Perancangan Strategi Pemasaran Produk Air Mineral Dengan Menggunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM)

Achmad Jamjami, Nugraha Nugraha, Hirawati Oemar

Abstract


Abstract. In today's development requires companies to develop and really do the right strategy design. Because talking about business, the company not only provides quality and quantity but also questions about the accuracy of the product both in terms of timeliness, product accuracy according to consumer desires and the accuracy of the company's targets. To expedite the strategy, a reliable marketing position is needed in this field, because in the company the marketing department is the spearhead of a company with the aim of how the products produced can be circulated in the market. Home Indusrty Kangen water is one of the companies engaged in mineral water, in this Kangen Water home industry has experienced a decrease in turnover in the last 2 years, this is due to the marketing management system has not been maximized in setting marketing strategies. To solve the problems in the Kangen Water company can use the SWOT analysis method and the Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) method. The SWOT analysis covers efforts to identify the strengths, weaknesses, threats and opportunities that the company has as a benchmark for company performance and the QSPM is to establish the relative attractiveness of the strategy strategy that has been built by the selected SWOT analysis. Of the many strategies, only one strategy is set as a priority that has the highest score. Based on this, this study aims to determine the position of the company in marketing its products, identify what factors influence the decrease in turnover both internal and external and design the right marketing strategy for Kangen Water home industry generated from the QSPM method. From the results of the SWOT analysis, 4 strategies were clarified into Strategy 1 (SO), strategy 2 (ST), strategy 3 (WO), strategy 4 (WT). After knowing the strategy of the SWOT analysis results, then determine the optimal strategy by using the QSPM method, from the results of the QSPM method obtained a value of 4.64 for strategy 1 (ST), 5.98 for strategy 2 (ST), 4.90 for strategy 3 (WO), 4.87 for strategy 4 (WT). And the highest score is obtained in strategy 2 (ST) of 5.98. The conclusions obtained in this study found that the right strategy to overcome turnover reduction problems in the Kangen Water home industry is to maintain and improve quality, conduct promotions, create characteristics to maintain authenticity, look for cheap suppliers, redesign the cost per product , giving marketing training to employees.

Keywords: Designing a marketing strategy, SWOT Analysis, QSPM method

 

Abstrak. Pada perkembangan zaman saat ini mengharuskan perusahaan untuk mengembangkan dan benar benar melakukan perancangan strategi yang tepat. Karena berbicara soal bisnis perusahaan tidak hanya memberikan kualitas dan kuantitas namun juga soal ketepatan produk baik itu dari segi ketepatan waktu, ketepatan produk sesuai keinginan konsumen dan ketepatan sasaran perusahaan. Untuk melancarkan strategi dibutuhkan posisi pemasaran yang handal dalam bidang tersebut, karena dalam perusahaan bagian pemsaran merupakan ujung tombak dari sebuah perusahaan dengan bertujuan bagaimana produk yang dihasilkan dapat beredar di pasaran. Home Indusrty  Kangen water merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang air mineral, pada home industry Kangen Water ini telah mengalami penurunan omset pada 2 tahun terakhir, hal ini disebabkan pada bagian sistem manajemen pemasaran belum maksimal dalam menetapkan strategi pemasaran. Untuk memecahkan permasalahan pada perusahaan Kangen Water tersebut dapat menggunakan metode analisi SWOT dan metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matriks). Analisis SWOT yakni mencangkup upaya upaya untuk mengenali kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang yang dimiliki perusahaann untuk sebagai patokan kinerja perusahaan dan QSPM yakni untuk menetapkan kemenarikan relatif dari strategi strategi yang telah dibangung oleh analisi SWOT yang telah terpilih. Dari sekian banyak strategi hanya satu strategi yang ditetapkan sebagai prioritas yang memiliki nilia paling tinggi. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi perusahaan dalam memasarkan produknya, meng identifikasi faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penurunan omset baik itu internal maupun eksternal dan merancang strategi pemasaran yang tepat untuk home industry Kangen Water yang dihasilkan dari metode QSPM. Dari hasil analisis SWOT ini menghasilkan 4 strategi yang telah di klarifikasikan menjadi Strategi 1 (SO), strategi 2 (ST), strategi 3 (WO), strategi 4 (WT). Setelah mengetahui strategi dari hasil analisi SWOT, selanjutnya menetukan strategi yang optimal dengan menggunakan metode QSPM, dari hasil metode QSPM didapatkan nilai 4,64 untuk strategi 1 (ST), 5,98 untuk strategi 2 (ST), 4,90 untuk strategi 3 (WO), 4,87 untuk strategi 4 (WT). Dan didapatkan nilai tertinggi yaitu pada strategi 2 (ST) sebesar 5,98. Kesimpulan yang didapat dalam penilitian ini diperoleh bahwa strategi yang tepat untuk mengatasi permasalahan penurunan omset pada home industry Kangen Water yaitu dengan menjaga dan meningkatkan kualitas, melakukan promosi, menciptakan ciri khas agar tetap terjaga keaslianya, mencari supplier yang murah, merancang ulang kembali biaya per produknya, memberi pelatihan marketing kepada pegawai.

Kata Kunci: Perancangan strategi pemasaran, Analisis SWOT, Metode QSPM

Keywords


Perancangan strategi pemasaran, Analisis SWOT, Metode QSPM

Full Text:

PDF

References


Al-Qur'an dan terjemahan, Departemen Agama RI, Bandung: CV Diponegoro,. 2010

David, F.R., 2015. Manajemen Strategis: Konsep, Edisi Keduabelas ,Jakarta:Terjemahan PT.Indeks

Kotler, Philip dan Keller K.L., 2001. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 diterjemahkan Bob Sabran. Jakarta : Erlangga

Rangkuti, Freddy., 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, cetakan keduabelas. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Umar, H., 2001. Strategic Management in Action. Edisi Kelima. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Maulana, R., 2016, Perumusan Strategi Pemasaran Untuk Produk Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) PT. Syahid Global International Dengan Analisis Swot, [online] Tersedia pada: [Diakses 22 Juni 2016]

Khadijah, T.S., 2016, Strategi Pemasaran The Hitam Merk “Alam Dempo†Pada CV. Karya Sejahtera Pagar Alam Dengan Menggunakan Metode AHP, [online] Tersedia pada: < http://docplayer.info/48515133> [Diakses 2 September 2016]

Puspita, N.B., 2013, Pemilihan strategi bisnis dengan menggunakan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) dan model MAUT (Multi Attribute Utility Theory) (studi kasus pada sentra industri garabah kosong, Bantul, Yogyakarta). [online] Tersedia pada: [Diakses 3 September




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.13295

Flag Counter    Â