Hubungan Antara Komunikasi Instruksional Pembimbing dengan Motivasi Kerja Peserta Praktek Kerja Lapangan (PKL)

Yolla Puspita Eka Putri Williana, Nurrahmawati Nurrahmawati

Abstract


Kegiatan PKL merupakan proses pelatihan keterampilan untuk merasakan langsung bekerja pada suatu instansi yang sesuai dengan bidangnya. Kegiatan PKL di bidang teknologi dan media baru LPP RRI Bandung menuntut peserta untuk aktif, mampu mengerjakan berbagai macam tugas, dan mengikuti aturan yang berlaku. Peserta PKL membutuhkan adanya dorongan dari pembimbing agar dapat menjalankan kegiatan PKL sebagaimana mestinya. Peserta PKL sebenarnya sudah mendapatkan dorongan dari pembimbing seperti, pendampingan, pengawasan, pengarahan dan pengajaran dengan bahasa yang mudah dipahami, tetapi masih terdapat peserta PKL yang memiliki motivasi kerja rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kredibilitas, keterampilan berkomunikasi, dan metode pembelajaran pembimbing dengan motivasi kerja peserta PKL di bidang teknologi dan media baru LPP RRI Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling, dimana subjek penelitiannya adalah peserta PKL di bidang teknologi dan media baru LPP RRI Bandung periode Januari-April 2017 yang berjumlah 40 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Teori yang digunakan adalah teori konstelasi dan teori motivasi-higyene. Data yang diperoleh berupa data ordinal melalui uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian ini adalah : (1) Terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara kredibilitas pembimbing dengan motivasi kerja peserta PKL di bidang teknologi dan media baru LPP RRI Bandung. (2) Terdapat hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara keterampilan berkomunikasi pembimbing dengan motivasi kerja peserta PKL di bidang teknologi dan media baru LPP RRI Bandung. (3) Terdapat hubungan yang sedang dan signifikan antara metode pembelajaran pembimbing dengan motivasi kerja peserta PKL di bidang teknologi dan media baru LPP RRI Bandung.


Keywords


Komunikasi Instruksional, Motivasi Kerja, Praktek Kerja Lapangan.

References


Anoraga, Pandji. 2003. Psikologi Kepemimpinan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Rakhmat, Jalaluddin. 2012. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rohani, Ahmad. 2014. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Bandung: CV Cipta Pesona Sejahtera.

Siagian, Sondang P. 2012. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, Pawit M. 2010. Komunikasi Instruksional: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

¬¬_____________. 1990. Komunikasi Pendidikan dan Komunikasi Instruksional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kiki Zakiyah dan Muthiah Umar, 2006. “Komunikasi Instruksional dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa: Studi Deskriptif Kuantitatif Komunikasi Instruksional dalam Proses Pembelajaran Mahasiswaâ€. Jurnal Mediator. Vol 7. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7134

Flag Counter   Â