Perancangan Strategi Bisnis untuk Meningkatkan Daya Saing dengan Menggunakan Metode Analisis Swot & Sun-Tzu

Irwan Gunawan, Nugraha Nugraha, Aswardi Nasution

Abstract


Abstrak. Pesaing Rumah Makan Boga Raso berkembang di beberapa tempat, menyebabkan persaingan yang ketat membuat pendapatan berkurang. Penghasilan selama 2 tahun terakhir (Januari 2016 - Desember 2017) cenderung menurun dan tidak stabil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab penurunan pendapatan, desain strategi bisnis dan strategi peningkatan kinerja. Metode yang digunakan adalah SWOT, Balanced Scorecard (BSC), dan Sun-Tzu. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa saran strategi bisnis yang akan diterapkan adalah mengatur jadwal acara promosi (4,85%), memberikan kapasitas ruang makan yang memadai (3,46%), menyajikan makanan khas (3,46%), membuat berbagai paket makanan dan minuman ( 4,69%), daftar ke aplikasi transportasi online (4,15%). Berdasarkan hasil, bahwa strategi prioritas dapat diimplementasikan, a) menentukan jadwal acara promosi,

Kata kunci : SWOT, Balanced Scorecard (BSC), Sun-Tzu.

 

Abstrak. Rumah Makan Boga Raso saat ini menjamur di beberapa tempat, menyebabkan persaingan ketat yang berdampak pada penurunan omset. Omset penjualan Rumah Makan Boga Raso 2 tahun terakhir (Januari 2016 - Desember 2017) cenderung menurun dan tidak stabil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penurunan omset, perancangan yang mendukung strategi bisnis dan perancangan yang mendukung peningkatan kinerja. Metode yang digunakan adalah SWOT, Balanced Scorecard (BSC), dan Sun-Tzu.Hasil penelitian yang diakui strategi bisnis untuk diterapkan perusahaan mengatur jadwal acara promosi (4,85%), menyediakan kapasitas ruang makan yang memadai (3,46%), menyediakan makanan khas (3,46%) membuat berbagai macam menu paket makanan dan minuman (4,69%), dikirimkan ke aplikasi transportasi online (4,15%). Berdasarkan hasil penelitian dapat menyimpulkan strategi prioritas yang dapat diterapkan, a) mengatur jadwal acara promosi, b) membuat berbagai macam menu paket makanan dan minuman, c) menyetujui aplikasi transportasi online , d) memasang informasi menu baru pada spanduk / banner, e) membuat spanduk / spanduk yang menarik dan mudah dilihat.

Kata Kunci: SWOT, Balanced Scorecard (BSC), Sun-Tzu.

Keywords


SWOT, Balanced Scorecard (BSC), Sun-Tzu.

Full Text:

PDF

References


Erlina, 2009. Analisis Kinerja Perusahaan Dengan Metode Balanced Score Card (BSC) Dan SWOT, Jurnal Penelitian Ilmu Teknik Vol. 9 No. 1 Juni 2009, [online] Tersedia pada: https://upnjatim.ac.id [Diakses 10 Januari 2019]

Kaplan, Robert S. dan Norton David P, 2000. Using the Balanced Scorecard as a Strategic Management System. Harvard Business Review.

Paramita, V. Santi, 2011. Mensinergikan Balance Score Card dengan Strategi Bisnis Sun – Tzu dalam Metode Quality Function Deployment, Portofolio, Vol. 8 No.1.

Rangkuti, Freddy, 2013. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Kompas Gramedia.

Retnawati, L. et al. (2018) ‘Perencanaan Strategis Si / Ti Dengan Metode Analisa Swot Dan BSC Untuk Meningkatkan Daya Saing’, 2(3), pp. 135–142.

SF Lee, P Roberts, WS Lau, S. B. (1996) ‘Sun Tzu’ s The Art of War as business excellence evaluation’, Business Process Management Journal, 4(2), pp. 99 113.

Sipayung, Fisca, 2009. Balance Score Card: Pengukuran Kinerja Perusahaan dan Sistem Manajemen Strategis, Jurnal Manajemen Bisnis Vol. 2 No. 1, [online] Tersedia pada: http://repository.usu.ac.id [Diakses 8 November]

Subhan, Ali. (2017) ‘Perumusan Strategi Fakultas Teknik Universitas Suryakancana menggunakan Model Gabungan Balanced Scorecard, Sun-Tzu, Quality Function’, 1, pp. 50–59.

Wahyuni, Sri, 2011. Analisis Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Pada PT. Semen Bosowa Maros. Makassar.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.20009

Flag Counter    Â