Perancangan Arsitektur Sistem Informasi Layanan Administrasi Pasien Berbasis Cetak Biru Pelayanan (Studi Kasus : Klinik dr. Agus Heryanto)

Achmad Jaelani Azizs Irphan, Agus Nana Supena, Otong Rukmana

Abstract


Abstract. Planning activities are an important factor for the service industry as a guide in directing the business needs of organizational strategies needed in the future. dr. Agus Heryanto clinic is a pratama clinic that is focusing on efforts to improve the quality of services, especially patient administration services as a whole is still done manually / conventionally as well as the storage of patient databases that have not been integrated. The methodology used in designing patient administrative service information system architecture is the Framework for the Application of Systems Thinking (FAST) with the Model Driven Development Strategy model. The use of the FAST method in this study is used as a framework in generating priority improvements, depicting current service blueprints and proposed improvements, to produce a design of the patient's administrative service information system architecture. Description of service blueprint is currently used as the basis / reference for problem analysis activities in producing priority improvements described in the PIECES analysis according to performance, information, economy, control, efficiency, and service and causal analysis in producing functional requirements and non-functional requirements of the system. The results of this study are the design of the patient administrative service information system architecture that can be used as a reference / basis for improvement or development of other service information systems (additional features) in the future.

Keywords: Service Blueprint, Framework for the Application of Systems Thinking (FAST), PIECES, Patient Administration Information System Architecture.

 

Abstrak. Kegiatan perencanaan merupakan faktor penting bagi industri jasa sebagai penuntun dalam mengarahkan kebutuhan-kebutuhan bisnis strategi organisasi yang diperlukan di masa mendatang. Klinik dr. Agus Heryanto merupakan sebuah klinik pratama yang sedang berfokus pada upaya perbaikan kualitas pelayanan, khususnya layanan administrasi pasien secara keseluruhan masih dilakukan secara manual/konvensional serta penyimpanan database pasien yang belum terintegrasi. Metodologi yang digunakan dalam perancangan arsitektur sistem informasi layanan administrasi pasien yaitu Framework for the Application of Systems Thinking (FAST) dengan model Strategi Pengembangan Model Driven. Penggunaan metode FAST pada penelitian ini digunakan sebagai kerangka dalam menghasilkan prioritas perbaikan, penggambaran cetakbiru pelayanan (service blueprint) saat ini dan usulan perbaikan, hingga menghasilkan rancangan arsitektur sistem informasi layanan administrasi pasien. Penggambaran cetakbiru pelayanan saat ini digunakan sebagai dasar/acuan kegiatan analisis masalah dalam menghasilkan prioritas perbaikan yang diuraikan ke dalam analisis PIECES sesuai performansi, informasi, ekonomi, kontrol, efisiensi, dan service dan analisis sebab-akibat dalam menghasilkan persyaratan fungsional dan persyaratan non fungsional sistem. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan arsitektur sistem informasi layanan administrasi pasien yang dapat digunakan sebagai acuan/dasar untuk perbaikan atau pengembangan sistem informasi pelayanan lainnya (penambahan fitur) di masa mendatang.

Kata kunci: Cetakbiru Pelayanan, Framework for the Application of Systems Thinking (FAST), PIECES, Arsitektur Sistem Informasi Layanan Administrasi Pasien.

Keywords


Cetakbiru Pelayanan, Framework for the Application of Systems Thinking (FAST), PIECES, Arsitektur Sistem Informasi Layanan Administrasi Pasien.

Full Text:

PDF

References


Al-Bahra Bin Ladjamudin., 2013. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Al Fatta, Hanif. 2007. Analisis & Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Azhar, Susanto., 2003. Sistem Informasi Manajemen. Edisi ke 2. Bandung: CV. Lingga Jaya.

Abdul Kadir. 2014. Pengenalan Sistem Informasi. Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Abdullah., 2014. Perancangan Sistem Informasi Berbasis Website Dengan Menerapkan Metode FAST (Framework For The Applications Of System Thinking) (Studi kasus: Golf Course PT. KIEC). [pdf] Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Tersedia pada: [Diakses 04 Desember 2018].

Bentley, L. D., & Whitten, J. L. 2007. System Analysis Design for the Global Enterprise. 7th. Ed. New York: McGraw-Hill.

Ikram, F., 2017. Perancangan Cetak Biru Layanan Pembayaran Tagihan Payment Point Online Bank (PPOB) dan Biaya Pendidikan Berbasis Mobile Payment di Swamitra Koperasi Sukabumi Student Center. [pdf] Bandung: Universitas Islam Bandung. Tersedia pada: < http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/industri/article/view/8067> Diakses 28 November 2018].

Kertahadi., 2007. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo.

Kotler, P. dan Keller, K. L., 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Indeks, Jakarta.

Lovelock, C. H., Wirtz, J., dan Mussry, J., 2010. Pemasaran Jasa. Jakarta: Erlangga.

Murdick Robert G., Jole E. Ross dan James R. Claggett., 1993. Sistem Informasi untuk Manajemen Modern. Jakarta: Erlangga.

Notoatmodjo, S., 2003. Pengantar Pendidikan dan Ilmu Perilaku Kesehatan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, F., 2014. Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Turban, McLean, Wetherbe. (2004). Information Technology for Management. 4th Edition. Wiley Internasional.

Wahyuni, Sulistiyowati & Khamim., 2015. Pengendalian Kualitas. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Whitten, J.L. & Bentley, L.D. 2007. System Analysis & Design Methods: Sixth Edition. New York: Mc.Graw-Hill.

Wijono, D., 2000. Manajemen Mutu Pelajaran Kesehatan ; Teori, Strategi, dan, dan Aplikasi Vol. 1. Surabaya: Airlangga University Press.

Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D., 2013. Service Marketing, Sixth Edition. America: Mc Graw Hill.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.15755

Flag Counter    Â