Strategi Public Relations SMP Istiqamah dalam Menangani Isu

Yulianti Yulianti, Tresna Wiwitan

Abstract


Abstract. The phenomenon of misuse of information and the availability of current media is very worrying, especially for companies, institutions, or agencies. This is because it will affect the reputation of the institution concerned. As experienced Istiqamah junior high school which is rumored to be under one of the Islamic organizations that is persis, basically there is nothing wrong with certain mass organizations or streams in Islam because all the streams are both derived from Allah SWT only different views. However, in reality Istiqamah junior schools are not affiliated with any organizations. The school just wants to straighten out the information being discussed in the community because it does not want to misunderstand, and the school really hopes every society is not easily consumed by the issue and starts learning to filter out any information. The method of this research is by using qualitative research methodology with a case study approach because this research is done by looking at cases that occur in junior Istiqamah in handling issues circulating in the community. In this study, using the concept of public relations strategy from Soemirat, the concept of issue management, theory image restorations and the theory of narrative paradigm & storytelling from Fisher. The number of informants in this research is as many as five people including the vice principal of junior high school Istiqamah, public relations junior high school Istiqamah, public relations science experts, parents of junior high school Istiqamah, and prospective parents of junior high school Istiqamah.Public relations strategies conducted by Istiqamah Junior High School in handling issues ranging from identifying issues, delivering facts, opening information channels for parents directly or indirectly through telephone lines or social media. While the reason Istiqamah junior high school doing public relations strategy in dealing with this issue is to prove the truth, do not want any interrelationship between Islamic mass organizations, and to maintain the image of Istiqamah Junior High School as a neutral school in the sense of not affiliated under any organizations. Obstacles experienced by the school concerned organizations will misunderstand the clarification is done. For that, how to overcome these obstacles the school chose to review each message to be submitted in the process of clarification in order not to misunderstand.

Keywords: Public Relations Strategy, Paradigm Narrative & Storytelling Theory, Image Restorations Theory



Abstrak. Fenomena penyalahgunaan informasi dan ketersediaan media saat ini sangat mengkhawatirkan, terutama bagi perusahaan, lembaga, atau instansi. Hal tersebut dikarenakan akan mempengaruhi reputasi dari lembaga yang bersangkutan. Seperti yang dialami SMP Istiqamah yang diisukan berada di bawah salah satu ormas islam yaitu persis, pada dasarnya tidak ada yang salah dengan ormas atau aliran tertentu dalam islam karena semua aliran tersebut sama-sama berasal dari Allah SWT hanya perbedaan pandangan. Namun, pada kenyataannya SMP Istiqamah tidak berafiliasi pada ormas manapun. Pihak sekolah hanya ingin meluruskan informasi yang sedang dibicarakan di masyarakat karena tidak ingin ada salah paham, dan pihak sekolah sangat berharap setiap masyarakat tidak mudah termakan oleh isu dan mulai belajar untuk menyaring setiap informasi yang ada. Metode penelitian ini adalah dengan menggunakan metodologi penelitian kualitatif dan pendekatan studi kasus karena penelitian ini dilakukan dengan melihat kasus yang terjadi di SMP Istiqamah dalam menangani isu yang beredar dimasyarakat. Pada penelitian ini, menggunakan konsep strategi public relations dari Soemirat, konsep manajemen isu, teori image restorations dan teori paradigma narrative & storytelling dari Fisher. Jumlah informan dalam penelitian ini yaitu sebanyak lima orang yang meliputi wakil kepala sekolah SMP Istiqamah, humas SMP Istiqamah, pakar ilmu public relations, orang tua murid SMP Istiqamah, dan calon orang tua murid SMP Istiqamah. Strategi public relations yang dilakukan SMP Istiqamah dalam menangani isu dimulai dari mengidentifikasi isu, penyampaian fakta, membuka saluran informasi untuk orang tua murid baik secara langsung, maupun secara tidak langsung melalui saluran telepon atau media sosial. Sedangkan alasan SMP Istiqamah melakukan strategi public relations dalam menangani isu ini yaitu untuk membuktikan kebenaran, tidak ingin ada persinggungan antara ormas-ormas islam, dan untuk mempertahankan citra SMP Istiqamah sebagai sekolah yang netral dalam arti tidak berafiliasi di bawah ormas manapun. Hambatan yang dialami yaitu pihak sekolah khawatir ormas terkait akan salah paham dengan klarifikasi yang dilakukan. Untuk itu, cara menanggulangi hambatan tersebut pihak sekolah memilih untuk mengkaji setiap pesan yang akan disampaikan dalam proses klarifikasi agar tidak menimbulkan salah paham.

Kata Kunci: Strategi Public Relations, Teori Image Restoration, Teori Paradigma Narrative & Storytelling


Keywords


Strategi Public Relations, Teori Image Restoration, Teori Paradigma Narrative & Storytelling

Full Text:

PDF

References


Soemirat, Ardianto. 2008. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Iriantara, Yosal. 2013. Manajemen Humas Sekolah. Bandung : Simbioasa Rekatama Media.

Butterick, Keith. 2013. Introduction Public Relations : Theory and Practic. Cetakan ke-2. Penerjemah : Nurul Hasfi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Kriyantono, Rachmat. 2014. Teori Public Relations Perspketif Barat dan Lokal. Jakarta : Kencana.

Ruslan, Rosady. 2014. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi : Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Yulianita, Neni. 2007. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung : Pusat Penerbitan Universitas Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Bandung.

Wiwitan & Yulianita, 2017. Strategi Marketing Public Relations Perguruan Tinggi Islam Swasta: Peluang dan Tantangan di Era MEA. http://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/view/2672/pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9567

Flag Counter   Â