Perancangan Strategi Perbaikan Kinerja pada K.Industries Menggunakan Pendekatan 4 Persfektif Balance Scorecard

M Ilham Maulana, Rakhmat Ceha, Hirawati Oemar

Abstract


Abstract. Since ASEAN Economic Community (AEC) take place, competition in business are more and more strict. So that the company can survive, the company has to compete with local company and foreign company. The purpose of this research are to find out what is indicators that can use for measurant of company performance, determine the starategic initiative and give program proposals for company activities. Performance measurement in a company have purpose for knowing achievment of company devlopment. By knowing condition that occur of company then the company can make improvement and make steps of improvement. This research uses Balance Scorecard method. In 1990, Robert Kaplan and David Norton introduced this method at Harvard Business School. Balance Scorecard complete management with work design when describe vision and strategy into intergrated system that contsist for 4 perspectives they are financial perspective, costumer perspective, internal business perspective and learning and grotwh perspective.K.Industries established in 2003 and it is a company which engaged in the field of industrial manufacturing where it produces many kind of bag types (Backpack, Totebag, Satchel, Shoulder Bag, Sling Bag, etc). In the past 3 years, incame of company decreased and operating expenses of company increased every years while the sale more and more decreased. This method used as counterweight between financial and non-financial also long term performance and short term performance of organization. In this research is used 3 steps of strategic planning, that is formulation of strategy, planning and drafting of program. Every step can produce 9 strategy formulations, 8 strategy targets, also 8 activity proposals which for upgrade company performance.

Keywords: Balance Scorecard, Company Performance, Performance measurement.       

 

Abstrak. Sejak Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) berlangsung, persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat. Agar perusahaan dapat bertahan maka perusahaan harus mampu bersaing dengan perusahaan lokal maupun perusahaan asing. Tujuan dari penelitian ini adalah guna mengetahui apa saja indikator yang dapat digunakan untuk pengukuran kinerja perusahaan, menentukan inisiatif strategik, serta memberikan usulan program bagi aktivitas perusahaan. Pengukuran kinerja dalam sebuah perusahaan bertujuan untuk mengetahui pencapaian dari perkembangan perusahaan tersebut. Dengan mengetahui kondisi yang terjadi pada perusahaan maka perusahaan dapat melakukan perbaikan dan melakukan langkah-langkah perbaikan.Penelitian ini menggunakan metode balance scorecard, pada tahun 1990 Robert Kaplan dan David Norton memperkenalkan metode ini di Harvard Business School. Balance scorecard melengkapi manajemen dengan rancangan kerja dalam menjabarkan visi dan strategi ke dalam sebuah sistem yang terhubung, terdiri dari empat persfektif berupa: persfektif keuangan, persfektif pelanggan, persfektif proses bisnis dan persfektif pembelajaran pertumbuhan. K.Industries berdiri tahun 2003 dan merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri manufaktur yang memproduksi berbagai jenis tas (Backpack, Totebag, Satchel, Shoulder Bag, Sling Bag, dll). Dalam kurung waktu 3 tahun terakhir perusahaan mengalami penurunan pendapatan dan beban usaha yang dimiliki perusahaan meningkat setiap tahun sedangkan penjualan semakin menurun. Metode ini digunakan sebagai penyeimbang antara finansial dan non-finansial dan kinerja jangka panjang dan jangka pendek suatu organisasi. Dalam penelitian ini hanya digunakan 3 langkah perencanaan strategik yaitu perumusan strategi, perencanaan dan penyusunan program. Dimana setiap langkah tersebut menghasilkan 9 rumusan strategi, 8 sasaran strategi, serta 8 usulan aktivitas guna meningkatkan kinerja perusahaan. 

Kata Kunci: Balance Scorecard, Kinerja Perusahaan, Pengukuran Kinerja.

Keywords


Balance Scorecard, Kinerja Perusahaan, Pengukuran Kinerja

Full Text:

PDF

References


Ariyanto, F. D., Mangesti, D. dan Topowijono., 2016. Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Tolok Ukur Kinerja Perusahaan (Study Pada Pt. Marinal Indoprima), [Online] tersedia pada: http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id

Brahmasari, I. A. dan Suprayetno, A., 2008. Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan (Studi kasus pada PT. Pei Hai International Wiratama Indonesia), [Online] tersedia pada: http://jmk.petra.ac.id

Chandra, I. S., 2010. Analisis Kinerja Universitas Islam Bandung Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard. Sarjana. Universitas Islam Bandung.

Kaplan, R. S. dan David P. Norton., 2000. Balance Scorecard: Menerapkan Strategi Menjadi Aksi, Diterjemahkan oleh Pasla Yosi Peter R., Jakarta: Penerbit Erlangga

Mulyadi, 2014. Sistem Terpadu Pengelolaan Kinerja Personel Berbasis Balanced Scorecard. Yogyakarta : Unit Penerbit dan Percetakan.

Riyana, D. H., 2017. Pengukuran Kinerja Perusahaan Pt Indofood Dengan Menggunakan Balanced Scorecard, [Online] tersedia pada : http://www.Openjournal.unpam.ac.id

Suprihati, 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Perusahaan Sari Jati Di Sragen, [Online] tersedia pada : https://core.ac.uk




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.21241

Flag Counter