Perancangan Sistem Informasi Pembelian Barang di PT. Surti Karya Perdana

Mochammad Fauzy Herawan, Aswardi Nasution, Djamaludin Djamaludin

Abstract


Abstract. In the event the purchase of goods, the company chose a supplier who can supply the goods with the price and quality according to production requirements, which the company already has a relationship with our suppliers as business partners. However, PT. Surti KP in its business activities, not using computer-assisted, but still the manual way, one of them in the activities of the purchase of goods and also the flow of information on the activities of purchasing these items have not been right. The goal is based on the existing problems that align information systems with the existing system, resulting in process flow and data flow that fits perfectly on the purchase of goods in the PT. Surti KP, thus providing useful information, in order to progress to come. System Development Life Cycle (SDLC) is a phased approach to the analysis and design of which states that the best system is developed through the use of specialized business cycle analysts and users. With the state of the process of purchasing goods information systems major obstacles in the process of recording and archiving evidence of transactions and report generation are still done manually, using paper and documents that allows for damaged, missing and hard to find. So with the problems it is, needs to be improved by way of depiction of the flow of appropriate data and the right to create a system to record and archive the transaction receipt and report generation system that computerized using the database, it is expected to improve the flow of information to be effective and efficient. The report generated from each section run in accordance with the process flow of data so that information can be conveyed clearly.

 

Abstrak. Pada kegiatan pembelian barang, perusahaan memilih supplier yang dapat menyediakan barang dengan harga dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan produksi, dimana perusahaan sudah memiliki hubungan dengan para supplier sebagai mitra usaha. Akan tetapi, PT. SURTI KP dalam kegiatan bisnisnya, belum menggunakan bantuan komputer melainkan masih dengan cara manual, salah satunya dalam kegiatan pembelian barang dan juga aliran informasi dari kegiatan pembelian barang ini belum tepat.Tujuan yang ingin dicapai berdasarkan permasalahan yang ada yaitu menyelaraskan sistem informasi dengan sistem yang telah ada, sehingga menghasilkan aliran proses dan aliran data yang sesuai dan tepat pada bagian pembelian barang di PT. SURTI KP, sehingga memberikan informasi yang bermanfaat, guna kemajuan yang akan datang. System Development Life Cycle(SDLC) adalah pendekatan bertahap untuk analisis dan desain yang menyatakan bahwa sistem yang terbaik yang dikembangkan melalui penggunaan siklus kegiatan khusus analis dan pengguna. Dengan keadaan proses sistem informasi pembelian barang terdapat kendala dalam proses pencatatan dan pengarsipan bukti transaksi serta pembuatan laporan yang masih dilakukan secara manual, yaitu menggunakan kertas dan dokumen yang memungkinkan untuk rusak, hilang dan susah untuk dicari. Sehingga dengan adanya permasalahan tersebut maka, perlu dilakukan perbaikan dengan cara penggambaran aliran data yang sesuai dan tepat dengan membuat sistem pencatatan juga pengarsipan bukti transaksi serta pembuatan laporan dengan sistem yang komputerisasi menggunakan database, hal tersebut diharapkan bisa memperbaiki proses aliran informasi menjadi efektif dan efisien. Laporan yang dihasilkan dari setiap bagian berjalan sesuai dengan proses aliran data sehingga informasi dapat tersampaikan dengan jelas.


Keywords


Information System, System Development Life Cycle (SDLC),Database

References


Fatta, H. A. (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: Andi.

George, M. S. (2001). Prinsip-Prinsip Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Mc. Graw-Hill, inc.

Jogiyanto, H. (2009). Analisa dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.

Kendall, K. E. (2013). Systems Analysis and Design 8th ed. USA: Pearson Education, Upper Saddle River, New Jersey.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.4873

Flag Counter    Â