Analisis Pelaksanaan Program 5 Pilar Kesiswaan (Studi Kasus Mengenai Analisis Pelaksanaan Program 5 Pilar Kesiswaan sebagai Salah Satu Program Unggulan dalam Meningkatkan Citra SMA Darul Hikam)

Rifa Fauziah, Riza Hernawati

Abstract


Tuntutan masyarakat Indonesia terhadap mutu pendidikan sangatlah penting. Di seluruh Indonesia terdapat sekitar 213.000 sekolah, sekolah dengan kualitas terbaik masih didominasi oleh sekolah-sekolah swasta. Meski begitu, sekolah swasta juga mendominasi sekolah dengan kualitas terburuk, termasuk sekolah-sekolah berbasis pendidikan Islam. Dengan adanya daya saing yang menuntut sekolah Islam swasta memberikan pendidikan yang lebih berkualitas dan berbeda dengan sekolah umum ataupun sekolah swasta lainnya guna menunjang karakter siswa yang bermutu dan berkualitas. Jika sekolah Islam swasta lain lebih mengedepankan fasilitas untuk meningkatkan dan mempertahankan citranya, SMA Darul Hikam memiliki product image yaitu program kesiswaan yang unggulan yang disebut program 5 pilar kesiswaan. Pengkomunikasian apa yang dilakukan dan apa yang dicapai lembaga pendidikan akan mempertinggi tingkat kepercayaan publik terhadap lembaga pendidikan yang pada gilirannya akan meningkatkan citra lembaga-lembaga pendidikan tersebut. Humas menggunakan program 5 Pilar kesiswaan dalam menunjang mengkomunikasi untuk mengenalkan dan mempertahan citra, karena program 5 pilar kesiswaan menghasilkan prestasi positif dari siswa dimana dapat memberikan kesan yang baik dari lembaga SMA Darul Hikam.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana dampak dan penerapan serta pelaksanaan program 5 pilar kesiswaan dalam meningkatkan citra SMA Darul Hikam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualititatif dengan pendekatan studi kasus dan paradigm konstruktivis. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini bahwa program 5 pilar kesiswaan sebagai salah satu program unggulan di SMA Darul Hikam yaitu dengan mengggunakan hasil pelaksanaan program 5 pilar tersebut, SMA Darul Hikam dapat menampilkan citra positif dan dapat mempertahankan citra sebagai salah satu sekolah Islam swasta Islam di Kota Bandung. Dalam melaksanakan penerapan program 5 pilar kesiswaan, humas menggunakan hasil program 5 pilar kesiswaan sebagai alat komunikasi kepada pihak eksternal mengenai keunggulan SMA Darul Hikam, dalam mengkomunikasikan program ini humas SMA Darul Hikam melakukan kunjungan sekolah (school visit) dan menggunakan media, dari media cetak, dan media online. Alasan humas SMA Darul Hikam menggunakan program 5 pilar kesiswaan sebagai salah satu program unggulan dalam meningkatkan citra, karena program ini adalah ciri khas dari SMA Darul Hikam, dimana meningkatkan mempertahankan citra itu penting bagi SMA Darul Hikam, maka dengan program unggulan ini SMA Darul Hikam melakukan promosi guna mempertahankan eksistensi dan citra positif sebagai lembaga pendidikan swasta di Kota Bandung.


Keywords


Humas, Citra, Program 5 Pilar Kesiswaan, SMA Darul Hikam

References


Ardianto, Elvinaro. 2011. Hand Book of Public Relations. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Soemirat, Ardianto. 2008. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Iriantara, Yosal. 2013. Manajemen Humas Sekolah. Bandung : Simbioasa Rekatama Media.

Yulianita, Neni. 2007. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung : Pusat Penerbitan Universitas Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7044

Flag Counter   Â