Perancangan dan Pengembangan Pakaian Anak Dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (Qfd) di Cv. Mustika Sari

Tatan Arif Budiman, Aviasti Aviasti, Aswardi Nasution

Abstract


Abstract. One strategy that can be done in a manufacturing company to improve the quality of products, is by redesigning the product by involving the role of consumers. CV. MSA is one of the manufacturing companies engaged in garments. In the last few months there has been a decline in sales faced by CV. MSA on child clothing products. The decline in sales is marked by the amount of goods returned. Returns are due to unsuitable quality and the design is also monotonous. Therefore it is necessary to do research by involving the role of consumers in product design. This is aimed at knowing the product specifications that consumers want. The method used in the design is using the method of Quality Function Deployment (QFD).

Based on the results of the study found 14 main variables desired by consumers in the design of children's clothing namely, variable 1 price of Rp 30,000 - Rp 55,000, variable 2 attractive design, variable 3 character, variable 4 colors varied, variable 5 ingredients not hot, variable 6 ingredients absorb sweat , variable 7 is not easy to stretch, variable 8 has pocket, variable 9 is easy to obtain, variable 10 can be exchanged, variable 11 material is safe, variable 12 is comfortable to wear, variable 13 stitches are neat and strong, variable 14 is not easy to wear off. As for the technical characteristics which consist of production costs, product design, characteristics of raw materials, excellence and product service. Based on the result of the research, there are 3 design alternatives used as problem solving solution. The best alternative to suit the consumers desires attractive designs, varied colors, subtle materials that use combed cotton material that is alternative 3.

 

Keywords: Children's Clothing, Quality Function Deployment (QFD), Children's Apparel Design

 

Abstrak. Salah satu strategi yang dapat dilakukan dalam perusahaan manufaktur untuk meningkatkan kualitas produknya, yaitu dengan cara merancang ulang produk dengan melibatkan peran konsumen. CV. MSA merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang garmen. Beberapa bulan terakhir terjadi penurunan penjualan yang tengah dihadapi oleh CV. MSA pada produk pakaian anak. Penurunan penjualan tersebut ditandai dengan banyaknya barang return. Barang return tersebut disebabkan kualitas yang tidak sesuai dan desainnya juga monoton. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian dengan melibatkan peran konsumen dalam perancangan produk. Hal demikian bertujuan untuk mengetahui spesifikasi produk yang diinginkan konsumen. Adapun metode yang digunakan dalam perancangan yaitu menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD).

Berdasarkan hasil penelitian didapatkan 14 variabel utama yang diinginkan konsumen dalam rancangan pakaian anak yaitu, variabel 1 harga Rp 30.000 – Rp 55.000, variabel 2 desain menarik, variabel 3 berkarakter, variabel 4 warna bervariasi, variabel 5 bahan tidak panas, variabel 6 bahan menyerap keringat, variabel 7 tidak mudah melar, variabel 8 terdapat saku, variabel 9 mudah didapatkan, variabel 10 bisa ditukar, variabel 11 bahan aman, variabel 12 nyaman dipakai, variabel 13 jahitan rapi dan kuat, variabel 14 tidak mudah luntur. Sedangkan untuk karakteristik tekniknya yaitu terdiri dari biaya produksi, desain produk, karakteristik bahan baku, keunggulan dan pelayanan produk. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 3 alternatif rancangan yang digunakan sebagai solusi pemecahan masalah. Alternatif terbaik yang sesuai dengan keinginan konsumen desain menarik, warna bervariasi, bahan halus dan menggunakan bahan cotton combed yaitu alternatif 3.

 

Kata kunci: Pakaian Anak, Quality Function Deployment (QFD), Desain Pakaian Anak

Keywords


Pakaian Anak, Quality Function Deployment (QFD), Desain Pakaian Anak

Full Text:

PDF

References


Arikunto., 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Ficalora J P., & Cohen L. 2010. Quality Function Deployment and Six Sigma: A QFD Handbook (2nd ed). [e-book] United States: Prentice Hall. Tersedia pada: B-ok.org . [Diakses 18 April 2018].

Ginting, R., 2010. Perancangan Produk. Graha Ilmu. Yogyakarta

Ghozali, Imam., 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Kotler dan Keller., 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta: Erlang.

Nasution M, N., 2015. Manajemen Mutu Terpadu. Edisi ke 3. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Nurmajid, S, L., 2017. Pendekatan Metode Quality Function Deployment (QFD) untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Priyatno, D., 2012. Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Edisi ke 1. Yogyakarta: ANDI

Tanady, H., 2015. Pengendalian Kualitas. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Tjiptono, Fandy., 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3, ANDI: Yogyakarta.




Flag Counter