Tentang Kami

Portal Publikasi Ilmiah ini merupakan media publikasi, komunikasi dan pengembangan hasil karya ilmiah lulusan Program S1 di Universitas Islam Bandung. Publikasi Ilmiah ini bertujuan untuk menciptakan forum komunikasi dan membuka ruang diskusi untuk penelitian-penelitian dibidang ilmu yang bersangkutan. Terbit secara berkala setiap wisudawan (dalam setahun dua kali) dan telah direview oleh tim pembimbing pada masing-masing prodi di Unisba. Portal ini merupakan media elektronik yang diterbitkan oleh Fakultas dan Prodi yang ada di lingkungan Unisba sebagai wadah publikasi hasil karya ilmiah lulusan Unisba, terutama mahasiswa yang diwajibkan untuk seminar Penelitian dan mempublikasikan karya tulisnya sebelum melakukan ujian akhir. Portal Karya Ilmiah Unisba dikembangkan sebagai titik akses untuk interkoneksi sumber karya ilmiah dan sebagai sarana yang efektif dalam penyebarluasan informasinya ke seluruh masyarakat, khususnya para akademisi dan peneliti. Layanan ini diberikan secara gratis. Bertujuan sebagai media diseminasi artikel ilmiah yang dapat diakses luas oleh publik. Diharapkan menjadi kontribusi positif bagi keilmuan di Indonesia.

[Sistem ini telah diset untuk siapa saja bisa mendaftarkan sendiri melalui sistem untuk mendapatkan akun dan paswordnya dan  mengirimkan artikelnya untuk dapat mengikuti SPeSIA-Unisba 2017].


Petunjuk Pendaftaran SPeSIA2017

» Petunjuk Pendaftaran Seminar dan Pengguggahan karya Ilmiah Mahasiswa Unisba online:

  1. Pengunjung diwajibkan memiliki "user name" dengan terlebih dahulu memilih menu "daftar" dan membuat kata sandinya (sendiri) serta mengisi Profil lengkap agar bisa masuk/ akses ke Publikasi Ilmiah Unisba.
  2. Pilih Fakultas atau Prodi pada Beranda yang ada.
  3. Mahasiswa yang belum memiliki akun, perlu 'Mendaftar' terlebih dahulu di Publikasi Ilmiah Unisba sebelum menyerahkan Naskahnya.  Namun, jika sudah terdaftar, maka lakukan langkah login dan mulai proses 5 (lima) langkah memasukan naskah.
  4. Memulai Penyerahan Naskah Baru
    Masuk Naskah atau artikel skripsi saudara ke langkah pertama dari lima langkah proses penyerahan naskah.
    Langkah (1) Memulai Penyerahan Naskah/ Mulai; (2) Unggah Naskah; (3) Masukkan Metadata; (4) Unggah File Tambahan;  (5) Konfirmasi.
  5. Pada langkah ketiga (Memasukan Metadata) harap diisikan secara lengkap, Judul Skripsi/ Tesis/ Desertasinya. lalu masukan juga Sari (Abstraknya) baik yg b.Indonesia maupun b.Inggris, Metode, dan kata kuncinya. Terakhir, masukan Referensi atau Daftar pustaka yang digunakan.
  6. "Login" diperlukan untuk 'Pembaca' yang menginginkan naskah lengkap dan bisa diunduh PDF-nya atau Para Penulis Skripsi yang ingin menyerahkan naskah serta bisa mengecek status naskah yang dikirimkannya hingga sampai diterbitkannya.
  7. Jika hanya ingin mencari atau melihat Isi Skripsi baik nama atau naskah yang telah lulus atau pernah dimuat di  karya ilmiah unisba, silahkan pilih menu 'CARI'.

 

Sesi Presentasi Makalah Mahasiswa

Makalah dikelompokkan menurut kategori yang ditetapkan oleh Panitia Seminar.  Makalah yang disajikan merupakan hasil penelitian, kajian, maupun implementasi penelitian tugas akhir mahasiswa sesuai topik seminar yang mencakup bidang-bidang berikut:

» Bidang/ Kelompok

»  Fakultas/Prodi

Bidang Ilmu Sains dan teknologi

Statistika,  MatematikaPerencanaan Wilayah dan Kota, Teknik PertambanganTeknik Industri

Bidang sosial, humaniora, agama dan budaya.

Hubungan Masyarakat, Jurnalistik, Manajemen Komunikasi, Ilmu Hukum,  Akuntansi,Manajemen Ilmu Ekonomi, Pendidikan Guru PAUD, Pendidikan Agama Islam Komunikasi Penyiaran Islam, Keuangan & Perbankan SyariahPeradilan Agama

Bidang Ilmu Kesehatan dan Farmasi.

Pendidikan DokterFarmasi, Psikologi,

Peserta Wajib menggunakan jaket almamater
Peserta bisa memilih salah satu atau kedua cara presentasi, yaitu Oral Presentation dan  Poster.

  • Oral Presentation dilakukan diruang presentasi dengan durasi 8-10 menit.
  • Poster ditampilkan pada saat berlangsungnya seminar SPeSIA-Unisba2017, sebagai pengganti ketidakhadiran pada waktu presentasi dengan ijin dari Wadek 1.

 

_____________________________________________________________________________ 
 

 

Sesi Presentasi Makalah Mahasiswa

Makalah dikelompokkan menurut kategori yang ditetapkan oleh Panitia Seminar.  Makalah yang disajikan merupakan hasil penelitian, kajian, maupun implementasi penelitian tugas akhir mahasiswa.
 

Tata Tertib Presentasi SPeSIA2016  (Di Ruang Kelas)

1.  Sebelum memulai sesi presentasi peserta menyerahkan power point kepada time keeper di ruangan masing – masing sesuai jadualnya.

2.  Peserta diberikan waktu 15 menit (10 menit presentasi dan 5 menit tanya jawab)

3.  Time keeper mengingatkan dengan membunyikan bel apabila:

     -  10 menit pertama sudah habis 1x bunyi bel

     -  5 menit berikutnya sudah habis 2 x bunyi bel

4.  Peserta diharuskan hadir di ruangan masing–masing hingga sesi seminar selesai.

5.  Peserta diharuskan menandatangani daftar hadir di ruangan masing – masing.

6.  Sertifikat pembicara diberikan pada hari selasa, 16 Agustus 2016 di Aula Utama.

7.  Peserta dapat menukar voucer konsumsi dengan makan siang.

8.  Pengumuman 10 peserta terbaik disampaikan pada acara penutupan hari Selasa, 16 Agustus 2016, Pukul 11.30-12.00, bertempat di Aula Utama Unisba.

 

Bagi yang TIDAK tercantum pada jadualnya harap datang hari Senin, 15 Agustus 2016. di ruang Sekreatriat Panitia lantai 2. Silahkan hubungi   Sdr. Sandi di  087825941484 atau Telepon: 022-4203368 ext 155 Fax: 022-4263895. email: karyailmiah.unisba@gmail.com

Tentang Sistem Penerbitan