Strategi Promosi Manajer Band Rocket Rockers

Raden Satria Budiman, Nurrahmawati Nurrahmawati

Abstract


ABSTRACT . Rocket Rockers is an indie band that has crossed the byaa in the music industry in Indonesia. With the achievements that have been obtained by Rocket Rockers, certainly not spared from the role of the band manager of Rocket Rockers itself. The role of Rocket Rockers band manager itself is needed, as in the release of the latest song Rocket Rockers is Missing Memory. Through a Meet & Greet release of the newest song from the Rocket Rockers band called "Want Losing Memories With Midnight Quickie X Rocket Rockers." Associated with the implementation of the Rocket Rockers' campaign manager strategy through Meet & Greet Event, the analysis shows that Rocket Rockers Event Management theory with the concept of promotion mix which includes Mass Selling, Personal Selling, Public Relations, Sales Promotion and Direct Marketing. The purpose of this research is to analyze the doing of promotional activities by Rocket Rockers Band Manager in promotion strategy through event meet & greet, to analyze collaboration conducted by the Rocket Rockers Band Manager in a promotional strategy through event meet & greet, to analyze the forms and media campaigns performed by Rocket Rockers Band Managers in promotional strategies through event meet & greet, to analyze the obstacles and support found by Rocket Band Manager Rockers in promotional strategies through event meet & greet. This research uses qualitative method with case study approach. With informants selected purposively, the data obtained through in-depth interviews and observations at the time of implementation strategy. While the data as supporting the writing of this thesis is documentation, participant observation, field notes, library research, and online data tracking. Based on the results of research that Strategy Promotion Rocket Rockers Band Manager in Introducing Missing Memory Song through Meet & Greet event, it can be concluded that the Meet & Greet event conducted Rocket Rockers band managers in order to bring the Rocket Rockers band still exist in Indonesian music scene.

Keywords: Band Manager, Promotion Strategy, Event Meet & Greet, Promotion Media, Collaboration

 


ABSTRAK. Rocket Rockers adalah band indie yang telah melanglang buana dalam industri musik di Indonesia. Dengan prestasi yang telah didapat oleh Rocket Rockers, tentu tidak luput dari peran manajer band dari Rocket Rockers itu sendiri. Peran manajer band Rocket Rockers itu sendiri sangat dibutuhkan, seperti pada halnya dalam rilis lagu terbaru milik Rocket Rockers yaitu Ingin Hilang Ingatan.  Melalui sebuah Meet & Greet rilis lagu terbaru dari band Rocket Rockers yang diberi nama “Ingin Hilang Ingatan Bareng Midnight Quickie X Rocket Rockers.†Terkait dengan implementasi strategi promosi manajer band Rocket Rockers melalui Event Meet & Greet, analisis memperlihatkan bahwa manajer band Rocket Rockers menggunakan teori Event Management dengan konsep bauran promosi yang meliputi Mass Selling, Personal Selling, Public Relations, Promosi Penjualan dan Direct Marketing.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dilakukannya kegiatan promosi oleh Manajer Band Rocket Rockers dalam strategi promosi melalui event meet & greet, untuk menganalisis kolaborasi yang dilakukan oleh Manajer Band Rocket Rockers dalam strategi promosi melalui event meet & greet, untuk menganalisis bentuk dan media promosi yang dilakukan oleh Manajer Band Rocket Rockers dalam strategi promosi melalui event meet & greet, untuk menganalisis hambatan dan pendukung yang ditemukan oleh Manajer Band Rocket Rockers dalam strategi promosi melalui event meet & greet. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dengan informan yang dipilih secara purposive, data didapat melalui wawancara mendalam serta observasi pada saat pelaksanaan strategi. Sedangkan data sebagai pendukung penulisan skripsi ini adalah dokumentasi, pengamatan berperan serta, catatan lapangan, riset kepustakaan, dan penelusuran data online. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Strategi Promosi Manajer Band Rocket Rockers dalam Memperkenalkan Lagu Ingin Hilang Ingatan melalui Event Meet & Greet, maka dapat ditarik simpulan bahwa Event Meet & Greet yang dilakukan manajer band Rocket Rockers guna dapat membawa band Rocket Rockers tetap eksis di blantika musik Indonesia.

