Promosi Dinas Pariwisata Provinsi Riau tentang Riau The Homeland of Melayu

Atika Fajriandhany, Maman Suherman

Abstract


Abstract. Tourism is an attraction that can enhance regional identity. Riau Tourism becomes one of the sectors that will become income for Riau Province besides non oil and gas which in Riau Province is famous for oil producer, hence tourism is considered to be developed properly because of its potential. Tourism Riau has a variety of attractions and cultures are diverse. Therefore it is necessary that the role of relevant agencies is the Tourism Government  that handles it. Tourism Government makes branding Riau Province tourism titled Riau The Homeland of Malay with the aim to promote the superior tourism that became the attraction of Riau Province. The purpose of Riau The Homeland of Malay is in the hope to increase tourist visits, improve competitiveness and improve the economy of the people of Riau.This study aims to find out the promotion activity of Tourism Governent of Riau Province about Riau The Homeland of Melayu, knowing why Tourism Goverment  promotes Riau The Homeland of Melayu, and know the effort of Tourism Government overcome obstacles in promoting Riau The Homeland of Melayu. Based on these objectives, this study then uses several concepts namely the concept of promotion, the concept of destination brands and the concept of socialization.Based on the results of research shows that the promotion made by the Tourism Government of Riau Province using various media campaigns, but in overcoming obstacles in the promotion of the tourism office less much to do activities in overcoming obstacles in the promotion of Riau The Homeland of Melayu. And make the Decision of the Ministry of Tourism of Indonesia as a reference why promote Riau The Homeland of Melayu

Keywords: Promotion,Tourism,Riau The Homeland of Melayu

Abstrak. Pariwisata merupakan suatu daya tarik yang mampu meningkatkan identitas daerah. Pariwisata Riau menjadi salah satu sektor yang akan menjadi pemasukan bagi Provinsi Riau selain nonmigas yang dimana Provinsi Riau terkenal akan penghasil minyak bumi, maka pariwisata dianggap bisa dikembangkan dengan layak karena potensi yang ada. Pariwisata Riau memiliki berbagai objek wisata dan kebudayaan yang beragam. Maka dari itu diperlukan adanya peran instansi terkait yaitu Dinas Pariwisata yang menangani hal tersebut. Dinas Pariwisata membuat branding  pariwisata Provinsi Riau yang bertajuk Riau The Homeland of Melayu dengan tujuan untuk mempromosikan pariwisata unggulan yang menjadi daya tarik Provinsi Riau. Tujuan  Riau The Homeland of Melayu ini yaitu dengan harapan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan, meningkatkan daya saing dan meningkatkan perekonomian masyarakat Riau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas promosi Dinas Pariwisata Provinsi Riau tentang Riau The Homeland of Melayu, mengetahui mengapa Dinas Pariwisata Provinsi  mempromosikan Riau The Homeland of Melayu, dan mengetahui upaya Dinas Pariwisata dalam mengatasi hambatan dalam mepromosikan Riau The Homeland of Melayu. Berdasarkan tujuan tersebut, penelitian ini kemudian menggunakan beberapa konsep yakni konsep promosi, konsep brand destinasi dan konsep sosialisasi.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Riau menggunakan berbagai macam media promosi, Namun dalam mengatasi hambatan dalam promosi dinas pariwisata kurang banyak melakukan kegiatan dalam mengatasi hambatan dalam promosi Riau The Homeland of Melayu. Dan menjadikan Keputusan Kementerian Pariwisata Indonesia sebagai acuan mengapa mempromosikan Riau The Homeland of Melayu

Kata Kunci: Promosi, Pariwisata, Riau The Homeland Of Melayu


Keywords


Promosi, Pariwisata, Riau The Homeland Of Melayu

Full Text:

PDF

References


Abdulsyani. 2015. Sosiologi Suatu Skematika, Teori, dan Terapan. Jakarta: PT.Bumi Aksara

Bungin, Burhan.2015. Komunikasi Pariwisata (Pemasaran dan Brand Destinasi). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Liliweri,Alo. 2011. Komunikasi (Serba Ada Makna). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wiryanto. 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta:Grasindo.

Keputusan Kementerian Pariwisata Indonesia No.38./UM.001/MP/2017

Rancangan Peraturan Gubernur Riau tahun 2017.

Jurnal

Chatamallah, Maman. 2005. “ Strategi “Public Relations dalam Promosi Pariwisata:Studi Kasus dengan Pendekatan “Marketing Public Relations†di Provinsi Banten†dalam jurnal mediator Vol 9. No.2, 2008 (hal.396).




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9909

Flag Counter   Â