Perancangan Fasilitas Kerja Ergonomis pada Stasiun Kerja Proses Som Kaos Kaki (Studi Kasus : Cv. Surya Jaya)

Chicha Nursagita, Eri Achiraeniwati, Yanti Sri Rejeki

Abstract


CV. Surya Jaya merupakan industri garmen yang memproduksi berbagai macam kaos kaki yang berlokasi di Kota Cimahi. Proses pembuatan kaos kaki melalui 6 (enam) stasiun kerja yaitu pemintalan, pemotongan, pengobrasan, proses som, pengovenan dan pengemasan. Berdasarkan hasil wawancara, diketahui bahwa terdapat keluhan pada operator stasiun kerja proses som, sehingga dilakukan penyebaran kuesioner Nordic Body Map untuk mengetahui tingkat keluhan yang dirasakan operator. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa keluhan tertinggi terjadi pada leher, bahu dan punggung. Berdasarkan hal itu, maka perlu dilakukan perbaikan rancangan fasilitas kerja. Metode yang digunakan dalam perbaikan rancangan ini adalah metode Antropometri, yaitu metode yang berkaitan dengan pengukuran dimensi tubuh manusia. Hasil rancangan fasilitas kerja tersebut yaitu adanya penambahan area penyimpanan kaos kaki diatas meja yang dapat dilipat, pijakan lebih luas untuk penyimpanan pedal mesin som serta tambahan alas penyimpanan benang. Kursi dibuat lebih nyaman dengan menambahkan sandaran dan alas duduk yang dilengkapi busa serta ketinggian kursi yang dapat diatur. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan fasilitas kerja yang dapat mengurangi keluhan operator.


Keywords


Fasilitas kerja, Nordic Body Map, Antropometri

References


Ahmad, Ilman dkk. 2013. Rancangan Perbaikan Sistem Kerja dengan Metode Quick Exposure Check (QEC) di Bengkel Sepatu X di Cibaduyut. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional.

Nurmianto, Eko. 1991 Ergonomi Konsep Dasar Dan Aplikasinya Edisi Pertama. Jakarta: PT. Candimas Metropole.

Nurmianto, Eko. 2008. Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya Edisi Kedua. Surabaya : PT Guna Widya.

Roebuck, J., 1995. Anthropometric Methods: Designing to Fit the Human Body. USA: Human factors and Ergonomics Society.

Santoso, G. 2004. Ergonomi Manusia, Peralatan dan Lingkungan. Cetakan I. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Susihono, Wahyu. 2012. Perbaikan Postur Kerja Untuk Mengurangi Keluhan Musculoskeletal Dengan Pendekatan Metode OWAS (Studi Kasus Di UD. Rizki Ragil Jaya - Kota Cilegon). Serang: Spektrum Industri Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Sutalaksana, dkk. 2006. Teknik Perancangan Sistem Kerja. ITB. Bandung.

Tarwaka., dkk. 2004. Ergonomi untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Produktivitas. Surakarta: UNIBA Press.

Wignjosoebroto, S., Gunani, S., & Pawennari, A. 2000. Analisis Ergonomi Terhadap Rancangan Fasilitas Kerja pada Stasiun Kerja di Bagian Skiving dengan Antropometri Orang Indonesia (Studi Kasus di Pabrik Vulkanisir Ban). Publikasi Ilmiah : Fakultas Teknologi Industri. ITS. Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.7719

Flag Counter    Â