Event Locafore Sebagai Strategi Menaikkan Citra Kota Baru Parahyangan

Muhammad Rizky Aprillianur

Abstract


Abstrak: Kota Baru Parahyangan adalah suatu kawasan yang dikembangkan oleh PT. Lyman Property (Lyman Group). Kawasan ini terbentuk pada tahun 2004. Terletak di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Kota Baru Parahyangan, sebagai kota satelit, mempunyai keunikan desain yang berbeda dengan kota baru lainnya, yaitu dengan menghadirkan “visi dan spiritâ€. Locafore adalah sebuah event selama tiga hari berturut-turut yang menghadirkan art, design dan musik jazz papan atas. Kegiatan locafore diselenggarakan sejak tahun 2011. Tujuan penyelenggaraan Locafore adalah untuk mempromosikan Kota Baru Parahyangan dengan membangun sebuah komunitas seni dan jazz serta mendorong terciptanya para kreator, seniman, desainer, dan musisi Indonesia yang mampu menjadi sumber daya penggerak dengan berlandaskan ekonomi kreatif tanpa meninggalkan potensi kekayaan alam dan keanekaragaman budaya lokal.

Penelitian ini berjudul “Event Locafore Sebagai Strategi Menaikkan Citra Kota Baru Parahyangan†(Studi Deskriptif Mengenai Event Locafore Yang Dilakukan Humas Kota Baru Parahyangan Sebagai Strategi PR Dalam Menaikkan Citra). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui locafore sebagai salah satu strategi yang digunakan Kota Baru Parahyangan untuk mempromosikan dan menciptakan citra yang baik masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan data wawancara. Data yang didapat dari hasil wawancara dengan empat orang narasumber, dua diantaranya dari pihak Kota Baru Parahyangan dan dua lainnya bersama panitia event locafore.

Hasil penelitian yang didapat adalah bahwa dengan adanya event locafore yang diselenggarakan dengan cuma-cuma (free) untuk para pengunjung yang datang ini menciptakan citra yang positif masyarakat terhadap Kota Baru Parahyangan, adanya event locafore ini dengan mudah pihak Kota Baru Parahyangan dapat mempromosikan perumahan yang ada dan adanya based on community di Kota Baru Parahyangan untuk menciptakan sebuah komunitas yang solid.

Kata Kunci: Event, Locafore, Citra, Kota Baru Parahyangan, komunitas


Keywords


Event, Locafore, Citra, Kota Baru Parahyangan, komunitas



DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.956

Flag Counter   Â