Perbaikan untuk Meminimasi Kecacatan Backpack Standard Menggunakan Metode Teorija Resenija Isobretatelskih Zadac (Studi Kasus: Home Industry Kaboa Industries)

Rizky Ananda Gasmir, Yan Orgianus, Dewi Shofi Mulyati

Abstract


Abstract. Kaboa Industries company engaged in the convection manufacture of bags. The problem faced by the company occurred because the number of defective products caused the company losses. The objectives of this research are: (1) Identifying disability whatever happens during product manufacture backpack standard, (2) to identify the factors that cause the occurrence of product defects, (3) Providing and making proposals to repair the right to reduce product defects using TRIZ method. Identification is done by using quality tools that check sheets, Pareto diagrams and fishbone diagrams. Making the proposed improvements TRIZ method is used in accordance with the conditions of the company. (1) Obtained the types of disability is often the case that suturing is not appropriate, broken screen printing, labeling is not appropriate, not appropriate buckle mounting, and stains on the material. (2) The factors that cause disability human factor, machine, method and environment. (3) Proposed improvements in producing guidelines for setting the sewing machine, the use of the tool table screen printing board model slam, a visual warning to the operator, the proposed checking the machine regularly, replacement parts thermocontrol the press machine, washing routine to screen printing, additional air source ventilating fan in the room production, design and arrangement of optimal determination of the number of lights in the production space, draft SOP (Standard Operating Procedure), and the proposed briefing held prior to doing the work.

Keyword: Quality, Quality Tool, TRIZ

Abstrak. Kaboa Industries perusahaan yang bergerak pada bidang konveksi pembuatan tas. Permasalahan yang dihadapi perusahaan terjadi karena banyaknya produk cacat menyebabkan perusahaan mengalami kerugian. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi kecacatan apa saja yang terjadi pada saat pembuatan produk backpack standard, (2) Mengidentifikasi faktor apa saja yang menjadi penyebab terjadinya kecacatan produk, (3) Memberikan dan membuat usulan perbaikan yang tepat untuk mengurangi kecacatan produk dengan menggunakan metode TRIZ. Identifikasi dilakukan dengan menggunakan alat kualitas yaitu lembar periksa, diagram pareto, dan diagram tulang ikan. Pembuatan usulan perbaikan digunakan metode TRIZ sesuai dengan kondisi perusahaan. (1) Didapatkan jenis-jenis kecacatan yang sering terjadi yaitu penjahitan yang tidak sesuai, sablon rusak, pemasangan label tidak sesuai, pemasangan buckle tidak sesuai, dan noda pada bahan. (2) Faktor-faktor penyebab kecacatan yaitu faktor manusia, mesin, metode dan lingkungan. (3) Usulan perbaikan pembuatan panduan setting mesin jahit, penggunaan alat meja sablon model papan banting, peringatan visual untuk operator, usulan pengecekkan mesin secara berkala, pergantian part thermocontrol pada mesin press, pencucian rutin terhadap screen sablon, penambahan sumber udara ventilating fan pada ruang produksi, rancangan penataan dan penentuan jumlah lampu yang optimal pada ruang produksi, membuat rancangan SOP (Standard Operation Procedure), dan usulan diadakan pengarahan sebelum melakukan pekerjaan.

Kata Kunci: Kualitas, Alat Kualitas, TRIZ


Keywords


Kualitas, Alat Kualitas, TRIZ

Full Text:

PDF

References


Altshuller, Genrikh., 2006. “Development of TRIZ.†The TRIZ Journal

Assauri, Sofjan., 2008. Manajemen pemasaran. Edisi Kedua Cetakan Kedelapan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Assauri, Sofjan,. 1998. Manajemen Produksi dan operasi. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Bastian Bustami & Nurlela,. 2006. Akuntansi biaya : Kajian teori dan aplikasi. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Besterfield, Dale H,. 2009. Quality control. Edisi kedelapan. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Gaspersz, Vincent,. 2005. Total quality management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Garvin, David., 1988. Managing quality. New York: The New York Press

Heizer, dan Barry Render,. 2006. Management operasi. Edisi ketujuh. Jakarta: Salemba Empat.

Kosasih, Sobara,. 2009. Manajemen operasi - bagian pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Michalko, Michael,. 2010. Memecahkan kreativitas, rahasia dari kreativitas kecerdikan (Terjemahan). Yogyakarta : Andi Offset

Mitra, Amitava,. 2008. Fundamentals of quality control and improvement. Edisi kedua. New Jersey : Prentice Hall.

Mulyadi. 2005,. Akuntansi Biaya, Edisi kelima, Cetakan ketujuh, Yogyakarta : Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Navas V. G, Helena,. 2013. TRIZ: Design problem solving with systematic innovation, advances in industrial design engineering, ISBN: 978-953-51-1016-3, InTech, DOI: 10.5772/55979.

Pande, P. S., 2003. The Six Sigma Way. Yogyakarta. Andi.

Rantanen, K., Domb, E,. 2002. Simplfied TRIZ: New problem-solving applications for engineers and manufacturing professionals. New York: St. Lucie Press.

Rizki, Ayu A., 2017. Perbaikan kualitas dengan minimasi cacat pada proses pengemasan obat solid menggunakan metode TRIZ. Bandung

Savransky,. 2000. Engineering of creativity. New York: CRC Press.

Suryawan, Hendra,. 2014. Pembuatan Alat praktikum Fisika Listrik Untuk Kegiatan Praktikum menggunakan QFD dan Triz. Yogyakarta

Tannady, Hendy., 2015. Pengendalian kualitas., Yogyakarta: Graha Ilmu

Terninko, J., Zusman, A., & Zlotin, B., 1998. Systematic innovation: an introduction to TRIZ (Theory of Inventing Problem Solving), St. Lucie

. Andi Offset.

Wijaya, Tony., 2018. Manajemen Kualitas Jasa: Desain Servqual, QFD, dan Kano. Edisi 2. Jakarta : Indeks.

Zeithaml, V. A., Brown, S. W., Bitner, J. W., dan Salas, J., 2014. Profiting from Services and Solutions: What Product-Centric Firms Need to Know. New York : Business Expert Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.15690

Flag Counter    Â