Perancangan Kompensasi dengan Menggunakan Metode Hay Guide Matriks Elements (Studi Kasus : Rumah Batik Komar)

Tegar Erlangga Purnama, M Dzikron, Djamaluddin Djamaluddin

Abstract


Abstract. In a company, something that affects why people choose to work in a company is the compensation that provided by the company itself. The appropriate compensation to the work done by the employee can help employees to fulfill their needs and increase employee's motivation in completing tasks that become their responsibility. The reaserched Company by the researcher is Rumah Batik Komar which is one of the batik industry and batik developer company in Bandung. To maintain competent employees, Rumah Batik Komar must have a system of giving a fair bonus compensation. It caused in the previous period, there was employee's dissatisfaction toward the compensation received. Based on this, this research aims to identify the cause of the employee's dissatisfaction with the compensation received and to formulate the appropriate bonus compensation for Rumah Batik Komar by using Hay Guide Matriks Elements Method. In this method, the positions are evaluated starting from the input (Know-How), process (Problem Solving) and output (Accountability). The result of this research are job description and job qualification from job evaluation that can be used  to recruit employee. job size value which can be compared how big job size of each position and giving fair compensation appropriate with job role will have  significant different compensation for each position.

Keywords: Job Evaluation , Hay Guide Matriks Elements

 

Abstrak. Dalam suatu perusahaan hal yang mempengaruhi mengapa orang memilih bekerja pada suatu perusahaan yaitu kompensasi yang diberikan oleh perusahaan tersebut, pemberian kompensasi yang sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan oleh pegawai dapat membantu pegawai memenuhi kebutuhan serta meningkatkan motivasi kerja karyawan dalam menyelesaikan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawabnya. Perusahaan yang dijadikan tempat penelitian yaitu Rumah Batik Komar yang merupakan salah satu perusahaan industri pengrajin dan pengembang batik di Kota Bandung, untuk mempertahankan karyawan yang kompeten Rumah Batik Komar  harus mempunyai sistem pemberian kompensasi bonus yang adil hal ini disebabkan karena pada periode sebelumnya terjadi ketidakpuasan karyawan terhadap pemberian kompensasi yang diterima. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab terjadinya ketidakpuasan karyawan terhadap kompensasi yang diterima dan untuk merumuskan pemberian kompenasi bonus yang tepat untuk Rumah Batik Komar yaitu dengan metode Hay Guide Matiks Elements, pada metode ini jabatan dievaluasi dimulai dari input (Know-How), proses (Problem Solving) serta output (Accountability). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu job description dan job qualification dari evaluasi jabatan dapat digunakan untuk melakukan recruitment pegawai, nilai job size yang dapat dibandingkan seberapa besar job size tiap jabatannya serta pemberian kompensasi yang adil dan sesuai dengan peran pekerjaannya berbeda signifikan jumlah kompensasinya tiap jabatan.

Kata Kunci : Job Evaluation, Hay Guide Matiks Elements


Keywords


Job Evaluation, Hay Guide Matiks Elements

Full Text:

PDF

References


Admin, 2003, Memahami Hay Job Evaluation. Tersedia pada:

Ceha, Rakhmat. 2000. Job Evaluation Untuk Jenis Pekerjaan Engineering Dengan Menggunakan Metode Hay. Bandung: Fakultas Tenik Unisba.

Hay Management Consultants Indonesia, Job Evaluation Manual, Hay Group

Mangkunegara., Anwar., dan Prabu.,2007. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya.

Ruky, A.S., 2002.Manajemen Penggajian dan Pengupahan untuk Karyawan Perusahaan. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/ti.v0i0.10100

Flag Counter    Â