Business Process Improvement untuk Perbaikan Proses Bisnis dan Perancangan Standard Operating Procedure (Sop) dengan Menggunakan Metode Value Added Assesment (Studi Kasus: Pt.X)

Albytar Nur Samsuri, Nugraha Nugraha, Djamaludin Djamaludin

Abstract


PT.X merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyedia layanan dan perangkat lunak. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan PT.X perusahaan mengalami masalah dalam menjalankan proses bisnisnya yakni dalam proses penentuan proyek yang dilakukan oleh Divisi Marketing dan Divisi Technical. Divisi Marketing dan Technical bertugas untuk membuat proposal bisnis dan prototype yang nantinya akan dipresentasikan kepada customer dan menjelaskan cara kerja prototype yang telah dibuat untuk ujicoba (trial) oleh customer. Pada kondisi saat ini, Divisi Technical memiliki beban kerja ganda di mana Divisi Technical harus membuat prototype dan menjelaskannya kepada konsumen, namun di sisi lain Divisi Technical juga memiliki tugas dalam pebuatan laporan harian. Perbaikan proses bisnis dilakukan dengan menggunakan metode Value Added Assesment. Usulan perbaikan terhadap PT. X antara lain penambahan Divisi Business Development untuk mendampingi Divisi Marketing dalam proses pembuatan proposal bisnis serta presentasi proposal kepada customer. Setelah perbaikan proses bisnis dilakukan, maka langkah selanjutnya merancang SOP. SOP bertujuan untuk membubuhkan aturan, prosedur, dan sistem yang disusun dengan jelas, lengkap, dan rapi. SOP ditampilkan dalam flowchart beserta deskripsi yang menjelaskan prosedur karyawan dalam menjalankan tugasnya yang dirancang terdiri dari SOP Penentuan Proyek, SOP Pengerjaan Proyek, SOP Serah Terima Berita Acara dan Pembayaran.


Keywords


Value Added Assessment, Standar Operational Prosedur, SOP

References


Damelio, Robert. 1996. The Basics of Process Mapping.

Griffin, Ricky W. Dan Ronald J. Ebert, Business. Jakarta: Erlangga, 2008.

Hammer, Michael dan James Champy. 1993. Reengineering the Coorporation: “A Manifesto For Business Revolutionâ€. New York: Harper Collins Publisher.

Hammer, Michael dan James Champy. 1995. Rekayasa Ulang Perusahaan, Edisi Kedua, Terjemahan Marcus Pritimindo Widodo. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Harrington, H. James. 1991. “Business Process Improvement, The Breakthrough Strategy for Total Quality, Productive and Competitivenessâ€. USA: Mc Graw-Hill, Inc.

Handayaningrat, Soewarno. 2007. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta: PT. Gunung Agung.

Hartatik, Indah Puji. 2014. Buku Pintar Membuat S.O.P (Standard Operating Procedure). Jogjakarta: Flashbooks.

Stup, Richard. 2001. Standard Operating Procedure : A Writing Guide. Dairy Alliance. Penn State University. http://dairyalliance.psu.edu/pdf/ud011.pdf

Tathagati, A. 2013. Step by Step Membuat SOP. Jakarta, Indonesia: Efata Publishing.

Weske, Mathias. 2007. Business Process Management: Concept, Languages, Architecture. New York: Springer.

P, Arnina, dkk. 2016. Langkah-langkah Efektif Menyusun SOP (Standard Operating Procedure). Depok, Indonesia: Huta Publisher

Nuraini, Fajar. 2016. Pedoman Praktis Menyusun Standard Operating Procedure. Yogyakarta: Quadrant.

Sailendra, Annie. 2015. Langkah-Langkah Praktis Membuat Standart Operating Procedures. Yogyakarta: Maiestas Publishing.

Sidauruk, Ferry. 2012. Tesis “Peningkatan Proses Bisnis Pada Unit Perakitan Kartu Seluler Dengan Menggunakan Pendekatan Model-Based And Integrated Process Improvement (MPI)â€. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.7764

Flag Counter    Â