Perancangan Strategi Pemasaran CV.Batik Sekar Putri Kota Cimahi dengan Menggunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM)

Riesca Tresna Rhamdiani, M. Dzikron A. M, Djamaluddin Djamaluddin

Abstract


Abstract. In establishing marketing strategy, the priority in establishing policies to achieve the target set is to have a marketing strategy that is reliable and dynamic. Management is reliable and dynamic are required to take advantage of opportunities and anticipate threats that affect the sustainability of the company. CV. Batik Sekar Putri is one of the industrial enterprises and developers batik in Cimahi City. The results of sales turnover CV. Batik Sekar Putri decreased from 3 (three) years, wihich are caused section marketing management system is not maximized and the recognition that the product of the CV. Batik Sekar Putri is comparatively high but giving priority to quality. CV. Batik Sekar Putri  is the one of famous batik company in Cimahi certainly has some competitors who sell the same product making it possible to have the effect of competitors which led to decreased sales turnover. Based on this research aims to identify the causes for the decline of sales turnover CV. Batik Sekar Putri and formulate the appropriate marketing strategy for the CV. Batik Sekar Putri obtained from methods Quantitative Strategy Planning Matrix (QSPM). Some methods that can be used in the design of marketing strategies that are the SWOT analysis and QSPM Method. SWOT Analysis which includes efforts to identify the strengths, weaknesses, opportunities, and threats that determine the performance of companies and destinations QSPM is to establish the attractiveness of the relative (relative attractiveness) of strategies varied that have been, to determine strategy which is considered the most good to implement. The results obtained from this research is the strategy to be applied by the company to improve marketing, customer satisfaction and sales.

 

Abstrak. Dalam menetapkan strategi pemasaran, hal yang menjadi prioriotas dalam menetapkan kebijakan untuk mencapai target yang ditetapkan adalah memiliki strategi pemasaran yang handal dan dinamis. Manajemen yang kuat, handal dan dinamis dituntut untuk dapat memanfaatkan peluang dan mengantisipasi ancaman yang berakibat terhadap kesinambungan perusahaan. CV. Batik Sekar Putri merupakan salah satu perusahaan industri pengrajin dan pengembang batik di Kota Cimahi. Hasil omset penjualan CV. Batik Sekar Putri mengalami penurunan dari 3 (tiga) tahun terakhir yang disebabkan, pada bagian sistem manajemen pemasarannya yang belum maksimal dan diakuinya bahwa produk dari CV. Batik Sekar Putri memang terhitung tinggi tapi mengedepankan kualitas. CV. Batik Sekar Putri sendiri sebagai salah satu perusahaan batik ternama di Kota Cimahi yang tentunya memiliki beberapa pesaing yang menjual produk yang sama sehingga memungkinkan memiliki pengaruh dari pesaing yang menyebabkan omset penjualan menurun. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab penurunan dari omset penjualan CV. Batik Sekar Putri dan merumuskan strategi pemasaran yang tepat bagi CV. Batik Sekar Putri yang diperoleh dari metode Quantitative Strategy Planning Matrix (QSPM). Namun dari beberapa metode yang dapat digunakan dalam perancangan strategi pemasaran yang terpilih yaitu analisis SWOT dan metode QSPM. Analisis SWOT (SWOT analysis) yakni mencakup upaya-upaya untuk mengenali kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang menentukan kinerja perusahaan dan tujuan QSPM adalah untuk menetapkan kemenarikan relatif (relative attractiveness) dari strategi-strategi yang bervariasi yang telah dipilih, untuk menentukan strategi mana yang dianggap paling baik untuk diimplementasikan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu perancangan strategi yang akan diterapkan perusahaan untuk meningkatkan pemasaran, kepuasan konsumen dan penjualan.


Keywords


Quantitative Strategy Planning Matrix (QSPM), SWOT (SWOT analysis).

References


Alma Buchari.2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Jakarta: Alfabeta

Asti, Musman & Arini Ambar. 2011. Warisan Adiluhung Nusantara.Yogyakarta: Andi.

Basu Swastha.2000. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty

Boyd, Harper Walker. 2000. Manajemen pemasaran, Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga

Chandra, Gregorius. 2005. Strategi dan Program Pemasaran. Yogyakarta : Andi.

David, Fred. 2009. Strategic Management, Manajemen Strategis Konsep. Jakarta : Salemba Empat.

George Terry. 2012. Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara

Husein Umar. 2008. Strategi Management in Action. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 diterjemahkan Bob Sabran. Jakarta : Erlangga

Lisbijanto Herry. 2013. Batik.Yogyakarta: Graha Ilmu

Philip Kotler, Gary Armstrong, 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Rangkuti, Freddy. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, cetakan keduabelas. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.6283

Flag Counter    Â