Meningkatkan Kualitas Bahan Baku Kulit dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA)

Hesty Rahayu Lestari

Abstract


Abstract. Competition in the business nowaday is increasingly tight. It is also perceived by leather business doers like PT Elco Sejahtera Indonesia. There are many similar businesses that sprung up with their own characteristic. In order to make the customer satisfied and does not move to another place, then the company should know the factors that affect the customer satisfaction. The customer satisfaction can be created through the price, the quality product and the service quality. Specifically, the research discusses the quality product toward the customer satisfaction. The final study was conducted in Elco PT Sejahtera Indonesia, a company that manufactures leather raw materials. The problems at the company today is the quality of leather raw materials to consumer satisfaction, causing differences in the assessment of each person. To overcome the current problems can using Importance Performance Analysis (IPA), which is to measure the level of satisfaction and the interests of consumers against the leather products from PT Elco Sejahtera Indonesia also known as quadrant analysis. The selection using the IPA will involve assessment of people who are consumers Elco PT Sejahtera Indonesia. The purpose of this study was to identify the factors of quality leather products PT Elco Sejahtera Indonesia, to measure the level of satisfaction and the interests of consumers against skin products PT Elco Sejahtera Indonesia using Analysis Importance Performance (IPA), to implement the Importance Performance Analysis (IPA ) at the company, as well as suggested improvements by using Standard Operating Procedure (SOP) to the company in order to achieve an increase in consumer relations. This research was conducted in Jalan Jalan Ahmad Yani or Gagaklumayung, Sukaregang Garut. Respondents were used by 50 respondents. The results showed that all factors tested the positive and significant impact on customer satisfaction through Importance Performance Analysis


Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor kualitas produk kulit PT Elco Sejahtera Indonesia, untuk mengukur tingkat kepuasan dan kepentingan konsumen terhadap produk kulit PT Elco Sejahtera Indonesia dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA), untuk menerapkan metode Importance Performance Analysis (IPA) di perusahaan, serta mengusulkan perbaikan dengan menggunakan SOP (Standard Operating Procedure) kepada perusahaan demi tercapainya peningkatan hubungan konsumen. Penelitian ini dilakukan di Jalan Ahmad Yani atau Jalan Gagaklumayung, Sukaregang Garut. Responden yang digunakan sebanyak 50 responden. PT Elco Sejahtera Indonesia merupakan perusahaan yang memproduksi bahan baku kulit. Permasalahan pada perusahaan ini yaitu kualitas bahan baku kulit terhadap kepuasan konsumen sehingga menimbulkan perbedaan penilaian dari setiap orang. Untuk mengatasi permasalahan saat ini dapat menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) yang merupakan suatu untuk mengukur hubungan antara performance dan importance yang dikenal pula sebagai quadrant analysis. Pemilihan dengan menggunakan metode IPA akan melibatkan penilaian dari orang-orang yang merupakan konsumen PT Elco Sejahtera Indonesia. Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam penilaian kualitas produk meliputi menyebarkan kuesioner kepada konsumen PT Elco Sejahtera Indonesia, sehingga untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi penurunan kualitas produk digunakan metode Importance Performance Analysis. Kualitas produk adalah variabel paling penting dalam mempengaruhi kepuasan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. 


Keywords


product quality, the consumer satisfaction, importance performance analysis (IPA), SOP (Standard Operating Procedure)

References


Edwin Amanullah “Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Loyalitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Wingko Babat “NN MENIKO”,”Jurnal, Universitas Diponegoro. Semarang. 2013

Engel, J.F.; et al, (1990); Customer Behavior, 6^th ed, Chicago : The Dryden Press.

Kotler, Armstrong. (1996:274). Pengertian Produk diakses dari http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/07/produk-definisi-klasifikasi-dimensi_30.html pada tanggal 27 November 2016

Martilla, John.A; James, John.C, 1977, “Importance-Performance Analysis”, Journal of Marketing (pre-1986), 41, 1.

Mowen, John, C dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga.

Priyono, Eddy. 2006, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Memilih Kafe di Kota Surakarta”, Jurnal Ilmiah dan Ilmu Ekonomi Vol 10. No.1. 47-62. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sumarwan, Ujang. 2002. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Tambunan, Tulus T.H. 2004. Globalisasi dan Perdagangan Internasional. Jakarta: Ghalia Indonesia

Utami, Christina Whidya. 2005, Manajemen Riset Strategi dan Implikasi Riset Modern, Salemba Empat, Jakarta.




Flag Counter