Perancangan Kompensasi dengan Menggunakan Metode Hay Guide Matriks Elements (Studi Kasus : PT. Smartelco Solusi Teknologi)

Yoris Indrayana, M. Dzikron A. M., Dewi Shofi Mulyati

Abstract


Abstract. Compensation is an important factor affecting how and why people choose to work at a organization. PT Smartelco must be reasonably competitive and fair compensation to attract and retain competent employees. Because in the previous three periods of increased staff turnover and dissatisfaction are employees of the bonus compensation received. Hay Guide Matrix Elements method can be used in the method of job evaluation. Through this method each position judged on its content to help create internal equity. In the method of Hay Guide Matrix Elements, positions are evaluated starting from input (Know-How), processes (Problem Solving) and its output (Accountability). The value of this job evaluation results form the basis of job worth hierarchy that is useful for developing a system of compensation.


Abstrak. Kompensasi merupakan faktor penting yang mempengaruhi bagaimana dan mengapa orang memilih bekerja di suatu perusahaan. PT Smartelco harus mempunyai sistem kompensasi yang adil dan bersaing untuk menarik dan mempertahankan karyawan yang kompeten. Karena pada tiga periode sebelumnya terjadi peningkatan turn over karyawan dan terdapat ketidakpuasan karyawan terhadap kompensasi bonus yang diterima. Metode Hay Guide Matriks Elements dapat digunakan dalam metode evaluasi jabatan. Melalui metode ini setiap jabatan dinilai berdasarkan content-nya untuk membantu membuat internal equity. Pada metode Hay Guide Matriks Elements, jabatan dievaluasi dimulai dari input (Know-How), proses (Problem Solving) serta output-nya (Accountability). Nilai hasil evaluasi jabatan ini menjadi dasar penyusunan job worth hierarchy yang berguna untuk menyusun sistem kompensasi.


Keywords


Compensation, Hay Guide Matriks Elements

References


Admin., 2003, Memahami Hay Job Evaluation http://dokumen.tips/documents/memahami-hay-job-evaluation-55a0d0289373e.html

Bandung.

Bitner, M. J. dan Zeithaml, V. A., 2003. Service Marketing. 3rd ed. New Delhi : Tata McGraw Hill.

Dessler, G., 1997. Human Resource Management . 7rd ed. Jakarta

Hariyanto, Bambang., 2004. Sistem Manajemen Basis Data, Informatika.

Hasibuan, Malayu S.P. ed., 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu S.P., 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi.

Heidjrahman dan Suad Husnan., 2000. Manajemen Personalia.Yogyakarta: BPFE Jakarta : Bumi Aksara.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller., 2006. Marketing Management, London : Pearson Education Inc.

Lovelock, Christopher., 2004. Service Marketing and Management. New

Mangkunegara., Anwar., dan Prabu., 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya.

Mangkunegara., dan Anwar Prabu. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan Ketiga. Bandung: Rosdakarya.

Mathis, Robert L, dan Jackson, John H., 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Salemba Empat.

Mathis, Robert L., dan Jackson, John H., 2006. Manajemen Suntber Daya Manusia. 10rd ed. Jakarta : Salemba Empat.

Panggabean., dan Mutiara., S., 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Cetakan Pertama. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Prasetya, Hery dan Fitri Lukiastuti ., 2009. Manajemen Operasi. Jakarta : PT.Buku Kita.

Rakhmat Ceha., 2000. Job Evaluation Untuk Jenis ekerjaan Engineering Dengan Menggunakan Metode Hay. Fakultas Tenik Unisba.

Render, Barry dan Jay Heizer., 2001. Prinsip - prinsip Manajemen Operasi. Jakarta : Salemba Empat.

Rival., dan Veithzal. 2004. Dari Teori ke Praktek. Jakarta: Rajawali Pers

Ruky, A.S., 2002. Manajemen penggajian dan pengupahan untuk karyawan perusahaan. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Schroeder, Roger G., 2000. Operations Management. International ed. Boston : Mc Graw-Hill Companies, Inc.

Sigit Winarno dan Sujana Ismaya., 2007. Kamus Besar Ekonomi. Bandung: Pustaka Grafika

Sihotang, A. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Pradnya Paramita.

Stoner, James A.F., 2006. Management.

Subagyo, Pangestu., 2000. Riset Operasi. Yogyakarta : BPFE.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra., 2005. Manajemen Kualitas Jasa. Yogyakarta : ANDI

Turban, E., Rainer, R.K. dan Potter, R.E., 2003 Introduction to Information Technology. New Jersey

Turner, Wayne C.,1993. Introduction To Industrial Engineering Prentice. USA : Half, Inc.

Yohanes, Yahya., 2006. Pengantar Manajemen. Yogyakarta : Graha Ilmu




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.6304

Flag Counter    Â