Perancangan Strategi Pemasaran Produk Tas Kulit di Kota Bandung dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Strengths, Opportunities, Aspirations, Results (SOAR)

Arman Arman, Nugraha Nugraha, selamat selamat

Abstract


Abstract. The tight fasion business competition requires companies to develop and choose the right strategy. Especially in marketing, many companies rely solely on product excellence, but do not see market share and product marketing strategies. House Of Leather is one of the home industry companies that produce leather bags in the city of Bandung. The sales profit has decreased from the last 3 (three) years, 2015-2017, due to the marketing management system which has not been optimal in determining marketing strategies. The methods that can be used in designing marketing strategies are Importance Performance Analysis (IPA) and Strengths, Opportunities, Aspirations, Results (SOAR) analysis methods, which include efforts to identify strengths, opportunities, aspirations, and results that determine company performance and analysis objectives. Science is to measure the level of satisfaction of someone on the performance of other parties. Someone's satisfaction is measured by comparing the level of expectations with the performance of other parties.

Based on this, this study aims to indicate what factors influence the decline in demand for leather bags in the Company, determine the main priorities that must be improved by the Company based on the Importance Performance Analysis (IPA) method, Determine the right marketing strategy for the Company in accordance with Current competition conditions are based on analysis of Strengths, Opportunities, Aspirations, Results (SOAR).

The results obtained from factors that influence the decline in demand are the lack of cooperation with resellers, have a model and shape of the bag that is not good, the location is less strategic and difficult to reach, the unavailability of parking, must have a large and less comfortable place to receive guests, less more attractive promotions on social and print media, expanded sales distribution, customer service to receive complaints. Furthermore, the main priority that must be improved by the House of Leather Company is the strategic location and easy access to the availability of parking lots, has a spacious and comfortable place to receive guests, more attractive promotions on social media, expanded sales distribution, the availability of customer service to receive complaints. The conclusion obtained in this study is that the right strategy to overcome the declining profits of House of Leather is opening a sales branch with a more strategic place and having parking space, expanding marketing and collaborating with distributors, resellers and consumers, strengthening business relationships while maintaining quality products at affordable prices and increasing promotions and advertisements via print and online.

 

Keywords: Marketing Strategy, Importance Performance Analysis (IPA), SOAR Analysis

 

Abstrak.Ketatnya persaingan bisnis fasion  mengharuskan perusahaan untuk mengembangkan dan memilih strategi yang tepat. Khususnya pada pemasaran, banyak perusahaan yang hanya mengandalkan keunggulan produk saja, tetapi tidak melihat pangsa pasar dan strategi memasarkan produk. House Of Leather merupakan salah satu perusahaan home industry yang memproduksi tas kulit di Kota Bandung. Hasil keuntungan penjualan mengalami penurunan dari 3 (tiga) tahun terakhir yaitu 2015 -2017 yang disebabkan, pada bagian sistem manajemen pemasarannya yang belum optimal dalam menetapkan strategi pemasaran. Metode yang dapat digunakan dalam perancangan strategi pemasaran yaitu Importance Performance Analisys (IPA) dan metode Analisis Strengths, Opportunities, Aspirations, Results (SOAR) yakni mencakup upaya-upaya untuk mengenali kekuatan, peluang, aspirasi, dan hasil yang menentukan kinerja perusahaan dan tujuan Analisis IPA adalah untuk mengukur tingkat kepuasan seseorang atas kinerja pihak lain. Kepuasan seseorang tersebut diukur dengan cara membandingkan tingkat harapannya dengan kinerja yang dilakukan pihak lain.

Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengindefikasiakan faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi terjadinya penurunan permintaan tas kulit pada Perusahaan, menentukan prioritas utama yang harus ditingkatkan oleh Perusahaan  berdasarkan metode Importance Performance Analisys (IPA), Menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk Perusahaan sesuai dengan kondisi persaingan saat ini berdasarkan analisis Strengths, Opportunities, Aspirations, Results (SOAR).

Hasil yang diperoleh dari faktor yang mempengaruhi penurunan permintaan adalah Kurang menjalin kerjasama dengan reseller, memiliki model dan bentuk tas yang kurang bagus, lokasi kurang strategis dan sulit dijangkau, tidak tersedianya lahan parkir, harus memiliki tempat yang luas dan kurang nyaman untuk menerima tamu, kurang promosi yang lebih menarik di media social dan media cetak, pendistribusian penjualan diperluas, tersedianya layanan pelanggan untuk menerima keluhan. Selanjutnya prioritas utama yang harus ditingkatkan oleh Perusahaan House Of Leather adalah Lokasi strategis dan mudah dijangkau Tersedianya lahan parkir, Memiliki tempat yang luas dan nyaman untuk menerima tamu, promosi yang lebih menarik di media sosial, pendsitribusian penjualan diperluas, tersedianya layanan pelanggan untuk menerima keluhan. Kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini diperoleh bahwa strategi yang tepat untuk mengatasi menurunnya keuntungan House Of Leather yaitu membuka cabang penjualan dengan tempat yang lebih strategis dan mempunya lahan parkir, memperluas Pemasaran dan menjalin kerjasama dengan distributor, Reseller dan  konsumen, memperkuat relasi bisnis serja menjaga kualitas produk dengan harga yang terjangkau dan meningkatkan promosi dan iklan via media cetak dan online.

 

Kata kunci: Strategi Pemasaran, Importance Performance Analisys (IPA), Analisis SOAR

 


Keywords


Strategi Pemasaran, Importance Performance Analisys (IPA), Analisis SOAR

Full Text:

PDF

References


Assauri, S. 2013. Manajemen Pemasaran :Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta Rajawali Pers.

Alma, Buchari. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung:

Alfabeta.

David, Fred R., 2011. Manajemen Strategis: Konsep, Edisi Kedua belas ,Jakarta:Terjemahan PT.Indeks

Dr. Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran: Teori dan Implementasi. Banten: Penerbit Andi.

Fandy Tjiptono. 2014. Pemasaran Jasa. Andi : Yogyakarta.

Fandy, Tjiptono. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi

Kedua. Yogyakarta: Andi.

Jogianto Hartono. 2012. Teori Portofolio dan Analisi Investasi, Edisi Kedelapan,

BPFE, Yogyakarta

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. Pronsip-Pronsip Pemasaran. Edisi

Jilid 1. Jakarta : Penerbit Erlangga

Pearce II, John R, dan Robinson Richard B.Jr. (2008). Manajemen Stretegis 10. Salemba Empat : Jakarta

Robbins, p. Stephen, Mary Coulter, 2014. Management twelfth Edition. United

States. Pearson Education Limited

Rangkuti, Freddy.2013. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis

Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka

Stavros, J.M.,Cooperrider, D., & Kelley, L,. 200. Strategic Inquiry With Appreciative Intent: Inspiration to SOAR! Al Practitioner: International Journal of Appreciative Inquiry, Vol .5 No.4, Hal 10-17, November 2003

Tjiptono, F, Gregorius, C dan Andriana, D .2010. Pemasaran Strategik.

Yogyakarta: ANDI




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.20509

Flag Counter    Â