Perancangan Fasilitas Kerja Ergonomis pada Stasiun Kerja Pengeleman untuk Mengurangi Resiko Musculoskeletal Disorders (MSDs) (Studi Kasus: PT Sygma Exa Grafika)

Dinda Maisza, Eri Achiraeniwati, Yanti Sri Rezeki

Abstract


Abstract. PT Sygma Exa Graphics is a company engaged in the field of printing, the Qur'an product. The company runs the business process of make to order. Based on the results of the interview, the most numerous grievances felt by operators on glueing process work station. The position of the working process of glueing this stand with your right foot resting on the left leg, and bent back and neck bending. The perceived grievances on operator work station the glueing process in the form of headache, pain and discomfort felt by the operator due to working in a long time and repeatedly. The methods used in this study the Nordic Body Map Questionnaire to identify any perceived complaint operator, Baseline Risk Identification method of Ergonomic Factor (BRIEF) Survey to find out the level of risk, as well as Anthropometry for designing facilities work needed by operators of glueing. The design of the facilities work station desk glueing be addition of standing in order to clamp the operator is comfortable and not bent in doing glueing. Standing pegs can be set high or low according to an operator who will use.

Keywords: Musculoskeletal Disorders (MSDs), Nordic Body Map, BRIEF Survey, Anthropometry

Abstrak. PT Sygma Exa Grafika merupakan perusahaan yang bergerak di bidang percetakan, dengan produk Al-Qur'an. Perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang menjalankan proses bisnis make to order. Berdasarkan hasil wawancara, keluhan paling banyak dirasakan oleh operator pada stasiun kerja proses pengeleman. Posisi kerja proses pengeleman ini berdiri dengan kaki kanan bertumpu pada kaki kiri, serta punggung membungkuk dan leher menekuk. Keluhan yang dirasakan operator pada stasiun kerja proses pengeleman tersebut yaitu berupa sakit, nyeri dan rasa tidak nyaman yang dirasakan oleh operator akibat bekerja dalam waktu yang lama dan berulang-ulang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Kuesioner Nordic Body Map untuk mengidentifikasi keluhan apa saja yang dirasakan operator, metode Baseline Risk Identification of Ergonomic Factor (BRIEF) Survey untuk mengetahui tingkat resiko kerja yang ada saat ini dilihat dari total skor setiap elemen kerja. Skor saat ini yaitu 2, masuk kategori medium yang artinya perlu perbaikan, serta antropometri untuk merancang fasilitas kerja yang dibutuhkan oleh operator pengeleman. Perancangan fasilitas meja stasiun kerja pengeleman berupa penambahan standing penjepit agar operator merasa nyaman dan tidak membungkuk dalam melakukan pengeleman. Standing penjepit dapat diatur tinggi atau rendahnya sesuai dengan operator yang akan menggunakan. Hasil simulasi didapatkan rata-rata skor untuk setiap elemen kerja adalah 1, yang artinya resiko kerja ringan tidak diperlukan perbaikan. Perancangan fasilitas kerja bisa diaplikasikan/diimplementasikan.

Kata Kunci: Musculoskeletal Disorders (MSDs), Nordic Body Map, BRIEF Survey, Antropometri

Keywords


Musculoskeletal Disorders (MSDs), Nordic Body Map, BRIEF Survey, Antropometri

Full Text:

PDF

References


Fitria,. Desindah,. 2017. Postur Kerja dan Keluhan Musculoskeleta Disorder pada Perawatan di Instalasi Rawat Inap RSUD Abdul Moelek. Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.

Iridiastadi, Hardianto dan Yassierli. 2015. Ergonomi Suatu Pengantar. Bandung:Penerbit Remaja Rosdakarya.

Kroemer, K.H.E., 2001. “Ergonomics: How to Design for Ease & Efficiencyâ€, Prentice-Hall Inc. New Jersey.

Nurmianto, E., 2008. Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Edisi Kedua. Surabaya:Guna Widya.

Susihono, Wahyu. 2012. Perbaikan Postur Kerja Untuk Mengurangi Keluhan Musculoskeletal Dengan Pendekatan Metode OWAS (Studi Kasus Di UD. Rizki Ragil Jaya - Kota Cilegon). Spektrum Industri Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang.

Tarwaka., Bakri., Sudiajeng, L., 2004. Ergonomi Untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Produktivitas. Surakarta : UNIBA Press.

Wignjosoebroto, Sritomo. 2008. Ergonomi Studi Gerak dan Waktu. Surabaya:Guna Widya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.13244

Flag Counter    Â