Strategi Pengelolaan Informasi Publik pada Website ppid.bandung.go.id

Fitri Mardiana Puspita Sari, Dadi Ahmadi

Abstract


Kota Bandung merupakan salah satu Kota yang dalam masa pembangunan menuju smart city. Smart city juga harus didukung dengan teknologi yang dimiliki oleh Kota tersebut. Pelayanan-pelayanan yang diberikan pada masyarakat terus mengalami perubahan dan perbaikan di segala sektor. Tidak terkecuali dengan pelayanan informasi publik, yaitu dengan adanya Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang mengacu pada Undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengelolaan informasi publik pada website ppid.bandung.go.id yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika pemerintah Kota Bandung. Untuk mengetahui perencanaan informasi Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Bandung dalam mengelola website PPID. Untuk mengetahui proses informasi dalam mengelola website PPID. Untuk mengetahui monitoring dan evaluasi dalam mengelola website PPID. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara, observasi non partisipan, dan studi kepustakaan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teori. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang dilakukan dalam mengelola website ppid.bandung.go.id adalah dengan melakukan pengelolaan mulai dari  perencanaan hingga evaluasi dilakukan dengan baik. Selain menggunakan website sebagai sarana pengelolaan informasinya Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Bandung juga menggunakan media sosial, media cetak dan media tatap muka. Dengan melakukan pelayanan informasi yang baik dan mementingkan transparansi informasi agar masyarakat merubah persepsi negatif mengenai kinerja pemerintahan.


Keywords


Bandung, Strategi, PPID

References


Effendy, Onong Uchjana. 1993. Human Relations dan Public Relations. Bandung: CV. Mandar Maju.

Muhammad, Arni. 2009. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Ruslan, Rosady. 1998. Manajemen Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sutabri, Tata. 2003. Analisa Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Yulianita, Neni. 2012. Dasar-dasar public Relations. Bandung: Pusat Penerbit universitas (P2U).




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7054

Flag Counter   Â