Kata Kunci : Manajer Band, Strategi Promosi, Event Meet & Greet, Media Promosi, Kolaborasi


Keywords


Manajer Band, Strategi Promosi, Event Meet & Greet, Media Promosi, Kolaborasi

Full Text:

PDF

References


Abdurahman, Oemi. 1995. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT.Citra Aditya Bakti

Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Ardianto, Elvinaro. 2011. Handbook of Public Relation, Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.

Ardianto, Elvinaro. 2009. Public Relations Praktis. Edisi pertama. Jakarta: Widya Padjajaran

Ardianto, Elvinaro, Soemirat Soleh. 2008. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Ardianto, Elvinaro, 2004. Komunikasi Massa : Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Blanchard, Olivier. 2015. Social Media ROI. Jakarta: Flex Media Komputindo.

Creswell, John. 2013. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cutlip, Scott M. 2006. Effective Public Relations. Jakarta: Kencana.

Darwanto. 2007. Televisi Sebagai Media Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

David, Fred R. 2006. Manajemen Strategi. Buku 1, Edisi kesepuluh. Jakarta: Salemba Empat.

Hisyam, Muhammad; Pamungkas, Cahyo. 2016. Indonesia, Globalisasi, dan Global Village.

Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Juliansyah, Elvi. 2008. Promosi Public Relations. Bandung: Mandar Maju.

Kotler, Philip; Armstrong, Garry. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1.Jakarta: Erlangga.

Kriyantono, Rachmat.2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana

K.Yin, Robert. 2000. Studi Kasus Desain & Metode, Jakarta: Rajawali

Latief dan Yusiatie Utud. 2015. Siaran Televisi Non-Drama: Kreatif, Produksi, Public relation dan Iklan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Lesly, Philip. 1978. Lesley’s Public Relations Handbook. New York: Pantice Hall. Diterjermahkan oleh: Onong U. Effendy, 1992.

Moore. Frazier H. 2004. Hubungan Masyarakat: Prinsip. Kasus.dan. Masalah. Jakarta.

Mulyana, Deddy. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada

Oliver, Sandra. 2007. Strategi Public Relations. Jakarta: Erlangga

Pudjiastuti, Wahyuni. 2010. Special Event. Jakarta: Elex Media Komputindo

Rakhmat, Jalaluddin. 2014. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

A.Shimp, Terence. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi.

Bandung: Salemba Empat

Sugiyono.2016, Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung.Alfabeta.

Suparmo, Ludwig. 2011. Crisis Management dan Public Relations. Mengatasi Krisis Memulihkan Citra. Jakarta: Indeks

Tandjung, Widjaya Jenu. 2016. Competitive Marketing Strategy. Jakarta: Flex Media Komputindo.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.

Yulianita, Neni. 1999. Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung, Alqaprint

Yulianita, Neni. 2007. Dasar-dasar public relations. Bandung: Pusat Penerbitan Universitas.

Sumber Lainnya

Definisi Strategi Promosi

http://pengertian-pengertian-info.blogspot.co.id/2015/11/pengertian-dan-tinjauan-tentang_14.html diakses tanggal 22 Maret 2017 pukul 16.33 WIB

https://id.wikipedia.org/wiki/Musik Tanggal Akses 13 Sept 2017 Pkl 05.22

http://www.pengertianmenurutparaahli.net/pengertian-koordinasi-dan-kolaborasi/ Tanggal Akses 13 Sept 2017 Pkl 05.23

https://www.musikpopuler.com/2014/06/musik-band-indie.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Pensponsoran

Majalah “VENUE†No 7/Januari 2008

https://id.wikipedia.org/wiki/Midnight_Quickie

https://celebrity.okezone.com/read/2017/10/22/205/1800254/dengan-kolaborasi-dj-riri-yakin-musisi-bisa-bertahan-di-industri-musik

http://www.bitebrands.co/2017/05/tujuan-sponsorship-manfaat-pengertian-arti-definisi.html

http://medan.tribunnews.com/2012/02/23/eo-dan-promotor-dua-hal-berbeda

http://www.sandroacademy.id/sponsorship.html

http://ueu7148.weblog.esaunggul.ac.id/2016/05/31/sponsor-sebagai-mitra-penyelenggaraan-event/

www.kapanlagi.com

www.detik.com

www.rocketrocksite.com

www.facebook.com/rocketrockers

www.instagram.com/rocket_rockers




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9869

Flag Counter   Â