Kebutuhan fungsional yang dibutuhkan sistem adalah sistem dapat memasukkan data produk, dapat memasukkan data konsumen, dapat melakukan transaksi penjualan, dapat memberitahu apabila pembayaran atau pengiriman telah dilakukan, dan dapat melakukan komunikasi antar konsumen dengan pegawai. Setelah melakukan analisis sistem saat ini, analisis kebutuhan fungsional, dan analisis PrestaShop, maka dilakukan analisis kesenjangan antara kebutuhan fungsional dengan sistem PrestaShop. Penyelarasan sistem informasi dilakukan untuk menyelaraskan data dan proses dari kebutuhan fungsional dengan sistem PrestaShop.

Keywords


Framework for the Application Package Strategy (FAST); Commercial Application Package Strategy; Content Management System

References


Bentley, L. D., & Whitten, J. L. (2007). Systems Analysis and Design for the Global Enterprise Seventh Edition. New York: McGraw-Hill.

Chaffey, D. (2009). E-Business and E-Commerce Management: Strategy, Implementation and Practice (4th Editio). England: Prentice Halls.

Kalakota, R., & Whinston, A. (1997). Electronic Commerce. A Manager’s Guide. Reading: Addison-Wesley.

Kendall, K. K. (2013). System Analysis and Design. New Jersey: Pearson Education.

Landon, K. C., & Landon, J. (2012). Management Information Systems: Managing the Digital Firm (12th Editi). England: Prentice Halls.

Rosa, A. S., & M., S. (2011). Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Modula.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.7791

Flag Counter    Â