Rasisme Dalam Film 12 Years a Slave

Burhan Amaludin, Teguh Rahmanto

Abstract


Film merupakan salah satu bentuk komunikasi massa. Film adalah media yang memiliki pengaruh cukup kuat terhadap sudut pandang, asumsi, persepsi, tingkah laku, sistem sosial di dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan analisis semiotika. Unit analisis dalam penelitian ini berasal dari berbagai adegan yang merepresentasikan rasisme dalam film 12 Years a Slave. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan memberitahukan bagaimana sebuahtanda, simbol dan ideologi disampaikan dalam sebuah adegan di film 12 Years a Slave. Teknik analisis data melalui studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan pendekatan semiotika John Fiske melalui pemaknaan realitas, representasi dan ideologi. Uji keabsahan data melalui teknik triangulasi sumber.


Keywords


Film, rasisme, semiotika Fiske, teori konstruksi realitas sosial

References


Arthur, Asa Berger. 2010. Pengantar Semiotika : Tanda-tanda Kebudayaan Konteporer.

Yogyakarta : Tiara Wacana.

Fisher, B. Aubrey. 1986. Perpective on Human Communication (Teori-Teori Komunikasi, terj. Soejono Trimo). Bandung: CV Remadja Karya.

Fiske, John. 2004. Cultural and Communication Studies: Sebuah Pengantar Paling Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra. HarperCollins.

Hall, Stuart. 1997. Representation, Cultural Representation and Signifying. Practice. London: SAGE Publications Ltd.

Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Cetakan Keduapuluh Sembilan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Dedi. 2001. Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Sobur, Alex. 2012. Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Cetakan Keenam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8677

Flag Counter   Â