Analisis Program Corporate Social Responsibility PT. Bank Jabar Banten Tbk. dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat

Erlangga Trisandy Putra, Nurrahmawati Nurrahmawati

Abstract


Abstract. Accompanied by the title analysis of corporate social responsibility program PT. Bank Jabar Banten Tbk. in community empowerment efforts, aims to find and explain: (1) Selection of community empowerment as the focus of CSR activities. (2) Implement CSR activities. (3) The benefits felt by companies and communities. The research method used in this research is qualitative research method with case study approach. Data collection is done through stages such as, in-depth interviews, literature studies with data reinforced through data validity test and various data related to the research. The subjects of this study were 3 persons as informants, in which the informant was a person who used to give information about the situation and condition of the research background, Mr. Syaiful as the head of Corporate Social Responsibility Group, Mr. Hakim Putratama as head of the Corporate Secretary Division and Mr. Endang as the beneficiary CSR. Supporting theory in this research is Stakeholder Theory.Based on the results of the research, the stages in determining the focus of CSR activities are: data search, planning, reporting, and implementation. The stages in implementing CSR activities, namely: the delivery of plans, informing organizational structure, implementation program and last supervision. As well as found some benefits felt by the company, among others: increased third-party funds, reduction in the number of unemployed, increase stock prices, increased cooperation between companies. While the benefits are felt by the community, in the form: able to work again, earn back, harmonious increase among citizens and help the economy of the citizens.

Keywords: Corporate Social Responsibility Program, Community Empowerment, Implementation CSR

Abstrak. Disertai dengan judul analisis program Corporate Social Responsibility PT. Bank Jabar Banten dalam upaya pemberdayaan masyarakat, bertujuan untuk menemukan dan menjelaskan : (1) Pemilihan pemberdayaan masyarakat sebagai fokus kegiatan CSR. (2) Mengimplementasikan kegiatan CSR. (3) Manfaat yang dirasakan oleh perusahaan dan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui ; wawancara mendalam, studi literatur dengan data yang diperkuat melalui uji keabsahan data dan berbagai data yang berhubungan dengan penelitian.  Subjek penelitian ini berjumlah 3 orang sebagai informan, yang mana informan tersebut adalah orang yang dimanfaatkan untuk memberikan informasi tentang situasi dan kondisi latar penelitian yaitu Bapak Syaiful selaku kepala Grup Corporate Social Responsibility, Bapak Hakim Putratama selaku kepala Divisi Corporate Secretary dan Bapak Endang selaku penerima bantuan CSR. Teori pendukung dalam penelitian ini adalah Teori Stakeholder. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan tahap-tahap dalam menentukan fokus kegiatan CSR, antara lain : pencarian data, perencanaan, pelaporan, dan pelaksanaan. Adapun tahap dalam mengimplementasikan kegiatan CSR, yaitu : penyampaian rencana, membentuk struktur organisasi, pelaksanaan, dan terakhir pengawasan. Serta ditemukan beberapa manfaat yang dirasakan oleh perusahaan , antara lain : peningkatan dana pihak ketiga, pengurangan jumlah pengangguran, pengingkatan harga saham, peningkatan kerjasama antar perusahaan. Sedangakan manfaat yang dirasakan oleh masyarakat, berupa : dapat bekerja kembali, mendapat penghasilan kembali, peningkatan harmonis antar warga dan membantu perekonomian warga.

Kata Kunci: Program Corporate Social Responsibility, Pemberdayaan Masyarakat, Implementasi CSR


Keywords


Program Corporate Social Responsibility, Pemberdayaan Masyarakat, Implementasi CSR

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Oemi. 2001. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Isa Wahyudi dan Busyra Azheri. 2011. Corporate Social Responsibility : Prinsip, Pengaturan dan Implementasi. Cetakan kedua. Malang : Cita Intrans Selaras (CIS).

Kriyantono, Rachmat. 2014.Teori Public Relations Perspektif Barat Dan Lokal: Aplikasi Penelitian dan Praktik. Jakarta: Kencana..

Rusdianto, Ujang. 2013. CSR Communications : A Framework For PR Practitioners. Edisi Pertama. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sukarna. 2011. Dasar-Dasar Manajemen. CV. Bandung : Mandar Maju.

Untung, Hendrik Budi, 2009. Corporate Social Responsibility. Jakarta : Sinar Grafika.

Garrett, Chris. 2009. “Are You Ready for Social Mediaâ€, (E-book).

Iqbal dan Nurrahmawati 2017. Spesia “Kegiatan CSR melalui Program Sekolah Mangrove di PT. Pertamina Refinery Unit VI Balonganâ€

Qusyairi dan Nurrahmawati. 2017. Spesia “Strategi Komunikasi PT. Pertamina EP dalam Pemberdayaan Masyarakat"




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9721

Flag Counter   Â