Perancangan Strategi Pemasaran Produk Roti Menggunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) (Studi Kasus di CV. Citra Sari Bakery)

Muhammad Fauzan Budiman, Muhammad Dzikron, Dewi Shofi Mulyati

Abstract


Abstract. Marketing has a strategic position in the effort to bring the company to a better direction in the business competition that is difficult. Marketing strategy is a grip for companies to have an advantage in the market competition, as well as seeking a match between the company's internal capabilities in selling products to consumers with the existing extension opportunities in the market that is potential buyers who like the product being sold. Optimal marketing strategy to increase the likelihood or frequency of action. . The method that can be used in marketing strategy design is miscalculation of SWOT method of QSPM. SWOT analysis of the scope of efforts for the strengths, weaknesses, opportunities, and threats that determine the company's performance and the objectives of QSPM is to determine the relative attractiveness of varying strategies, to determine which strategies are best for the Company to implement used as a place of research that is CV. Citra Sari Bakery which is one of the food industry company in Bandung City. Results of sales turnover CV. Citra Sari Bakery has decreased from the last 5 years caused by the lack of marketing management system. Based on these matters, this research can be a profit sharing option of CV sales turnover. Citra Sari Bakery and formulate the right marketing strategy for CV. Citra Sari Bakery produced from Quantitative Strategic Planning Matrix method (QSPM). The results obtained from this research are 5 alternative strategies such as Expanding the marketing area to the National level of big cities, improving the quality of high quality products, in order to obtain maximum sales, Creating new products by looking at the development of the culinary world in Indonesia, the company's human resources there in order to achieve the target, Doorprise work to consumers / stores that have the largest number of sales that have been selected by the method of Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM).

Keywords: Marketing Strategy, Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM), SWOT Analysis

Abstrak. Pemasaran memiliki posisi strategis dalam upaya membawa perusahaan ke arah yang lebih baik dalam persaingan bisnis yang semakin sulit. Strategi pemasaran merupakan pegangan bagi perusahaan agar mempunyai  keunggulan dalam persaingan pasar, sekaligus mencari kecocokan antara kemampuan internal perusahaan dalam menjual produk ke konsumen dengan peluang ekstenal yang ada di pasar yaitu pembeli potensial yang menyukai produk yang dijual tersebut. Strategi pemasaran umumnya diarahkan untuk meningkatkan kemungkinan atau frekuensi perilaku konsumen, seperti peningkatan kunjungan pada toko tertentu atau keputusan pembelian produk tertentu. . Metode yang dapat digunakan dalam perancangan strategi pemasaran yaitu salah satunya analisis SWOT dan metode QSPM. Analisis SWOT (SWOT analysis) yakni mencakup upaya-upaya untuk mengenali kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang menentukan kinerja perusahaan dan tujuan QSPM adalah untuk menetapkan kemenarikan relative dari strategi-strategi yang bervariasi yang telah dipilih, untuk menentukan strategi mana yang dianggap paling baik untuk diimplementasikan. Perusahaan yang dijadikan tempat penelitian yaitu CV. Citra Sari Bakery yang merupakan salah satu perusahaan industri makanan di Kota Bandung. Hasil omset penjualan CV. Citra Sari Bakery mengalami penurunan dari 5 tahun terakhir yang disebabkan, pada bagian sistem manajemen pemasarannya yang belum maksimal. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab penurunan dari omset penjualan CV. Citra Sari Bakery dan merumuskan strategi pemasaran yang tepat bagi CV. Citra Sari Bakery yang diperoleh dari metode Quantitative Strategy Planning Matrix (QSPM). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu 5 alternatif strategi antara lain Memperluas daerah pemasaran sampai tingkat Nasional terutama kota kota besar,  Meningkatkan kualitas rancangan produk  yang bermutu tinggi, agar memperoleh penjualan lebih maksimal, Menciptakan produk baru dengan melihat perkembangan dunia kuliner di Indonesia, Meningkatkan kompetensi para SDM perusahaan yang sudah ada demi mencapai target, Memberikan Doorprise kepada konsumen / toko yang memiliki jumlah penjualan terbesar yang telah terpilih dengan metode Quantitative Strategy Planning Matrix (QSPM).

Kata kunci: Strategi Pemasaran, Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM), Analisis SWOT


Keywords


Strategi Pemasaran, Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM), Analisis SWOT

Full Text:

PDF

References


Alma Buchari., 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Jakarta: Alfabeta

Asri, Marwan. 2009. Marketing. Yogyakarta: UPP-AMP YKPN

Basu Swastha., 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty

Basu Swastha, DH dan Irawan. 1990. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

David, F.R. 2009. Manajemen Strategis: Konsep, Edisi Keduabelas ,Jakarta:Terjemahan PT.Indeks

George Terry., 2008. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara

Hany Setyorini, Mas’ud Effendi, Imam Santoso., 2012. Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) (Studi Kasus Di Restoran Waroeng Steak And Shake Cabang Soekarno Hatta Malang. Tersedia pada : [Diakses 28.11.2017]

Husein Umar., 2008. Strategi Management in Action. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Lufi Tri Wahyu Ningrum, Wike Agustin Prima Dania, Shyntia Atica Putri. 2013. Perencanaan Strategi Pengembangan Perusahaan Menggunakan Metode Quantitative Strategy Planning Matrix (QSPM) (Studi Kasus KUD DAU Malang, Jawa Timur). Skripsi. Universitas Brawijaya Tersedia pada: [Diakses 27.11.2017]

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller., 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 diterjemahkan Bob Sabran. Jakarta : Erlangga

Philip Kotler, Gary Armstrong., 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Rangkuti, Freddy., 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, cetakan keduabelas. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Setiawati, M. 2014. Pengaruh Food Quality dan Citra Merk Terhadap Kepuasan Pelanggan Sari Roti [pdf] http://www.perpustakaan.upi.edu, [Diakses 28.11.2017,17:20]




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.10250

Flag Counter    Â