Strategi Marketing Public Relations Radio PRFM 107.5 News Channel

Gita Okanti Oktaviona, Ani Yuningsih

Abstract


Abstract. The findings of Nielsen Radio Audience Measurement in the third quarter of 2016 show that 57% of total radio listeners now came from Z and Millenials or future consumers. Currently 4 out of 10 radio listeners listen to the radio through a more personal device that called mobile phone. Nielsen Radio Audience Measurement notes that although the internet is growing rapidly this quarter, it does not mean that the reach of radio listeners will be low. Despite the penetration of television media 96%, outdoor media 52% and internet 40% still high, but the radio media is still quite good at 38% in the third quarter of 2016.PRFM Radio 107.5 News Channel is a news radio in Bandung. PRFM Radio is quite unique because it is a news radio that gets information from netizens where netizen is a reporter for PRFM radio. Unlike other radio that presents music as its program, PRFM radio is more inclined to the news in Bandung and Ciamis highway. Because the PRFM radio reporter is a community or people at the time of the incident, the PRFM radio became a reference for the people to provide and obtain various local event information, such as traffic information, criminality, government information and other important information needed by the community.The purpose of this research is to know how PRFM Radiopublic relations marketing strategy in maintaining advertiser loyalty. The method used in this research is qualitative with case study approach. For data collection techniques used in-depth interviews of two speakers ( Aris and Priadi) and two key informants ( Ade and Hendra), observation, and documentation study. Strategi marketing public relations dalam mempertahankan loyalitas pengiklan yang dilakukan PRFM yaitu dengan pricing atau pemaketan harga iklam, dan menjadi konsultan bagi klien. Kedua strategi tersebut didukung dengan aktivitas public relations yang dilakukan yaitu pengelolaan event dan media seponsor untuk mempertahankan loyalitas pengiklan.Marketing public relations strategy in maintaining advertiser loyalty that PRFM Radio have been doing is by pricing or create ad pricing packages, and become consultant for client. Both strategies are supported by public relations activity, ie event management and partner media to maintain advertiser loyalty.

Keywords: Radio, Loyalty, Marketing Public Relations



Abstrak. Hasil temuan Nielsen Radio Audience Measurement pada kuartal ketiga tahun 2016 menunjukkan bahwa 57% dari total pendengar radio saat ini berasal dari generasi Z dan Millenials atau para konsumen masa depan. Saat ini empat dari 10 orang pendengar radio mendengarkan radio melalui perangkat yang lebih personal yaitu mobile phone. Nielsen Radio Audience Measurement mencatat bahwa meskipun internet tumbuh pesat pada kuartal ini, tidak berarti bahwa jangkauan akan pendengar radio menjadi rendah. Kendati penetrasi media televisi 96%, media luar ruang 52% dan internet 40% masih tinggi, namun media radio masih terbilang cukup baik di angka 38% pada kuartal ketiga 2016 ini.Radio PRFM 107.5 News Channel merupakan radio news yang ada di Bandung. Radio PRFM cukup unik karena merupakan radio news yang mendapat informasi dari netizen dimana netizen merupakan reporter bagi radio PRFM. Tidak seperti radio lainnya yang menyajikan musik sebagai programnya, radio PRFM ini lebih kepada berita-berita yang ada di Bandung dan Ciamis raya. Karena reporter radio PRFM ini merupakan masyarakat yang berada pada saat kejadian, maka radio PRFM menjadi rujukan bagi masyarakat untuk memberi dan mendapatkan berbagai informasi peristiwa lokal, seperti informasi lalu lintas, kriminalitas, informasi pemerintahan dan informasi penting lainnya yang dibutuhkan masyarakat.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi marketing public relations Radio PRFM 107.5 News Channel dalam mempertahankan loyalitas pengiklan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Untuk teknik pengumpulan datanya digunakan wawancara mendalam terhadap dua orang narasumber (Aris dan Priadi) serta dua orang key informan (Ade, Hendra), observasi, dan studi dokumentasi. Strategi marketing public relations dalam mempertahankan loyalitas pengiklan yang dilakukan PRFM yaitu dengan pricing atau pemaketan harga iklam, dan menjadi konsultan bagi klien. Kedua strategi tersebut didukung dengan aktivitas public relations yang dilakukan yaitu pengelolaan event dan media partner untuk mempertahankan loyalitas pengiklan.

Kata Kunci: Radio, Loyalitas, Marketing Public Relations


Keywords


Radio, Loyalitas, Marketing Public Relations

Full Text:

PDF

References


Gaffar, Vanessa. 2007. CRM dan MPR Hotel (Customer Relationship Manajemen and Marketing Public Relations). Bandung: Alfabeta.

Ruslan, Rosady. 2003. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarata: PT RajaGrafindo Persada.

____________. 2014. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Tunggal Amin Widjaja. 2008. Dasar – Dasar Customer Relationship Management (CRM). Jakarta: Harvindo.

Yuningsih, Ani. 2006. Peran Strategi Profesi Public Relations dalam Membangun Kemitraan Berbasis Nilai Spritual. Bandung: Pusat Penerbitan Universitas (P2U) LPPM Unisba.

Yulianita, Neni. 2012. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Pusat Penerbitan Unisba (P2U), LPPM Unisba.

Sumber Lainnya:

Radit. “Eksistensi Radio Konvensional Diera Digitalâ€

http://www.kompasiana.com

Lubis, Mila. “Radio Masih Memiliki Tempat di Hati Pengdengarnya†http://www.nielsen.com

Lubis, Mila. “Gen Z Konsumen Potensial Masa Depan†http://www.nielsen.com




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9908

Flag Counter   Â