Perancangan Perbaikan Kualitas Pelayanan Jasa Transportasi untuk Kepuasan Planggan dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment

Rahmat Hidayat, Yan Orgianus, Asep Nana Rukmana

Abstract


Abstract. Along with the increasing competition in the transportation world today, companies are required to have a competitive advantage in order to survive so that they become a quality company. The problems faced by X Trans are such as facilities and then the departure time is not right with the predetermined schedule. Identify service quality variables and customer expectations as well as service variables that must be prioritized in X Trans so that it can be seen the quality of service provided to customers. Designing service quality improvements in X trans based on QFD. Based on the dimensions of TERRA, namely, Strategic X Trans Lay Tangibles, spacious and comfortable luggage, clean and comfortable vehicles. Empathy affordable ticket prices. The reliability of the vehicle does not break down, the clarity of the information provided, the departure on time. Responsiveness is available a stop (Rest Area), special facilities for consumers are available, promos are available for loyal consumers and Assurance of friendly drivers and employees, drivers are not reckless. The QFD method in the first phase of transportation service attribute products forms a matrix row and technical characteristics form a matrix column, Each matrix cell shows a potential relationship between technical characteristics and consumer needs, the second phase components At this stage the technical characteristics will change into needs and component characteristics to form a matrix column, The third phase of the process of transportation service processes is obtained by direct observation of the sequence of service processes carried out by X Trans and the fourth phase in this production planning matrix contains information about the resource requirements needed to be able to create a production planning matrix. So the conclusion is to increase Personality quality & employee skills, perform car maintenance so that the car remains in good condition, Increase clarity of information and reservations, improve facilities and maintain cleanliness, maintain ticket prices provided, relocating strategic company locations and maintaining optimal working hours.

Keywords: Quality of X Trans transportation services, Quality Function Deployment (QFD).

Abstrak. Seiring dengan meningkatnya persaingan dunia transportasi saat ini, perusahaan dituntut untuk memiliki keunggulan kompetitif agar dapat bertahan sehingga menjadi perusahaan yang berkualitas. Permasalahan yang di hadapi X Trans yaitu seperti fasilitas kemudian waktu keberangkatan  tidak tepat dengan jadwal yang telah ditentukan. Mengidentifikasi variabel kualitas layanan dan harapan pelanggan serta variabel layanan yang harus diprioritaskan di X Trans sehingga dapat diketahui kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Merancangan perbaikan quality layanan di X trans berdasarkan QFD. Berdasarkan dimensi TERRA yaitu, Tangibles Letak X Trans yang Strategis, Bagasi luas dan nyaman, Kendaraan bersih dan nyaman. Empathy harga tiket terjangkau. Reliability kendaraan tidak mogok, kejelasan informasi yang diberikan, keberangkatan tepat waktu. Responsiveness tersedia tempat berhenti (Rest Area), tersedia fasilitas khusus konsumen, tersedia Promo bagi konsumen yang loyal  dan  Assurance supir dan karyawan ramah, Supir tidak ugal-ugalan. Metode QFD fase pertama produk atribut jasa transportasi membentuk baris matriks dan karakterisitik teknis membentuk kolom matriks, Setiap sel matriks menunjukan hubungan potensial diantara karakteristik teknis dengan kebutuhan konsumen, fase kedua komponen Pada tahap ini karakteristik teknis akan berubah menjadi kebutuhan dan karakteristik komponen membentuk kolom matriks, fase ketiga proses proses pelayanan jasa transportasi yang didapatkan dengan pengamatan secara langsung mengenai urutan proses pelayanan jasa yang dilakukan oleh X Trans dan fase keempat dalam matriks perencanaan produksi ini terdapat informasi mengenai kebutuhan sumber daya yang dibutuhkan untuk dapat membuat matrik perencanaan produksi.Maka kesimpulannya yaitu meningkatkan kualitas kepribadian & keterampilan Karyawan, melakukan perawatan mobil sehingga mobil tetap keadaan baik, Meningkatkan kejelasan informasi dan pemesanan, meningkatkan fasilitas dan menjaga kebersihan, mempertahankan harga tiket yang disediakan, melakukan pemindahan letak perusahaan yang strategis dan mempertahankan waktu jam kerja yang sudah optimal.

Kata Kunci: Kualitas pelayanan jasa transportasi X Trans, Quality Function  Deployment (QFD).


Keywords


Kualitas pelayanan jasa transportasi X Trans, Quality Function Deployment (QFD).

Full Text:

PDF

References


Christopher Lovelock, Jochen W, Jaky M., 2010 Pemasaran Jasa Jilid I Diterjemahkan dari bahsa inggris oleh Dian W, Devri B P, Penerbit Erlangga.

Ficalora J P., & Cohen L. 2010. Quality Function Deployment and Six Sigma: A QFD Handbook (2nd ed). [e-book] United States: Prentice Hall. Tersedia pada: B-ok.org . [Diakses 18 April 2018].

Mc Leod, R. 2007. Management Information Systems. 10th.ed., Upper Saddle River: Pearson Education.

Malhorta,N.K., 2009. Riset Pemasaran Pendekatan Terapan Jilid 1. Jakarta: permata puri media.

Purdiansyah,R, 2016. Pengertian Sejarah dan Manfaat SPSS. Program Statistik SPSS.[blog]12augustus.Tersediapada:[Diakses 14 desember 2018].

John Wiley & Sons, Inc., Publication, 2008. Fundamentals of quality control and improvement. Printed in the United States of America: USA.

John Wiley & Sons, Ltd, 2007,†Service Management and Marketing, Wiley, England.

Suparman. 2008. Mungkinkah Model “Servqual†di Terapkan di Pelayanan Kesehatan. Dalam Warta Widyaiswara,Edisi Desember 2008.

Sugiyono, 2012, “ Memahami Penelitian Kualitatifâ€, Bandung, ALFABET

Rosnani Ginting, 2010, “ Perancangan Produk.Graha ilmu, Yogyakarta

Rahardjo Adisasmita, 2015,â€Analisis Kebutuhan Transportasi, Garaha ilmu, Yogyakarta

Tony Wijaya. 2018 Manajemen Kualitas Jasa, indeks, Jakarta barat.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v7i1.26355

Flag Counter    Â