MAKSIMASI THROUGHPUT PRODUK GARMEN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN THEORY OF CONSTRAINT (STUDI KASUS: CV SUHO GARMINDO)

Laelani Rusydina Sabila, Chaznin Muhammad

Abstract


CV Suho Garmindo, perusahaan garmen, mengalami permasalahan dalam memperoleh throughput maksimal yang disebabkan karena terbatasnya kapasitas yang dimiliki perusahaan. Untuk itu, dilakukan evaluasi dan perbaikan dengan pendekatan Theory of Constraint (TOC). Langkah-langkah TOC yang digunakan pada CV Suho Garmindo adalah identifikasi constraint, eksploitasi constraint, subordinasi sumber lainnya, dan elevasi constraint. Pada kegiatan produksi dresslim, kemeja koko, dan kerudung, ditemukan constraint yaitu kapasitas pada stasiun kerja sewing. Constraint tersebut dieksploitasi dengan memanfaatkan stasiun kerja sewing secara optimal  menggunakan metode Linear Programming. Dari hasil perhitungan Linear Programming, didapatkan bahwa dengan kapasitas yang dimilikinya, CV Suho Garmindo akan memperoleh throughput maksimal sebesar Rp 17.999.840 jika memproduksi 265 pcs dresslim, 15,77 pcs kemeja koko, dan 480 pcs kerudung. Hasil eksploitasi tersebut ditinjau dengan pendekatan penjadwalan untuk mengetahui terdapat constraint baru atau tidak. Dengan jumlah produksi yang telah diketahui dan dengan menerapkan metode penjadwalan First Come First Serve (FCFS), CV Suho Garmindo menghadapi constraint baru sehingga harus dilakukan perbaikan terhadap constraint tersebut. Metode penjadwalan diubah menjadi metode penjadwalan Campbell, Dudek, and Smith (CDS) dengan menerapkan penjadwalan batch proses tidak sama dengan batch transfer. Hasil perbaikan constraint menunjukkan nilai makespan yaitu 28589,54 menit masih lebih besar dari kapasitas tersedia yaitu 28080 menit. Saran yang dapat diberikan, yaitu menerapkan jam lembur sejumlah kebutuhan atau menambahkan jumlah mesin pada sumber constraint dengan potensi throughput mencapai 59,52% lebih tinggi dari throughput semula.

Keywords


Theory of Constraint (TOC), Linear Programming, Campbell Dudek and Smith (CDS)

References


Atkinson, A. A., Banker, R. D., Kaplan, R. S., dan Young, S. M. 1997. Management Accounting. 2nd Edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Baker, Kenneth R. 1974. Introduction to Sequencing and Scheduling. Canada: John Wiley & Sons, Inc.

Bedworth, D. D. dan Bailey, J. E. 1987. Integrated Production Control System. Canada: John Wiley & Sons, Inc.

Dettmer, H. William. 1997. Goldratt's Theory of Constraints: A Systems Approach to Continuous Improvement. Wisconsin: ASQ Quality Press.

Dimyati, T. T., dan Dimyati, A. 1992. Operation Research Model-Model Pengambilan Keputusan. Bandung: CV. Sinar Baru.

Fogarty, D. W., Blackstone, J. H., dan Hoffmann, T. R. 1995. Production and Inventory Management. Ohio: South-Western Publishing Co.

Gasperz, Vincent. 1998. Production Planning and Inventory Control Berdasarkan Pendekatan Sistem MRP II dan JIT Menuju Manufakturing 21. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ginting, R. 2009. Penjadwalan Mesin. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hansen, D. R. dan Mowen, M. M. 2000. Manajemen Biaya: Akuntansi dan Pengendalian. Edisi Pertama. Buku Satu. Jakarta: Salemba Empat.

Horngren, C. T., Datar, S. M., dan Foster, George. 2009. Cost Accounting: A Managerial Emphasis, 13th edition. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Morton, T. E., dan Pentico, D. W. 1993. Heuristic Schedulling Systems. Canada: John Wiley & Sonc, Inc.

Narasimhan, S. L., McLeavey, D. W., dan Billington, P. J. Production Planning and Inventory Control. Second Edition. 1995. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Nurwidiana dan Syakhroni, Akhmad. 2010. Upaya Maksimasi Keuntungan Melalui Penentuan Volume Produksi Pada Industri Konveksi di Pekalongan dengan Menggunakan Metode Theory of Constraint (TOC). [Online]. Semarang: Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Pinedo, Michael. 2002. Scheduling (Theory, Algorithms, and Systems). Second Edition. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

P. Mikkel dan Groover. 1987. Automation Production System and Computerized Integrated Manufacturing. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Sutalaksana, I. Z., Anggawisastra, R., dan Tjakraatmadja, J. H. 2006. Teknik Perancangan Sistem Kerja. Edisi Kedua. Bandung: Penerbit ITB.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.265

Flag Counter    Â