Representasi Citra Wanita Muslim dalam Iklan Nike

Marsha Hamrah Hamzah, Maya Amalia Oesman Palapah

Abstract


Iklan terbilang efektif dalam menjual dan menawarkan produk karena iklanlah yang menghubungkan perusahaan dengan konsumennya, maka dari itu perusahaan berlomba-lomba menarik konsumen dengan ide-ide kreatifnya. Iklan tidak sekedar memberikan  informasi tapi juga memanipulasi pikiran konsumen secara persuasif untuk mengubah sikap dan pikiran sehingga mau membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan. Iklan dapat memunculkan sistem nilai baru dan merubah sistem nilai yang sudah ada di masyarakat. Salah satunya adalah produsen Nike, melalui perilisan iklan Pro Hijab ini, Nike ingin menyajikan sebuah iklan yang mempunyai tujuan untuk menggambarkan kehidupan sorang atlet wanita Muslim di Negara Timur Tengah.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanda (sign) representasi citra wanita muslimah dalam iklan Nike Pro Hijab, mengetahui acuan tanda (object) representasi citra wanita muslim dalam iklan Nike Pro Hijab, untuk mengetahui penggunaan tanda (interpretant) representasi citra wanita muslim dalam iklan Nike Pro Hijab dan untuk mengetahui tinjauan pakaian olahraga wanita muslim menurut mahasiswa Fikom Unisba 2013. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan semiotika, analisis semiotika yang digunakan dalam penelitian ini pada dasarnya dilakukan dengan menggunakan teori pragmatism Charles Sanders Peirce dimana proses pemaknaan tanda menggunakan model triadic atau teori segitiga makna (Sign, Object dan Interpretant). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, studi kepustakaan, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian di analisis menggunakan triangulasi sumber. Hasil analisis yang didapat dari iklan ini menyatakan representasi citra wanita muslim yang direpresentasikan oleh produsen Nike digambarkan oleh gestur tubuh dan penampilan beberapa atlet wanita yang menggunakan hijab yang disuguhkan dalam  sign, object dan interprentant dalam iklan. Tinjauan pakaian olahraga wanita menurut mahasiswa Fikom adalah hijab tidak membatasi aktifitas sehari-hari termasuk aktifitas berat seperti olahraga, dalam segi pakaian, pakaian yang dikenakan wanita berhijab pada saat olahraga haruslah  tertutup dan tetap nyaman, disesuaikan dengan tempat.


Keywords


Iklan, Representasi, Citra, Hijab, Nike dan Semiotika

References


Ardianto, Elvinaro. 2008. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Sobur, Alex. 2003. Semiotika Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Vera, Nawiroh. 2015. Semiotika Dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6983

Flag Counter   Â